4 Fakta Mengenai Teh Detoks yang Harus Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
4 Fakta Mengenai Teh Detoks yang Harus Anda Ketahui

Teh detoks seringkali dianggap sebagai salah satu cara ampuh dalam menurunkan berat badan di mana produk teh alami tersebut dipercaya bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat dan bekerja secara efektif. Menurut beberapa orang yang telah menerapkannya dalam program penurunan berat badan, teh detoks memang cukup ampuh.

Tetapi kondisi tersebut tidak murni dikarenakan faktor teh detoks saja, tetapi juga diimbangi dengan penerapan pola makan yang sehat, olahraga teratur, serta minum air putih sesuai kebutuhan harian. Karena dalam menjaga berat badan ideal, setiap orang memerlukan usaha yang tepat dan berfokus pada kesehatan secara keseluruhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Baca juga: Panduan Mendapatkan Berat Badan Ideal Bagi Wanita

Sekilas mengenai teh detoks

Jenis teh ini diklaim bisa membersihkan sistem pencernaan secara keseluruhan sehingga berat badan ideal bisa tercapai. Proses pembersihan saluran cerna tersebut tidak hanya bisa menurunkan berat badan tetapi juga dapat meningkatkan energi tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi teh detoks cukup aman dan tidak akan berdampak pada stamina tubuh karena pasokan energi dapat tetap terjaga.

Teh detoks biasanya terbuat dari bahan alami yang bebas pengawet dan sama seperti teh pada umumnya, produk alami ini juga mengandung kafein. Adapun jenis bahan herbal yang terkandung dalam teh detoks di antaranya sereh, jahe, dan biji adas. Manfaat bahan alami tersebut adalah untuk mempercepat proses pembakaran lemak, membantu sistem pencernaan, serta menjaga kadar gula darah.

4 Fakta Mengenai Teh Detoks yang Harus Anda Ketahui

Teh detoks memang berkhasiat untuk melancarkan proses diet agar berat badan ideal bisa didapatkan, meski begitu ada 4 fakta penting mengenai teh detoks yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan kafein dan obat diuretik yang ada pada teh detoks dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh untuk itu Anda disarankan untuk minum air putih lebih banyak agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, teh detoks juga bisa bekerja sebagai pencahar yang mengakibatkan usus bergerak dengan cepat untuk mengeluarkan kotoran melalui sistem pencernaan. 

Hilangnya cairan dalam tubuh tersebut dapat menimbulkan efek badan terasa lebih ringan sehingga dianggap ampuh menurunkan berat badan, tetapi penurunan berat badan yang dirasakan tersebut  tidak selalu berupa pembuangan lemak melainkan karena cairan dalam tubuh yang berkurang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Baca juga: Cara Meningkatkan Bakteri Baik Dalam Saluran Pencernaan

2. Memiliki efek samping tertentu

Komposisi teh detoks juga mengandung beberapa ramuan tambahan yang bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan, mempercepat penurunan berat badan, serta mengubah sistem metabolisme pada tubuh. 

Senna yang merupakan tanaman pencahar alami sering dicampurkan ke dalam ramuan teh detoks. Bahan alami ini dapat memberikan efek samping yang membuat perut terasa tidak nyaman seperti perut kram, kembung, mual, dan diare. 

Pemakaian teh detoks yang berlebihan juga dapat memicu penurunan kalium, penurunan elektrolit, irama jantung yang abnormal, serta kejang otot.

3. Membuat susah tidur

Meski terbuat dari bahan alami, namun teh detoks tetap mengandung kafein. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi teh detoks secara berlebihan bisa mengganggu jam tidur yang mengakibatkan kualitas tidur menjadi berkurang. 

Kondisi ini juga dapat memicu keinginan untuk makan secara berlebihan serta terjadinya perlambatan sistem metabolisme tubuh dan tentunya mempengaruhi keinginan memperoleh berat badan ideal.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Baca juga: Cara Mengatasi Sulit Tidur

4. Anda harus tetap berolahraga dan menerapkan pola makan yang sehat

Untuk menurunkan berat badan, tidak cukup hanya dengan minum teh detoks saja tetapi harus diikuti dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta minum air putih yang cukup. Dalam kemasan teh detoks biasanya ada pantangan makanan dan minuman yang harus dipatuhi agar hasil maksimal bisa didapatkan.

Apakah teh detoks aman untuk diet?

Konsumsi teh detoks untuk diet sangat aman selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Tak hanya bergantung pada teh detoks saja, tetapi Anda juga membutuhkan usaha yang lebih keras untuk bisa menurunkan berat badan. Imbangi konsumsi teh detoks dengan menerapkan pola makan yang sehat serta melakukan olahraga secara rutin. 

Demi kesehatan dan berat badan ideal, asupan air putih juga harus terpenuhi agar tubuh tidak terlalu banyak kehilangan cairan sebagai reaksi dari penggunaan teh detoks untuk diet.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app