Kebiasaan Sehat

5 Tips Mendapatkan Kualitas Tidur Terbaik

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Tips Mendapatkan Kualitas Tidur Terbaik

Mendapatkan kualitas tidur terbaik merupakan hal yang penting untuk mengembalikan performa anda keesokan harinya. Tidak membutuhkan waktu lama untuk tidur, dengan kualitas tidur yang baik. 

Anda juga sebaiknya mendapatkan waktu tidur sebanyak 7 hingga 8 jam per harinya. Berikut ini adalah tips bagi anda agar mendapatkan kualitas tidur baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

1. Buat keadaan kamar nyaman untuk ditempati

Lingkungan menjadi salah satu faktor yang menentukan kenyamanan seseorang untuk tinggal di dalamnya. Orang biasanya akan cenderung nyaman jika tidur di lingkungan yang tenang, bersih, rapi, sejuk dan gelap. Meski beberapa orang tidak bisa tidur di kondisi gelap, namun kondisi gelap jelas lebih baik untuk tubuh karena akan memberi sinyal ke otak untuk beristirahat. 

Pastikan lingkungan kamar anda bersih dan rapi. Jika memungkinkan berikan pengharum ruangan sehingga kamar tidak apek. Ini akan membuat tidur semakin terasa nyaman.

2. Patuhi jadwal tidur rutin di setiap hari

Tidak peduli saat akhir pekan ataupun hari kerja, anda sebaiknya memiliki jadwal tidur tetap yang anda patuhi. Dengan tidur dan bangun di waktu yang sama, anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

Tubuh anda pun akan secara otomatis memiliki jam internal sendiri yang kemudian “mengingatkan” kapan harus tidur dengan pertanda rasa kantuk dan juga membuat anda dapat terbangun sendirinya di jam kebiasaan anda.

Apabila di waktu yang seharusnya anda biasa sudah tertidur kemudian anda tidak bisa tidur, maka sebaiknya anda melakukan aktivitas tertentu yang bisa membuat anda lelah dan mengantuk. Jika anda memaksakan tidur justru dapat membuat anda frustasi.

3. Jangan terlalu berlebihan ketika tidur siang

Tidur siang memang seharusnya tidak terlalu lama. Sebaiknya anda batasi tidur siang anda hanya 10 sampai 30 menit saja maksimal. Selain justru membuat pusing jika terlalu lama, tidur malam anda juga dapat terganggu karena ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Beberapa orang bahkan mengaku tidak dapat tidur di malam hari karena tidur siang terlalu lama. Ini dapat mengganggu kualitas tidur malam anda.

4. Makanan dan Minuman yang dikonsumsi Menentukan kualitas tidur

Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Pastikan anda tidak mengkonsumsi makanan mengandung kafein seperti kopi, teh, kola, cokelat maupun minuman beralkohol sebelum waktu tidur. 

Minuman seperti kopi akan membuat anda terjaga dan tidak mengantuk. Hal ini menyebabkan anda kehilangan jam tidur anda. Sementara alkohol akan membuat rasa pusing yang mengganggu ketika anda terbangun di pagi harinya.

Jangan tidur setelah sebelumnya makan karena akan membuat perut sakit dan pencernaan terganggu. Juga hindari tidur dalam keadaan perut kosong karena membuat anda bisa terbangun sewaktu-waktu karena lapar. 

Makanlah empat jam setidaknya sebelum tidur. Konsumsi air minum juga sebaiknya tidak berlebihan sebelum tidur karena dapat membuat anda terbangun untuk buang air kecil.

5. Olahraga rutin setiap hari

Pakar gizi dan kesehatan menyarankan untuk memulai hidup sehat maka usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Olahraga yang dipilih tidak harus yang berat. 

Anda cukup berjalan kaki atau lari kecil selama 30 menit saja. Olahraga teratur bisa membuat anda tidur dengan nyenyak karena tubuh merasa lelah setelah berolahraga.

Namun, jangan pilih waktu sebelum tidur untuk berolahraga. Hal ini disebabkan karena ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon stress berupa kortisol yang membuat tubuh justru terjaga dan kehilangan rasa kantuk. Sebaiknya berolahraga di pagi hari ataupun tiga jam sebelum waktu tidur.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Tips to Get More Sleep. American Cancer Society. (https://www.cancer.org/latest-news/how-to-get-more-sleep.html)
8 secrets to a good night's sleep. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/sleep/8-secrets-to-a-good-nights-sleep)
How to get to sleep. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/how-to-get-to-sleep/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Penyebab Sulit Tidur: Dari Perubahan Cuaca hingga Cara Mengatasi
Penyebab Sulit Tidur: Dari Perubahan Cuaca hingga Cara Mengatasi

Selain panas, perubahan cuaca dari hangat menjadi dingin secara mendadak juga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Memang, menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa suhu tidur ideal agar dapat tidur nyenyak berada di rentang 22 sampai 23 derajat celcius.

Tips Mengentalkan Sperma untuk Mengatasi Gangguan Kesuburan pada Pria
Tips Mengentalkan Sperma untuk Mengatasi Gangguan Kesuburan pada Pria

Beberapa tips ini dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kekentalan sperma dan memperbaiki kesuburan pria:

Buka di app