Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Seks dan Hubungan

5 Kesalahan Wanita saat Membersihkan Vagina

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.370.900 orang

5 Kesalahan Wanita saat Membersihkan Vagina

Menjaga kesehatan dan kebersihan vagina memang dibutuhkan ritual khusus yang wajib dilakukan setiap wanita. Seperti kata pepatah bahwa kebersihan sebagian dari iman, olah karena itu, menjaga kebersihan adalah hal yang harus dilakukan setiap saat agar terhindarkan dari yang namanya penyakit.

Bagian organ tubuh yang membutuhkan perawatan khusus yaitu bagian vagina.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Vagina akan dikatakan sehat apabila vagina tidak mengeluarkan bau dan tidak mengeluarkan cairan berwarna hijau atau kekuningan. Kebanyakan dari wanita masih terlalu minim terhadap tata cara dalam melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan bagian daerah kewanitaan ini.

Padahal, wanita diharuskan untuk melakukan perawatan dan menjaga kebersihan dengan cara yang tepat.

Hindari kesalahan membersihkan organ intim wanita ini

Ada 5 kesalahan yang sering kali dilakukan para wanita, namun tidak disadari, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Mencuci vagina terlalu sering

Menjaga kebersihan vagina dapat dilakukan dengan mencuci vagina secara rutin. Akan tetapi mencuci vagina terlalu sering ternyata menjadi kesalahan pertama yang sering kali dilakukan oleh wanita. 

Jika Anda jarang membersihkan bagian vagina, maka dapat memberikan peluang risiko terhadap infeksi, begitu juga dengan terlalu sering mencuci vagina juga dapat menimbulkan risiko juga.

2. Jarang membersihkan vagina

Apabila Anda malas membersihkan vagina, maka hal ini akan menimbulkan risiko infeksi pada bagian vagina. Sedangkan vagina memiliki kandungan keringat, minyak, maupun bakteri jahat yang menumpuk.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sehingga jika tidak dibersihkan setiap harinya, maka bakteri akan semakin menumpuk lebih banyak. Hal inilah yang dapat menimbulkan iritasi pada bagian vagina. Bersihkan vagina dengan air hangat secara teratur, paling tidak dua kali dalam sehari.

3. Menggunakan produk kewanitaan dengan asal-asalan

Menggunakan produk kewanitaan memang penting untuk menjaga kebersihan sekaligus kesehatan vagina. Namun sayangnya, kesalahan sering kali dilakukan oleh para wanita yakni tidak melakukan pemilihan produk kewanitaan dengan benar.

Padahal, Anda selalu dianjurkan untuk menggunakan produk kewanitaan yang sudah teruji klinis.

4. Salah ketika mengeringkan vagina

selain menjaga kebersihan vagina, maka para wanita selalu diharapkan untuk menjaga kelembaban vagina. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengeringkan vagina dengan cara yang tepat. 

Mengeringkan vagina yang tepat yaitu dengan mengelapnya dengan satu arah dan jangan terlalu buru-buru ketika mengeringkan vagina. Hal ini dapat membuat vagina mengalami iritasi.

Mengingat bahwa vagina merupakan organ tubuh yang sensitif, sehingga terlalu keras Anda mengelapnya, maka akan merusak jaringan-jaringan kulit vagina. Hal ini dapat menimbulkan luka, rasa perih dan iritasi pada bagian vagina.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

5. Tidak mengeringkan vagina secara sempurna

Kesalahan ke-5 yang tanpa disadari oleh kebanyakan wanita yaitu tidak mengeringkan vagina secara sampurna. Padahal vagina selalu diharapkan untuk menjaga kebersihan dan kelembaban nya. 

Oleh karena itu, ketika Anda membersihkan vagina, maka haruslah dilakukan dengan tuntas dan sempurna. Apabila vagina tidak kering dengan sempurna, maka vagina akan lembab dan mudah tumbuh jamur maupun bakteri yang lainnya.

Menjaga kebersihan dan kesehatan vagina menjadi tugas setiap para wanita yang ingin menjauhi penyakit kelamin. Meskipun menjaga kebersihan pada area kewanitaan dianggap sebagai hal yang sepele, namun hal ini sering kali diabaikan oleh banyak wanita. 

Padahal, menjaga kebersihan vagina sangatlah penting untuk dilakukan. Apabila Anda sudah mengetahui ke 5 kesalahan yang sering kali Anda lakukan dan berbahaya bagi kesehatan organ intim wanita ini, maka sebaiknya jangan melakukan kesalahan tersebut kembali.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit