Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

9 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 881.084 orang

9 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan

Mandi atau membersihkan tubuh adalah kebiasaan sehari-hari yang tidak hanya membuat tubuh merasa lebih bersih, tapi juga memberikan rasa segar setelahnya. Tetapi kebiasaan mandi setiap orang berbeda-beda, termasuk dalam menentukan pilihan mengenai suhu air mandi yang digunakan. Ada yang lebih suka mandi dengan menggunakan air panas dan ada pula yang lebih senang mandi air dingin.

Semua pilihan itu bebas-bebas saja, tetapi ketika seharian berpanas-panasan, mandi air dingin sepertinya menjadi pilihan yang tepat dan menyegarkan. Tapi apakah Anda tahu manfaat mandi air dingin bagi kesehatan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Berikut ini adalah 9 manfaat mandi air dingin bagi kesehatan

1. Mempercepat penyembuhan luka

Mandi air dingin juga memiliki khasiat menyembuhkan luka pada kulit karena air dingin dapat menstimulasi sistem limpatik (sistem getah bening) yang dapat membersihkan racun dalam tubuh dan meningkatkan sel-sel tubuh dalam melawan infeksi.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Mandi air dingin di pagi hari mungkin tidak biasa bagi sebagian orang karena efek dingin yang ditimbulkan dapat menyebabkan tubuh menggigil. Tetapi sebenarnya mandi air dingin dapat melancarkan saluran pernapasan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, air dingin dapat memicu jantung dan meningkatkan detak jantung yang dapat melancarkan aliran darah sehingga membuat tubuh menjadi segar dan memberikan tambahan energi untuk mulai beraktivitas. Aliran darah yang lancar sangat baik untuk kesehatan kulit dan hati serta dapat meningkatkan konsentrasi.

3. Meningkatkan fungsi paru-paru

Manfaat mandi air dingin juga dapat membuat organ-organ dalam tubuh menjadi lebih aktif, salah satunya paru-paru sehingga pernapasan akan menjadi lebih lancar.

4. Meningkatkan kesuburan

Mandi air dingin dapat meningkatkan kesuburan terutama bagi pria. Karena air dingin dapat menstimulasi hormon testosteron yang membuat produksi sel sperma semakin banyak, begitupun produksi hormon estrogen pada wanita. Tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini dan tentu saja peningkatan kadar hormon akan bergantung juga pada gaya hidup.

5. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Jika mandi air panas yang dapat membuat kulit terasa lebih kering, mandi air dingin memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Mandi air dingin dapat membuat kulit terasa lembab dan kenyal serta membuat rambut Anda menjadi lebih lembut, kuat, dan bercahaya secara alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Hal ini dikarenakan suhu air dingin dapat mengencangkan kutikula rambut dan pori-pori kulit yang dapat mencegah kotoran menyumbat di pori-pori kulit maupun kulit kepala.

6. Meredakan nyeri otot

Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri otot dikarenakan memiliki sifat regeneratif yang akan sangat berguna terutama setelah menjalani sesi latihan atau olahraga yang melelahkan serta dapat membantu proses pembentukan otot.

Penggunaan air dingin sangat disarankan bagi para atlet olahraga karena dapat membantu mengurangi inflamasi otot yang dapat menyebabkan kekakuan, bengkak, dan rasa sakit akibat olahraga.

7. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, mandi air dingin dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Pada dasarnya, tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, yakni lemak putih dan lemak cokelat.

Lemak putih adalah tumpukan lemak yang terjadi ketika konsumsi kalori pada tubuh melebihi kebutuhan, biasanya terjadi di pinggang, perut, ataupun leher. Lemak ini tidak dibakar tubuh untuk menjadi energi. Sementara lemak cokelat adalah lemak baik yang digunakan untuk menghasilkan panas yang dapat menjaga tubuh tetap hangat dan akan dibakar saat tubuh terkena suhu dingin.

8. Menyegarkan pikiran dan meringankan stress

Mandi air dingin terutama di pagi hari dapat membuat tubuh Anda merasa lebih segar dan terjaga karena suhu air dingin dapat memacu otak untuk memproduksi hormon norepinefrin, sejenis adrenalin yang berasal dari kelenjar adrenal pada otak, yang membantu meningkatkan kewaspadaan Anda secara alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Air dingin juga dapat membuat tubuh lebih toleran terhadap stress secara fisik dan mental karena adanya peningkatan gluthathione, master antioksidan yang memiliki pengaruh terhadap antioksidan lainnya.

Selain itu, manfaat mandi air dingin dapat membantu mengurangi depresi karena suhu air dingin yang mengenai ujung saraf permukaan kulit akan mengirimkan impuls elektrik ke otak yang membuat otak tetap aktif dan segar sehingga otak akan memproduksi hormon beta-endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat mandi air dingin dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena saat mandi air dingin secara teratur, tubuh memproduksi sel darah putih yang dibutuhkan sistem imun untuk melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit serta meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh.

Tetapi di antara manfaat di atas, mandi air dingin juga memiliki risiko yang tak kalah penting untuk diperhatikan sehingga tidak semua orang boleh mandi air dingin. Karena risiko yang ditimbulkan dapat berdampak kurang baik terutama pada orang yang memiliki kondisi tertentu, seperti halnya pada orang tua (lansia) ataupun orang yang memiliki gangguan jantung. Mandi air dingin dapat menyebabkan sensasi kejut yang memberikan efek kaget hingga pingsan ataupun mengalami serangan jantung yang dapat berakibat fatal.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit