8 Cara Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dipublish tanggal: Jul 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
8 Cara Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau dikenal dengan istilah hipertensi merupakan suatu kondisi saat tekanan darah Anda lebih tinggi daripada tekanan darah normal. Tekanan darah normal berada di sekitar 120/80 mmHg dan seseorang dapat dianggap memiliki tekanan darah tinggi jika tekanan darahnya mencapai angka 140/90 mmHg atau lebih tinggi.

Kondisi tekanan darah tinggi dapat menyerang siapa saja tanpa menimbulkan gejala jangka panjang. Oleh karena itu, penyakit ini disebut “pembunuh diam-diam”. Karena jika tidak ditangani secara cepat, tekanan darah tinggi dapat memicu timbulnya berbagai penyakit kronis, seperti gangguan jantung, gagal ginjal, diabetes, bahkan stroke.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Baca selengkapnya: Risiko Komplikasi, Jenis Hipertensi, dan Penyebab Hipertensi

Tekanan darah tinggi biasanya dapat terjadi karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat (LDL), kebiasaan merokok, atau sering mengonsumsi makanan yang terlalu asin juga dapat menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tekanan darah Anda.

Selain itu, tekanan darah tinggi juga bisa terjadi karena efek samping obat-obatan, seperti obat gagal ginjal, pil KB, ataupun obat flu. Ibu hamil juga berpotensi memiliki risiko tekanan darah tinggi karena efek terapi pengganti hormon. Untuk mengatasi kondisi hipertensi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

8 Cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi

1. Kurangi garam

Jumlah garam atau natrium harian yang sebaiknya Anda konsumsi adalah satu sendok teh per hari. Jika berlebihan, maka risiko tekanan darah akan meningkat, termasuk gejala stroke dan gangguan jantung. Sebaliknya, tingkatkan konsumsi potassium karena ketegangan pada pembuluh darah dapat dikurangi dengan mengonsumsi potassium.

2. Menjaga berat badan ideal

Tekanan darah Anda akan terjaga jika Anda juga menjaga berat badan ideal Anda. Pertahankan berat badan Anda pada tingkat yang ideal dengan tinggi badan Anda. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, maka ada baiknya untuk mengurangi berat badan Anda melalui pola makan sehat, seperti pola makan sehat, olahraga secara teratur, serta menghindari stres.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat membuat jantung menjadi lebih kuat sehingga aliran darah dapat beredar ke seluruh bagian tubuh dengan baik. Hal ini juga dapat membuat tekanan pada arteri darah berkurang. Oleh karena itu, Anda dapat berolahraga selama 30 menit sebanyak 3-5 kali seminggu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

4. Mengonsumsi buah berry

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam berbagai buah beri seperti blueberry, strawberry, blackberry, serta raspberry dapat membantu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Buah-buahan ini juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

5. Mengonsumsi cokelat

Selain buah berry, flavonoid juga terkandung di dalam cokelat, terutama pada dark chocolate. Flavonoid akan membentuk oksida nitrat yang akan memperlebar pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan jantung.

6. Mengonsumsi salmon atau sarden

Ikan salmon dan sarden mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan. Selain baik untuk ibu hamil dan bayi, kandungan omega 3 ini juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah (hipertensi). Mengonsumsi ikan salmon dan sarden sebanyak tiga kali seminggu selama dua bulan terbukti mampu menurunkan tekanan darah.

7. Menambah asupan kalium dan magnesium

Cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan magnesium yang tinggi. Kalium merupakan mineral penting bagi tubuh yang dapat membantu mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalium tinggi seperti kentang, tomat, sayuran hijau, pisang, melon, alpukat, jeruk, yoghurt, tuna, serta kacang-kacangan.

Baca juga: Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

8. Hentikan kebiasaan merokok dan minuman beralkohol

Kandungan nikotin dalam rokok membuat sistem saraf Anda melepas zat kimia tertentu yang menyebabkan pembuluh darah semakin menyempit dan meningkatkan tekanan darah Anda. Satu batang rokok dapat meningkatkan tekanan darah naik hingga 4 mmHg. Oleh karena itu, berhentilah merokok dan konsumsi alkohol karena jumlah alkohol juga dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zhao CN. (2017). Fruits for prevention and treatment of cardiovascular diseases. DOI: (https://doi.org/10.3390/nu9060598)
Verma SK, et al. (2009). Blood pressure lowering, fibrinolysis enhancing and antioxidant activities of cardamom (Elettaria cardamomum) [Abstract]. (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20361714)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app