Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Anak Balita

5 Pilihan Permainan Untuk Batita

Update terakhir: SEP 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 821.906 orang

5 Pilihan Permainan Untuk Batita

Pada usia di bawah tiga tahun, anak berada di dalam masa perkembangan otak dan kecerdasan yang signifikan. Fisik anak juga akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sehingga rentan obesitas. Karena itu, Anda perlu menstimulasi kecerdasan anak sekaligus membangun kebiasaan anak untuk aktif bergerak dengan mengajaknya bermain. Anda bisa mencari ide-ide permainan kreatif yang bisa merangsang otak dan fisik anak. 

5 pilihan permaian untuk batita di bawah ini bisa Anda coba : 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

1.Mempraktikkan cerita yang sedang dibaca bersama
Salah satu permainan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memanfaatkan buku bacaan. Ajak Si Kecil untuk bergerak saat terdapat kata tertentu yang disebutkan, seperti ketika kata ‘Tuan Putri’ disebutkan dalam sebuah kisah yang Anda dan anak baca bersama-sama, Anda dan anak harus berdiri dan menggerakkan pinggul ke kiri dan ke kanan. Dengan demikian, tanpa Anda sadari permainan ini sudah melatih kecerdasan, sekaligus merangsang anak untuk aktif bergerak. 

2.Bermain tangkap bola
Permainan klasik yang selalu jadi permainan yang seru dan melatih anak untuk banyak bergerak adalah tangkap bola. Hampir tidak ada anak yang menolak diajak bermain bola, terutama anak yang masih berusia di bawah tiga tahun. 


3.Pukul balon
Permainan dengan harga terjangkau ini hanya memerlukan alat berupa sebuah balon. Lemparkan balon ke udara dan ajaklah anak mengejar ke manapun balon bergerak untuk segera melemparkannya lagi ke udara sebelum balon menyentuh tanah. Cobalah melakukan hal ini selama mungkin hingga anak dan Anda sama-sama berkeringat sebelum beristirahat.

4.Ajak anak meniru gerakan dari video yang Anda putar
Putar video-video gerakan senam khusus anak berusia di bawah tiga tahun, dan temani Si Kecil dalam melakukan setiap gerakannya. Biasanya, pada usia seperti ini, anak sudah  bisa mengingat lagu yang sering didengarnya, sehingga kapan pun Anda  memutarnya lagi, Anda dapat mengajak anak untuk melakukan gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya.


5.Bermain mengumpulkan kapas atau bola pingpong
Ide permainan lainnya yang cocok untuk anak di bawah tiga tahun adalah melibatkan kapas atau bola pingpong dengan ukuran yang lebih besar daripada ukuran mulut anak sehingga anak tidak dapat menelannya. Tebarkan bola-bola kapas maupun bola pingpong ini di lantai, dan mintalah Si Kecil untuk mengumpulkannya dalam waktu beberapa menit seperti yang Anda telah tetapkan sebelumnya.

Berikan aturan yang sederhana misalnya hanya mengumpulkan satu bola setiap kali jalan bolak-balik dari garis start ke garis finish. Berikan contoh sebelum membiarkan anak  melakukannya. Permainan ini dapat Anda lakukan sambil menuntun anak yang berusia di bawah tiga tahun  ini untuk melangkah bolak-balik sambil mengumpulkan bola-bolanya.

Adakah ide lain dari para orang tua untuk melatih anak menjadi lebih aktif dan sehat sejak usia di bawah tiga tahun? (PA)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit