Anda Perokok Berat? Lakukan 8 Trik Berikut untuk Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Mei 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Anda Perokok Berat? Lakukan 8 Trik Berikut untuk Berhenti Merokok

Menghilangkan kebiasaan merokok memang tidaklah mudah, bahkan hal ini sering kali membuat para pecandu rokok merasa tersiksa. Meskipun dalam bungkus rokok sudah diberi peringatan akan bahaya merokok, namun tetap saja banyak orang yang tidak memperhatikan bahaya tersebut, justru mengabaikannya.

Apabila Anda sudah berniat untuk menghilangkan kebiasaan Anda dalam merokok, ada beberapa langkah yang dapat untuk Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda tanpa menyiksa. Berikut ini langkah yang dapat untuk Anda lakukan:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Gunakan cara unik ketika meminum air

Hal unik yang dapat untuk Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok tanpa menyiksa yaitu dengan selalu menggunakan sedotan ketika Anda minum air dingin. Selain itu, setiap kali Anda muncul rasa ingin merokok, Anda bisa menghisap udara melalui sedotan untuk mengobati keinginan Anda untuk merokok.

Cara ini memang cukuplah unik untuk dilakukan, namun melalui cara inilah Anda secara perlahan bisa menghilangkan kebiasaan buruk Anda akibat kecanduan rokok.

Sikat gigi secara rutin

Perokok aktif lebih cenderung memiliki warna bibir yang jauh lebih gelap, memiliki mulut yang kurang sedap, mulut kering dan memiliki gigi yang kuning. Untuk menghilangkan kebiasaan merokok memang akan terasa lebih sulit untuk dilakukan. 

Meskipun demikian, Anda bisa menghilangkan kebiasaan merokok Anda dengan melakukan sikat gigi secara rutin.

Apabila Anda sehari saja tidak merokok, lidah atau mulut akan terasa kecut dan berbau, namun dengan menyikat gigi secara rutin inilah yang akan membantu Anda menghilangkan rasa kecut dan bau mulut yang kurang sedap. Karena menyikat gigi secara rutin dapat membuat napas lebih segar.

Hindari alkohol

Rokok dan alkohol menjadi 2 hal yang tidak bisa untuk dihindarkan. Apabila Anda ingin menghilangkan kebiasaan dalam merokok, Anda juga harus menghindari alkohol. Apabila Anda tetap mengkonsumsi alkohol, maka hal ini pun juga akan menggagalkan Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Sehingga jika Anda ingin menghentikan kebiasaan merokok, maka Anda juga harus menghentikan kebiasaan Anda dalam mengkonsumsi alkohol.

Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin secara tidak langsung dapat menghindarkan Anda dari kebiasaan merokok. Ada banyak olahraga yang dapat dilakukan seperti jogging, jalan kaki, berenang, maupun olahraga yang lainnya. Bagi pecandu rokok, mungkin akan merasa kesulitan bernafas. 

Oleh karena itu, Anda harus menghentikan kebiasaan merokok dan menggantikannya dengan berolahraga.

Lakukan aktivitas yang lebih berguna

Melakukan beberapa aktivitas dapat menghindarkan rasa ingin merokok. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu dengan bermain game, mengobrol dengan teman yang sama-sama tidak merokok maupun yang lainnya. Melalui cara inilah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk untuk merokok.

Beri penghargaan untuk diri sendiri

Memberikan penghargaan kepada diri sendiri yang telah berhasil menghilangkan kebiasaan merokok menjadi salah satu langkah yang dapat memotivasi diri Anda sendiri agar bisa melanjutkan tujuan awal Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Menghentikan kebiasaan merokok dapat dihindarkan bagi Anda yang memang memiliki niat dan tekad bulat untuk menghentikan kebiasaan merokok. Penting sekali bagi Anda untuk mengikuti ke 6 tips yang ada di atas untuk membantu Anda agar bisa menghentikan kebiasaan merokok. 

Melalui ke 6 langkah sederhana seperti yang ada di atas, tentunya Anda sudah bisa menghilangkan kebiasaan merokok tanpa harus menyiksa diri sendiri.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tips for the First Week You Quit Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/practical-tips-for-the-first-week-of-smoking-cessation-2825290)
10 self-help tips to stop smoking. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/10-self-help-tips-to-stop-smoking/)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app