GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

8 Daftar Obat-Obatan yang Wajib Ada di Kotak P3K

Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2020 Waktu baca: 3 menit
8 Daftar Obat-Obatan yang Wajib Ada di Kotak P3K

Kotak P3K (Kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) menjadi kotak yang sangat penting untuk disediakan di rumah atau di fasilitas umum agar bisa segera dilakukan tindakan pertolongan awal apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan kondisi kesehatan seseorang, tertutama cedera atau luka yang terjadi secara mendadak.

Oleh karena itu dibutuhkan pertolongan dan penanganan yang cepat untuk mencegah terjadinya komplikasi. Letakkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau tetapi jauh dari jangkauan anak-anak. Kotak P3K akan sangat berguna ketika mengobati luka ringan seperti tergores benda tajam, terkilir, luka bakar ringan, atau tersengat serangga.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

8 Daftar Obat yang Wajib Ada di Kotak P3K

Untuk mencegah kondisi darurat, ada baiknya untuk menyediakan kotak P3K di rumah. Peralatan dan obat P3K dapat dibeli di apotek. Ada beberapa daftar alat dan obat-obatan yang harus ada di dalam kotak P3K, yaitu:

1. Antiseptik untuk membersihkan luka

Jika terjadi luka maka kondisi tersebut harus segera dibersihkan menggunakan obat antiseptik. Walaupun sabun dan air bersih dapat digunakan untuk membersihkan luka, namun hal tersebut masih memiliki risiko infeksi pada luka. Untuk menghindari risiko infeksi tersebut, maka antiseptik adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan luka.

Baca juga: Mengenal Beragam Jenis Salep untuk Luka

2. Aspirin untuk mengurangi rasa sakit

Untuk mengurangi rasa sakit akibat luka, maka Anda diharuskan memiliki obat aspirin yang ada di dalam kotak P3K. Aspirin juga berguna ketika seseorang mengalami serangan jantung secara mendadak.

3. Perban untuk menutup luka

Luka harus ditutup dengan perban agar terhindar dari kotoran atau bakteri yang berisiko menimbulkan infeksi sehingga ntuk menutupi luka maka dibutuhkan perban yang wajib ada di kotak P3K. Perban tidak hanya digunakan untuk luka besar saja tetapi perban juga berguna untuk luka yang kecil atau bersifat ringan.

4. Salep untuk luka dan untuk masalah otot

Anda bisa menaruh salep di dalam kotak P3K. Siapkan 2 macam salep, yaitu salep untuk mengatasi otot-otot yang sedang bermasalah dan salep khusus antibiotik. Salep antibiotik digunakan apabila terjadi luka seperti luka bakar atau luka sayatan. Sedangkan salep otot dapat digunakan apabila otot mengalami keseleo atau terkilir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Baca juga: Cara Atasi Luka Memar di Rumah

5. Termometer untuk mengetahui suhu tubuh

Termometer merupakan alat pengukur suhu tubuh yang berguna untuk mengetahui atau mengukur suhu dalam tubuh. Hal ini sangat penting terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil. Apabila ada anggota keluarga sedang tidak fit dan badan terasa panas, Anda bisa mengecek suhu tubuhnya menggunakan termometer. Ada beberapa jenis termometer yang dapat dibeli di apotek, salah satu jenis termometer yang paling sering digunakan adalah termometer ketiak yang ditempelkan di ketiak.

6. Obat tetes mata

Obat tetes mata memiliki kegunaan untuk menyembuhkan rasa gatal pada mata atau ketika mata kelilipan, obat tetes mata juga dapat dijadikan sebagai salah satu obat yang paling manjur untuk meredakan rasa tak nyaman pada mata. Untuk itu sebaiknya Anda menyediakan obat tetes mata di dalam kotak P3K.

7. Obat-obatan untuk penyakit ringan

Obat-obatan untuk mengatasi penyakit ringan wajib ada di kotak P3K, seperti obat penurun panas, obat flu, obat batuk, obat pusing, obat sembelit atau obat lainnya yang mengandung paracetamol misalnya. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, Anda juga perlu menyediakan obat yang sesuai sebagai penanganan awal jika terjadi gejala tersebut.

Baca juga: Aturan Mengonsumsi Obat Antibiotik Saat Diare

8. Minyak angin

Minyak angin tak hanya diperlukan untuk melengkapi kotak P3K, tetapi minyak angin juga akan sangat berguna bagi Anda di manapun berada baik itu di rumah maupun saat sedang berada di luar rumah. Apalagi saat ini ada banyak ukuran minyak angin yang sangat bervariasi sehingga lebih mudah untuk dibawa ke manapun.

Obat-obatan yang sudah dipersiapkan di dalam kotak P3K tersebut tentunya akan sangat berguna bagi diri sendiri atau seluruh anggota keluarga di saat kondisi darurat terjadi atau ketika sedang membutuhkannya. Selain ditempatkan di dalam rumah, Anda pun bisa membawanya saat sedang bepergian seperti pergi camping, liburan, atau saat Anda sedang berada di tempat yang berisiko mengalami luka.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
23 Must-Haves for Your First-Aid Kit. Health Essentials from Cleveland Clinic. (Accessed via: https://health.clevelandclinic.org/23-must-haves-for-your-first-aid-kit/)
What do I need in my first aid kit?. American Academy of Family Physicians. (Accessed via: https://familydoctor.org/what-do-i-need-in-my-first-aid-kit/)
Be Prepared: First Aid Kit Basics. Pharmacy Times. (Accessed via: https://www.pharmacytimes.com/publications/issue/2012/August2012/Be-Prepared-First-Aid-Kit-Basics)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app