Kehamilan

Apa Bahaya Tidur Terlentang Bagi Ibu Hamil?

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 1 menit
Apa Bahaya Tidur Terlentang Bagi Ibu Hamil?
Jika sebelum hamil bunda biasa tidur telentang, maka aman-aman saja untuk melanjutkan kebiasaan ini sampai usia kehamilan genap 3 bulan. Dengan kata lain, tidak ada bahaya tidur terlentang untuk ibu hamil muda di trimester pertama. Akan tetapi, karena rahim semakin besar dan berat, terutama di sekitar pertengahan kehamilan, maka posisi tidur terlentang sebaiknya dihindari. Carilah posisi lain yang lebih aman, yaitu miring ke kiri atau ke kanan. Baca: Posisi Tidur Paling Aman untuk Ibu Hamil 7 Bulan Ke Atas Lantas, kenapa tidur terlentang berbahaya bagi ibu hamil? Ketika bunda berbaring telentang, berat rahim akan menekan pembuluh darah vena besar yang berada di sepanjang punggung. Pembuluh balik tersebut mengalirkan darah dari tubuh kembali ke jantung. Jika bunda tidur terlentang dalam jangka waktu yang panjang, maka efeknya bisa menyebabkan pusing, bahkan pingsan. Tekanan rahim terhadap vena cava tersebut juga bisa mengganggu aliran darah dan nutrisi ke plasenta dan janin yang sedang tumbuh. Masalah ini akan semakin berat dirasakan bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes, dimana kebutuhan oksigen dan nutrisi sangat diperlukan. Di samping itu, ada efek jangka panjang dari tidur terlentang saat hamil ini yang sering tak disadari. Yakni pembengkakan pada kaki. Hal ini terjadi akibat terhambatnya aliran darah dari kaki menuju jantung. Penumpukan darah di area kaki akan menyebabkan pembengkakan, terutama saat bangun tidur. Untuk itu, sejak kehamilan muda cobalah untuk melatih diri agar bisa tidur miring atau duduk bersandar. Agar lebih nyaman, sertakan bantal di bagian punggung dan depan tubuh bunda sehingga posisi bisa lebih mantap dan bunda dapat bersandar ke belakang atau ke depan. Tips lainnya, bunda juga dapat meletakkan sebuah bantal di antara kedua kaki untuk mencegah pegal dan nyeri area paha ke bawah. Bagaimana jika tanpa sengaja posisi tidur jadi terlentang? Tak perlu khawatir, sesekali terlentang dalam waktu singkat seharusnya tidak memiliki efek buruk yang serius pada kesehatan bunda ataupun si jabang bayi. Begitu Anda sadar, ubahlah ke posisi miring. Baca: Posisi Tidur Ibu Hamil Terbaik Dari Bulan Ke Bulan

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Exercise during pregnancy. (2017). Exercise during pregnancy. (https://www.acog.org/Patients/FAQs/Exercise-During-Pregnancy?IsMobileSet=false)
Warland J. (2017). Back to basics: avoiding the supine position in pregnancy. DOI:  (https://dx.doi.org/10.1113%2FJP273705)
Joosten SA, et al. (2014). Supine position related obstructive sleep apnea in adults: pathogenesis and treatment. DOI: (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1087079213000099?via%3Dihub)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app