Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

5 Tips Mencegah Badan Gemuk Setelah Berhenti Merokok

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 847.083 orang

Tahukah Anda? Ternyata beberapa orang yang berhenti merokok dapat menjadi gemuk, Anda bahkan Anda sendiri sedang mengalaminya? 

Memang benar, berhenti merokok memang dapat membuat berat badan Anda kian naik. Banyak faktor yang menyebabkan berat badan di tubuh Anda naik setelah lama berhenti merokok. Tapi, beberapa orang juga dapat mengalami penurunan berat badan akibat berhenti merokok.

Apa saja faktor yang menyebabkannya?

Anda dapat mengalami kenaikan berat badan setelah berhenti merokok karena umumnya terjadi akibat beberapa faktor dan kondisi, seperti:

  • Anda sering mengemil untuk menggantikan kebiasaan merokok
  • Saat Anda berhenti merokok, biasanya nikotin bekerja untuk mempercepat metabolisme di tubuh Anda, tetapi saat Anda mulai berhenti merokok kecepatannya kembali normal dan lebih sehat, sehingga beberapa orang dapat mengalami kenaikan berat badan.
  • Nikotin dapat berperan sebagai penekan nafsu makan pada beberapa orang, oleh sebab itu Anda mulai merasakan nafsu makan yang kembali normal saat berhenti merokok.

Tips-tips agar tak jadi gemuk setelah berhenti merokok

Anda tidak perlu khawatir, jika sudah terlanjur melakukan kebiasan-kebiasaan atau faktor penyebab gemuk setelah berhenti merokok, Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini

  • Beralih stok makanan

Jika sebelumnya Anda memiliki kulkas yang berisi stok makanan junk food. Mulailah dari sekarang untuk menggantinya dengan makan-makanan yang sehat. Anda dapat menambahkan buah-buahan, sayur-sayuran, dan segala sesuatunya yang berkaitan dengan ‘4 sehat 5 sempurna’.

Anda sebaiknya mengurangi beberapa cemilan yang Anda simpan seperti produk makanan yang manis dan asin seperti keripik atau permen. Juga berhenti meminum softdrink dan goreng-gorengan. 

Ketika Anda lapar, usahakan makan dengan porsi sedang daripada Anda harus nyemil makanan tersebut.

  • Melakukan olahraga

Olahraga tentu saja merupakan cara yang sedari dulu ampuh dilakukan untuk mengurangi berat badan, tapi selain membuat berat badan menjadi ideal dan sehat, cara ini juga ampuh digunakan sebagai alat untuk mengalihkan perhatian Anda dari keinginan untuk merokok.

  • Mulai mencoba camilan sehat

Hindari camilan yang dapat menaikan berat badan Anda, kurangi makan-makanan seperti kue, permen, dan makanan yang mengandung gula tinggi lainnya. Ganti kebiasaan ini dengan mulai mencoba camilan sehat seperti buah-buahan yang segar.

  • Jauhi diet ketat

Jika Anda bertujuan melakukan diet ketat agar berat badan Anda menurun, Anda salah. Hal itu hanya akan memicu rasa lapar dan keinginan untuk merokok lagi. Selain itu, juga dapat membuat Anda ingin makan dengan porsi yang berlebihan.  

Jauhi diet ketat dan sarapan dengan porsi secukupnya.

  • Menabung uang jajan rokok

Anda tentu saja banyak menghabiskan uang untuk jajan rokok dalam sehari, bahkan seminggu sekaligus hanya untuk membeli rokok

Uang yang Anda gunakan untuk rokok, sebaiknya dikumpulkan dan dijadikan sebagai tabungan untuk membeli keperluan yang lebih bermanfaat, Anda juga dapat gunakan uang jajan rokok tersebut untuk membeli buah kesukaan dan makanan sehat yang diinginkan.

Jika berat badan terlanjur naik

Berat badan Anda sudah terlanjur naik akibat berhenti merokok? Dalam kurun waktu enam bulan setelah berhenti merokok, beberapa orang umumnya memang akan mengalami kenaikan berat badan. 

Anda tidak perlu khawatir, saat tubuh sudah mulai terbiasa saat Anda berhenti merokok, berat badan Anda akan kembali lagi menjadi normal.

Kenaikan berat badan wajar dialami, asalkan tidak berlebihan. Selain itu, Anda harus ingat bahwa tujuan akhir Anda adalah sehat tanpa rokok. Ketika Anda tidak makan secara berlebihan, tentu saja berat badan Anda akan perlahan kembali menjadi normal.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit