Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kebiasaan Sehat

Kenali Softlens dan Manfaat Air Pembersih Softlens

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.030.314 orang

Kenali Softlens dan Manfaat Air Pembersih Softlens

Di jaman serba maju sekarang ini, tentunya banyak cara yang dapat kamu tempuh untuk menjadikan kamu tetap sehat namun dengan cara yang lebih modern. Contohnya saja ialah untuk kebutuhan matamu. 

Pemakaian kacamata memang sudah dikenal sejak jaman dahulu dimana kacamata dipercaya sebagai alat bantu yang ideal yang diciptakan untuk mereka yang mengalami baik mata minus ataupun plus sehingga dapat melihat dengan lebih jelas lagi. 

Ya perkembangan dari model kacamata pun berkembang maju sesuai perkembangan jaman, mulai dari dulu kacamata dengan lensa yang tebal dan bingkai kacamata yang berbentuk bulat atau persegi saja, seiring dengan perkembangan jaman model kacamatapun sekarang beraneka rupa dan berwarna-warni. 

Modelnya pun dapat mengikuti kebutuhan si pemakainya baik bisa untuk sehari-hari, untuk bersantai, untuk kegiatan indoor dan outdoor sampai kacamata tanpa lensa.  

Nah seiring dengan perkembangan jaman yang makin maju, dalam 10 tahun belakangan ini pemakaian kacamata sudah mulai digantikan oleh pemakaian softlens. Disini kita akan bahas lebih dalam mengenai softlens dan air pembersih softlens.

Kenali Softlens

Pemakaian softlens memang baru populer 10 tahun belakangan ini dimana di awal-awal perkembangannya softlens hanya mengeluarkan warna bening transparan dengan tipe tipe minus sesuai kebutuhan si pemakainya. 

Namun di jaman sekarang ini, kamu dapat dengan mudah menemukan softlens dengan berbagai macam tipe, model dan warna. 

Selain dilengkapi dengan berbagai pilihan minus mata yang dapat kamu pilih, softlens pun dapat dibedakan dengan berapa banyak kadar air yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kamu. 

Nah dalam setiap kali menggunakan softlens, yang perlu kamu ingat ialah softlens yang kamu gunakan tidak boleh berada dalam keadaan kering. 

Inilah yang menyebabkan setiap kali kamu membeli softlens, pasti softlens akan berada disuatu kemasan khusus yang berisi sedikit air yang merendam softlens tersebut.  

Karena itu untuk kamu yang mau menggunakan softlens, jangan lupa untuk juga membeli cairan berupa air pembersih softlens.

Manfaat cairan pembersih softlens

Air softlens yang banyak dijual dipasaran ternyata tidak semuanya memiliki fungsi dan manfaat yang sama. Berikut ini ialah beberapa tipe cairan softlens untuk kamu ketahui berdasarkan manfaatnya.

  • Cairan Pembersih Softlens Multi Purpose
    Sesuai namanya yang multi purpose, cairan pembersih softlens ini memiliki fungsi untuk membersihkan dan menghilangkan kuman pada lensa softlens. Cairan pembersih multi purpose ini juga dapat merekondisi lensa kontak

  • Cairan Pembersih Softlens dengan basis Hyrdogen Peroxide
    Cairan pembersih softlens dengan basis Hidrogen Peroksida atau Hydrogen Peroxide Based Lens Care System ( HPB Contact Lens Care ) ialah cairan pembersih yang memiliki satu atau dua tahap tergantuk produk yang kamu beli.

    Sesuai dengan namanya, cairan ini pada dasarnya menggunakan Hidrogen Peroksida untuk membunuh kuman dan bakteri pada kontak lensa mu, cairan ini juga mampu mensterilkan lensa kontaknya bila produk yang kamu beli memiliki dua tahap pencucian. 

  • Cairan Pembersih Softlens Saline
    Cairan pembersih softlens Saline atau Saline Solution biasanya lebih digunakan untuk merendam dan membilas kontak lensamu ketika panas dan mendisinfeksi lensa.

  • Cairan Pembersih Softlens Daily Cleaners
    Jenis pembersih softlens daily cleaner daoat digunakan sehari-hari oleh kamu untuk membersihkan kontak lensa mu. Namun perlu diingat bahwa fungsi utama daily cleaners hanyalah sekedar membersihkan dan bukan untuk benar-benar membasmi kuman ataupun bakteri.

    Untuk melakukan itu semua, daily cleaners harus menggunakan produk tambahan.

Lalu pernakah terbersit di pikiranmu mengapa kita tidak menggunakan air biasa saja untuk mencuci softlens mu? Ini dikarenakan air biasa umumnya akan mikrobakteri yang beresiko membuat softlens terkontaminasi bakteri atau virus dan ditakutkan akan membawa iritasi dan penyakit bagi mata mu. 

Sementara cairan pembersih softlens biasanya sudah dirancang khusus sebagai air anti bakteri yang dapat mencegah softlens dari kerusakan.  

Selain digunakan untuk membersihkan, membilas dan anti bakteri, cairan pembersih softlens juga berguna sebagai pelembab bagi kontak lensamu sehingga saat dipakaikan ke mata, softlensmu masih dalam kondisi basah sehingga mata tidak akan merasakan sakit atau kering ketika memakai softlens. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini