5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Agar Keriput Berkurang

Cara yang dapat Anda gunakan untuk mengencangkan kulit atau mengurangi kekenduran wajah bisa dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari menggunakan cara alami hingga operasi plastic tertentu. Anda dapat memilih cara yang cocok dan sesuai bagi kulit Anda.
Dipublish tanggal: Agu 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Agar Keriput Berkurang

Tahukah Anda, jika kekenyalan kulit wajah seiring bertambahnya usia maka akan ikut semakin berkurang juga? Jika hal ini terjadi, tentu saja garis-garis halus akan muncul di wajah Anda. 

Garis keriput ini tentu saja membuat wanita kerap kali tidak percaya diri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Biasanya, kekencangan kulit wanita di umur 20 tahun masih bekerja dengan baik, keriput pun belum jelas terlihat di garis-garis kerutan wajah. 

Namun, jika Anda sudah menginjak usia 30 tahun  artinya kulit sudah memasuki fase berkurangnya kekenyalan dan gerbang awal menurunnya produksi kolagen di kulit Anda.

Hal yang menyebabkan kulit kendur biasanya mempunyai banyak faktor, seperti efek dari penurunan berat badan yang drastis dan juga bisa saja karena masalah genetik. 

Jika Anda merasa kulit wajah Anda sudah mulai tidak sekencang dahulu, sebaiknya Anda melakukan beberapa cara di bawah ini.

Cara yang dapat Anda gunakan untuk mengencangkan kulit atau mengurangi kekenduran wajah bisa dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari menggunakan cara alami hingga operasi plastic tertentu. 

Anda dapat memilih cara yang cocok dan sesuai bagi kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Pola makan sehat

Antioksidan sudah terkenal akan kemampuannya untuk menghilangkan radikal bebas. Anda dapat mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran untuk meningkatkan kolagen di kulit wajah. 

Makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti buah anggur, alpukat, dan madu. Anda juga dapat mengkombinasikan bahan lainnya.

Selain itu, jika Anda sebelumnya penikmat junk food dan minuman bersoda, mulailah kurangi asupan makanan tersebut untuk mencegah kulit kendur. 

Hindari juga minuman beralkohol dan makanan yang digoreng dengan menggantinya kacang-kacangan seperti kacang Brazil yang memiliki kandungan tinggi zat selenium agar dapat mempertahankan kekenyalan di kulit Anda.

2. Menggunakan krim wajah

Menggunakan krim untuk mengencangkan wajah memang cara yang paling umum dan cenderung instant dilakukan oleh setiap wanita. Beberapa krim memang ampuh bekerja untuk mengencangkan kulit yang sudah kendur. 

Kandungan krim yang digunakan kebanyakan menggunakan formula vitamin E, dan ekstrak rumput laut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Krim ini bekerja dengan cara  melembabkan dan memberikan nutrisi bagi sel-sel di kulit Anda, khususnya pada area dahi dan bagian leher yang sering memperlihatkan garis-garis halus agar bisa disamarkan.

3. Masker wajah

Mengencangkan kulit wajah yang kendur dapat diatasi dengan masker wajah. Anda tidak akan sulit untuk mencari masker wajah karena sudah banyak di jual di pasaran dan toko online. 

Berbagai macam merk dengan harga dan kualitas yang beragam tentu saja dapat Anda gunakan.

Namun, jika Anda ingin menggunakan bahan-bahan alami bisa dengan menggunakan buah-buahan. 

Salah satunya Anda dapat menggunakan timun untuk dijadikan masker wajah, caranya hanya dengan menghaluskannya dan dikombinasikan dengan putih telur dan perasan air lemon.

Setelah semua bahan tercampur, aduk dan masukan ke dalam lemari pendingin kurang lebih sekitar 30 menit. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan ekstra vitamin E untuk lebih mengoptimalkannya.

4. Botoks

Metode botoks bekerja dengan menggunakan toksin bakteri Clostridium botulinum dalam dosis yang kecil. Bakteri ini mampu menyamarkan dan mengurangi kerutan di wajah Anda tanpa memberikan efek samping yang merugikan.

Botoks juga dapat membuat otot wajah menjadi rileks dengan memblokir impuls saraf yang memicu untuk kontraksi. Selain membuat rileks, dapat melembutkan kerutan di wajah dan mengatur ekspresi.

5. Laser wajah

Anda dapat menggunakan metode laser untuk membantu mengencangkan kulit secara instan. Otot-otot di wajah Anda akan dikuatkan dan jaringan kolagen akan diangkat dengan memicu kontraksi di otot wajah sehingga terasa kencang.

Metode ini sayangnya tidak dapat digunakan untuk semua jenis kulit, bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat dan memiliki warna kulit yang agak gelap tidak disarankan menggunakan metode ini.

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wrinkles: Causes, treatment, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/174852.php)
Wrinkles: Facts on Treatments and Cosmetic Procedures. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/wrinkles/article.htm)
Wrinkle creams: Your guide to younger looking skin. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/wrinkles/in-depth/wrinkle-creams/art-20047463)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app