Amenore - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 566.071 orang

Apa penyebab tidak datang bulan (Amenore)?

Amenore terjadi ketika seorang wanita usia subur tidak mengalami haid. Amenore biasanya terjadi selama masa kehamilan atau setelah menopause. Tetapi jika Anda mengalami amenore saat Anda memasuki usia subur tanpa disertai dengan kondisi diatas, mungkin amenore yang Anda alami merupakan gejala dari suatu masalah medis yang mendasarinya.

Ada dua jenis amenore, yang pertama adalah amenore primer yang terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur atau berusia 16 tahun tetapi belum pernah mengalami menstruasi sekalipun. Amenorea primer juga dapat disebabkan oleh kelainan pada jalur reproduksi sehingga mencegah terjadinya perdarahan menstruasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Sedangkan amenore sekunder adalah kondisi dimana Anda melewatkan haid selama tiga bulan berturut-turut setelah mengalami haid secara teratur selama sembilan bulan sebelumnya . Jenis amenore ini lebih sering terjadi.

Penyebab Amenore

Amenore memiliki banyak penyebab potensial.

Misalnya, amenore primer dapat terjadi akibat masalah struktural dengan organ reproduksi Anda. Jika Anda mengalami amenore, mungkin kondisi ini merupakan tanda dari indung telur (ovarium) yang kurang berkembang atau tidak berfungsi dengan baik.

Masalah dengan kelenjar hipofisis atau tiroid Anda juga dapat menyebabkan amenore sekunder. Ketika berfungsi dengan baik, kelenjar-kelenjar ini menghasilkan hormon yang dibutuhkan selama proses menstruasi.

Kemungkinan penyebab lain dari amenore sekunder meliputi:

  • kegemukan
  • kekurangan gizi
  • anorexia nervosa
  • penurunan berat badan yang ekstrem
  • terlalu banyak berolahraga
  • sindrom ovarium polikistik
  • kanker rahim atau tumor ovarium
  • kista ovarium jinak
  • pembentukan jaringan parut rahim akibat aborsi
  • pengangkatan indung telur atau rahim Anda
  • masalah dengan kelenjar tiroid Anda
  • ketidakseimbangan hormon
  • stress atau depresi
  • penggunaan obat-obatan tertentu seperti beberapa obat antipsikotik

Penyebab alami amenore sekunder termasuk kehamilan, menyusui, dan menopause. Memulai, menghentikan, atau mengubah alat kontrasepsi juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Mendiagnosis Amenore

Segera periksakan diri Anda ke dokter jika Anda tidak haid selama 3 siklus berturut-turut atau Anda berusia 16 tahun dan belum pernah mengalami menstruasi. Amenore primer mungkin disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang membutuhkan perawatan.

Untuk mendiagnosis penyebab amenore, dokter pertama-tama akan memastikan bahwa Anda tidak sedang hamil dan menopause. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menjelaskan gejala dan riwayat medis Anda. Penting untuk memberi tahu dokter mengenai:

  • segala gejala yang pernah Anda alami
  • kapan Anda terakhir haid dan berapa lama siklus haid Anda
  • obat-obatan apa pun atau yang Anda gunakan, termasuk penggunaan pil KB
  • perubahan pola diet, rutinitas olahraga, atau berat badan Anda
  • masalah emosional dalam hidup Anda

Dokter dapat melakukan pemeriksaan panggul. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan diagnostik, seperti tes urin, darah, atau pencitraan.

Mengobati Amenore

Rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter Anda untuk amenore akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Jika amenore yang Anda alami berkaitan dengan obesitas, dokter Anda kemungkinan akan merekomendasikan program penurunan berat badan. Jika amenore yang Anda alami disebabkan oleh penurunan berat badan yang ekstrem atau olahraga berlebihan, maka dokter akan mendorong Anda untuk menambah berat badan atau menghimbau Anda untuk mengurangi intensitas olahraga Anda.

Dokter juga akan menyarankan Anda untuk melakukan konseling, meresepkan obat-obatan, atau perawatan lain untuk membantu Anda mengelola depresi, stres, atau gangguan makan.

Untuk mengobati ketidakseimbangan hormon atau masalah dengan kelenjar tiroid Anda, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat-obatan, seperti obat pengganti hormon, atau operasi.

Untuk mengobati kanker ovarium atau rahim, mereka dapat merekomendasikan kombinasi obat, terapi radiasi , dan kemoterapi . Obat atau operasi untuk mengobati kondisi lain yang dapat menyebabkan amenore juga dapat digunakan.

Mencegah Amenore

Untuk mencegah amenore, cobalah untuk mempertahankan berat badan ideal, makan makanan yang seimbang, berolahraga secara teratur, dan belajar mengelola stres. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai masalah apa pun yang Anda miliki tentang siklus menstruasi Anda.

Yang perlu Anda perhatikan jika mengalami Amenore

Walaupun tidak datang bulan bukan merupakan gejala yang mengancam jiwa, tetapi amenore dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Karena gangguan hormon dapat mempengaruhi kepadatan tulang Anda, meningkatkan risiko patah tulang dan osteoporosis . Amenore juga bisa membuat lebih sulit untuk hamil.

Dalam kebanyakan kasus, amenore dan penyebab yang mendasarinya dapat diobati. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai informasi lebih lanjut tentang kondisi medis yang Anda alami, pilihan perawatan, dan rencana jangka panjang

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit