HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

8 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Pikiran Negatif

Memiliki pemikiran yang negatif atau buruk dapat merugikan diri Anda sendiri maupun merugikan orang lain. Penting bagi Anda untuk mengatur hati dan pikiran agar bisa terhindarkan dari pemikiran yang buruk. 

Meskipun ada banyak cara yang dapat untuk Anda lakukan, namun Anda bisa melakukan tindakan baik satu persatu agar perubahan menjadi orang yang baik dapat Anda ciptakan pada diri Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Berikut ini 8 cara paling ampuh menghilangkan pemikiran yang buruk

Jauhi lingkungan yang memberikan dampak negatif

Berkumpul di lingkungan yang buruk lambat laun akan memberikan dampak yang buruk pula bagi Anda. Untuk itu, menjauhi lingkungan yang memberikan dampak negatif menjadi langkah yang tepat untuk Anda lakukan agar niat Anda untuk berubah menjadi baik dapat segera terwujud. Bergabung lah dengan orang yang memiliki pemikiran yang positif.

Lebih selektif dalam memilih teman

Memilih teman memang haruslah lebih selektif. Hal ini memiliki tujuan agar Anda terhindarkan dari yang namanya pemikiran yang negatif. Semakin Anda bergabung dengan orang yang bermindset positif, maka Anda juga akan mengikuti mindset untuk menghilangkan pemikiran yang negatif, begitu juga dengan sebaliknya.

Jangan melebih-lebihkan apa yang Anda pikirkan

Melebih-lebihkan apa yang ada di pikiran Anda dapat menimbulkan pemikiran yang negatif. Jangan mengira-ngira sesuatu hal yang tidak pasti agar tidak menimbulkan fitnah. Selain itu hal ini pun juga menimbulkan pemikiran negatif terhadap orang lain.

Bangun mindset positif dalam diri Anda

Meskipun sulit untuk berfikir positif terhadap segala sesuatu, namun Anda akan terbiasa dengan pikiran yang positif jika Anda terbiasa dengan membangun mindset positif. Cobalah untuk mengubah sudut pandang dari pikiran Anda selama ini.

Cobalah untuk bertukar pikiran dengan orang yang bisa dipercaya

Anda bisa bertukar pikiran dengan orang yang tepat dan bisa dipercaya. Dengan bertukar pikiran, Anda bisa menemukan pandangan baru dari diri orang lain. Terlebih lagi jika Anda memiliki masalah, bertukar pikiran akan lebih meringankan Anda dari segala permasalahan yang sedang Anda alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Pertimbangkan segala sesuatunya

Sebelum Anda melakukan segala sesuatu, Anda membutuhkan pertimbangan yang matang. Oleh Karena itu Anda penting untuk melihat apakah yang Anda lakukan tersebut baik atau buruk. Selalu berfikir posesif dan berfikir panjang saat Anda ingin melangkah untuk maju.

Cobalah untuk bersikap santai

Bersikap santai bukan berarti menyepelekan segala sesuatu. Akan tetapi membawa pikiran yang santai akan menjauhkan Anda dari pemikiran yang negatif terhadap segala sesuatunya. Karena pemikiran yang santai akan membuat Anda merasa lebih tenang dan tidak menganggap serius apa yang sedang Anda alami.

Sering tertawa

Dengan tertawa, Anda bisa menghilangkan semua rasa sedih yang Anda alami. Anda bisa menunjukkan rasa bahagia tersebut melalui tawa. Jika hati Anda bahagia maka akan menjauhkan Anda dari pemikiran yang negatif terhadap sesuatu. Orang yang melihat tawa Anda pun juga bisa merasakan kebahagiaan yang Anda rasakan terbut.

Selalu berfikir positif akan membuat hidup Anda jauh dari kata buruk. Meskipun sikap optimis tidak selalu memberikan hasil yang bagus, namun hal ini tetaplah harus Anda lakukan agar terhindarkan dari pemikiran negatif thinking. Dengan mengikuti ke 8 tips yang ada di atas, Anda akan terhindarkan dari yang namanya pemikiran yang negatif.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ruminating thoughts: How to stop them. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326944.php)
Positive thinking: Reduce stress by eliminating negative self-talk. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/positive-thinking/SR00009)
What can you do if you think negative thoughts about yourself?. WebMD. (https://www.webmd.com/depression/qa/what-can-you-do-if-you-think-negative-thoughts-about-yourself)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app