9 Cara Mengatasi Gangguan Hasrat Seksual Pada Wanita

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 26, 2020 Waktu baca: 3 menit
9 Cara Mengatasi Gangguan Hasrat Seksual Pada Wanita

Setiap wanita dapat mengalami gangguan hasrat seksual pada beberapa titik kehidupannya. Penurunan hasrat seksual pada wanita bisa terjadi kapan saja setelah seorang wanita aktif secara seksual. 

Kebanyakan wanita biasanya akan mengalami kondisi ini pada masa menyusui.

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Selain itu, hasrat seksual pada wanita bisa turun secara drastis dari karena kecemasan, stres, atau ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh perubahan dalam tubuh. 

Bahkan gangguan seksual pada tingkat tertentu dapat menyebabkan hilangnya hasrat seksual pada wanita.

Apapun alasannya, berkurangnya hasrat seksual, seharusnya tidak membuat seorang wanita menjadi lebih cemas atau menjadi alasan untuk menghindar dari pasangan. 

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh seorang wanita untuk mendapatkan kembali hasrat seksual dan kembali membangun hubungan yang harmonis dengan pasangan.

Rutin Berolahraga

Salah satu alasan kurangnya hasrat seksual pada wanita mungkin adalah karena kurangnya olahraga. 

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat membantu regulasi hormon yang bertanggung jawab mengatur hasrat seksual seorang wanita. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Kebanyakan dokter menyarankan untuk lebih rutin berolahraga karena selain meningkatkan metabolisme, dengan rutin berolahraga dapat membantu seorang wanita merasa lebih nyaman dan percaya diri saat bersama pasangan.

Mengatasi Stress

Belajar menangani stres secara positif dapat meningkatkan gairah seks wanita. Seorang wanita yang mengalami stres cenderung enggan melakukan apapun termasuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan. 

Mengatasi stres dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga dapat memicu hasrat seksual kembali normal.

Bicaralah dengan Pasangan Anda

Menghabiskan waktu dan benar-benar berbicara dengan pasangan dapat sangat membantu bagi seorang wanita untuk kembali dalam permainan. 

Setiap wanita, tidak peduli seberapa sibuk pasangannya, seorang pria harus menghabiskan setidaknya 20 menit waktu berbicara dengan pasangannya. 

Waktu ini seharusnya hanya untuk pasangan Anda dan tidak terganggu oleh media sosial atau elektronik apa pun. Komunikasi dapat membantu seorang wanita untuk mendapatkan hasrat seksual mereka.

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Buat Kehidupan Seksual Anda lebih berwarna

Memiliki rutinitas seks yang sama setiap saat dapat menyebabkan berkurangnya hasrat seksual pada wanita. Aktivitas seksual bisa menjadi membosankan dan seorang wanita secara bertahap akan kehilangan minat. 

Pada titik ini, membumbui kehidupan cinta dengan menghadirkan berbagai cara lain untuk membangkitkan hasrat seksual pasangan atau mengajarinya berbagai cara lain mungkin dapat menjadi solusi mengenai masalah hasrat seksual yang dialami oleh seorang wanita.

Mendapatkan waktu tidur yang cukup

Gaya hidup yang sibuk dapat mengurangi waktu tidur secara signifikan dan karenanya dapat membuat seorang wanita kelelahan dan stres. 

Tidur membantu saraf menjadi rileks dan pada gilirannya membantu tubuh berfungsi secara normal. Ketika tubuh kurang tidur, seseorang cenderung akan kehilangan minat dalam banyak hal. 

Salah satunya adalah minta dalam menjalani aktivitas seksual, dan karenanya mendapatkan waktu tidur yang cukup disertai dengan diet yang kaya protein bisa meningkatkan dorongan seksual seorang wanita.

Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan Hasrat Seksual

Mengkonsumsi lebih banyak cokelat mungkin merupakan salah satu penanganan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua wanita. 

Faktanya mengkonsumsi cokelat dapat meningkatkan mood dan suasana hati yang dapat meningkatkan hasrat seksual Anda.

Memeriksakan diri Anda ke Dokter

Jika Anda sebagai wanita mengalami penurunan hasrat seksual dalam jangka waktu panjang, dan tidak mengalami perbaikan setelah menjalani tips-tips di atas, Anda perlu memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter atau dokter spesialis Anda. 

Kondisi Anda bisa disebabkan oleh penyakit yang mendasarinya, oleh karena itu pemeriksaan lengkap dan penanganan yang adekuat diperlukan untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Penggunaan obat-obatan

Sebelum Anda berpikir untuk menggunakan obat penambah hasrat seksual, selalu pastikan bahwa Anda telah berkonsultasi dengan dokter Anda. 

Dokter dapat memberitahu Anda obat apa yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. 

Beberapa tumbuhan yang mengandung alkaloid atau bahan tertentu yang dapat meningkatkan hasrat seksual dan ada beberapa obat-obatan yang dapat digunakan sebagai Viagra alami. 

Selalu konsultasikan semua pengobatan yang akan Anda jalani dengan dokter atau dokter spesialis Anda.

Perawatan Hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menjadi penyebab berkurangnya hasrat seksual pada wanita. 

Penting bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis terapi perawatan hormon apa yang harus Anda gunakan.

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hirsch M, et al. Sexual dysfunction caused by selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs): Management Sexual dysfunction caused by selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs): Management. https://www.uptodate.com/contents/search.
Goldstein I, et al. Hypoactive sexual desire disorder: International Society for the Study of Women's Sexual Health (ISSWSH) expert consensus panel review. Mayo Clinic Proceedings. 2017;92:114.
Shifren JL. Sexual dysfunction in women: Management. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app