Apa Saja Yang Perlu Diketahui Mengenai Cherry Angiomas dan Cara Menghilangkannya?

Cheri angioma tidak berbahaya dan tidak perlu untuk dihilangkan. Akan tetapi beberapa orang ingin menghilangkannya untuk alasan kosmetik. Ada beberapa prosedur umum untuk menghilangkan cheri angioma, termasuk:
Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Apa Saja Yang Perlu Diketahui Mengenai Cherry Angiomas dan Cara Menghilangkannya?

Tahi lalat merah, atau cheri angioma, adalah pertumbuhan kulit umum yang dapat berkembang di sebagian besar area tubuh Anda. Jenis angioma ini juga dikenal sebagai senile angioma atau Campbell de Morgan.

Cheri angioma biasanya ditemukan pada orang berusia 30 tahun dan lebih tua. Pengumpulan pembuluh darah kecil di dalam cheri angioma memberi karakter bintik kemerahan pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Jenis pertumbuhan kulit ini biasanya tidak memprihatinkan kecuali jika sering berdarah atau terjadi perubahan ukuran, bentuk, atau warna. 

Bicarakan dengan dokter jika Anda melihat adanya pendarahan atau perubahan penampilan. Gejala ini bisa menjadi gejala kanker kulit

Bagaimana karakteristik tampilan cherry angioma ini?

Cheri angioma seringkali berwarna merah terang, bundar atau oval, dan kecil. Biasanya berukuran mulai dari pinpoint hingga diameter sekitar seperempat inci. 

Beberapa cheri angioma terlihat halus dan memiliki sisi datar sama seperti dengan kulit Anda, sementara yang lain tampak sedikit terangkat. Kondisi kulit ini paling sering tumbuh di area tubuh, lengan, kaki, dan bahu.

Pendarahan dapat terjadi jika angioma tergores, tergesek, atau terpotong terbuka.

Apa yang menyebabkan cheri angioma?

Penyebab pasti tahi lalat merah tidak diketahui, tetapi mungkin ada faktor genetik yang membuat orang-orang tertentu lebih mungkin mendapatkannya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Mereka juga dikaitkan dengan kehamilan, paparan bahan kimia, kondisi medis tertentu, dan iklim.

Cheri angioma juga berhubungan dengan faktor usis, dimana mereka sering mulai muncul ketika individu mencapai 30 tahun dan tampaknya meningkat dalam ukuran dan jumlah seiring dengan bertambahnya usia. 

Bagaimana cara merawat cherry angioma?

Cheri angioma tidak berbahaya dan tidak perlu untuk dihilangkan. Akan tetapi beberapa orang ingin menghilangkannya untuk alasan kosmetik. 

Ada beberapa prosedur umum untuk menghilangkan cheri angioma, termasuk:

1. Elektrokauterisasi

Metode perawatan bedah ini melibatkan pembakaran angioma dengan menggunakan arus listrik yang dikirim oleh probe kecil. 

2. Cryosurgery

Cryosurgery melibatkan pembekuan angioma dengan nitrogen cair. Suhu dingin yang ekstrem dapat menghancurkan tahi lalat merah ini. Metode ini dikenal sebagai prosedur yang cepat dan relatif mudah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Terapi pengobatan ini seringkali hanya membutuhkan satu sesi perawatan, dan nitrogen cair biasanya disemprotkan hanya sekitar 10 detik. Setelah pengobatan, hasil luka pun tidak membutuhkan banyak perawatan sesudahnya.

3. Operasi laser

Jenis operasi ini melibatkan penggunaan pulsed dye laser (PDL) untuk menghilangkan cheri angioma. Laser PDL adalah laser kuning pekat yang mengeluarkan sinar panas untuk menghancurkan lesi. 

Metode ini cepat dan dilakukan sebagai prosedur rawat jalan, yang berarti Anda tidak harus menginap di rumah sakit. 

Tergantung pada berapa banyak angioma yang Anda miliki, Anda mungkin memerlukan satu hingga tiga sesi perawatan. Operasi ini dapat menyebabkan sedikit bekas memar, yang dapat menghilang setelah 10 hari.

4. Eksisi

Prosedur ini melibatkan pengangkatan angioma dari bagian atas kulit. Mencukur eksisi adalah alternatif untuk operasi invasif yang akan melibatkan pemotongan lesi dan menggunakan jahitan untuk menutup luka.

Kapan harus mencari perawatan medis untuk cherry angioma?

Jika Anda melihat adanya perubahan dalam penampilan tahi lalat merah, segera periksakan diri dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sangat penting untuk melihat semua jenis lesi atau pertumbuhan ketika penampilannya berubah atau jika diagnosis tidak diketahui. Dengan dilakukan evaluasi menyeluruh, dokter dapat mengesampingkan kondisi serius, seperti kanker kulit.

Prosedur biopsi juga dapat dilakukan untuk memastikan hasil diagnosis, dimana prosedur ini melibatkan pengangkatan dan pemeriksaan sampel kecil area atau seluruh lesi. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cherry Angioma: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/cherry-angioma-symptoms-causes-diagnosis-treatment-4687686)
Cherry angioma: Symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/312594)
What Is a Cherry Angioma: Causes, Treatment, and Removal. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cherry-angioma)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app