4 Cara Efektif agar Cepat Berhenti Merokok

Berhenti merokok memang tidak gampang. Jika sudah kecanduan maka akan sulit untuk dihentikan. Namun, bukan berarti tidak ada cara efektif untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.
Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Cara Efektif agar Cepat Berhenti Merokok

Jika sudah terlanjur menjadi perokok aktif, maka akan sulit dihentikan. Apalagi sudah menjadi perokok bertahun-tahun lamanya. Berhenti merokok memang tidak gampang. Jika sudah kecanduan maka akan sulit untuk dihentikan. Namun, bukan berarti tidak ada cara efektif untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Berolahraga

Selain baik untuk kesehatan, berolahraga juga bisa menghentikan kegiatan merokok. Melakukan olahraga ringan secara rutin dapat membantu proses kecanduan merokok. 

Menurut dokter, olahraga bisa meningkatkan mood dan kesadaran serta mampu meningkatkan energi dan menghilangkan stres akibat merokok di waktu senggang.

Anda bisa mencoba mulai dengan olahraga ringan seperti jogging. Lakukanlah secara rutin tiap pagi. Lama kelamaan maka kecanduan merokok akan hilang secara perlahan. Memang butuh proses dan tiap orang memiliki panjang waktu yang berbeda-beda.

2. Beritahu teman dan keluarga

Anda bisa meminta dukungan kepada teman maupun keluarga agar bisa lebih cepat berhenti merokok. Jika keluarga dan teman-teman Anda tahu kalau Anda sedang menjalani berhenti dari kecanduan merokok, maka mereka akan turut mengingatkan jika Anda secara tidak sengaja kembali mengisap rokok.

Anda juga harus memilih teman bergaul. Jika teman-teman Anda dari kalangan perokok, maka untuk berhenti dari kebiasaan buruk ini akan semakin sulit. Tidak sedikit orang yang mulai merokok karena berada pada lingkungan yang mayoritasnya juga perokok.

Usaha berhenti merokok ini harus didukung dengan lingkungan sekitar. Tidak bisa hanya dari diri Anda sendiri karena setiap orang pasti pelupa. Bisa jadi Anda lupa dan kembali merokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Oleh karenanya, Anda bisa bergabung dengan komunitas yang anggotanya juga ingin berhenti merokok. Sehingga energi yang ditularkan akan sama.

3. Sibukkan diri anda

Cara lain untuk berhenti merokok yakni dengan membuat diri Anda lebih produktif dan sibuk. Orang merokok biasanya di waktu senggang, sehingga jangan biarkan diri Anda memiliki waktu senggang tersebut. Anda bisa dengan melakukan hobi Anda yang mungkin saat ini jarang dilakukan.

Hal ini akan membawa banyak perubahan, setidaknya Anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit jumlah rokok yang dihisap, misalnya biasanya habis 2 pack maka bisa berkurang menjadi 1 pack dan begitu seterusnya hingga kebiasaan merokok hilang. 

Tidak bisa sebulan atau dua bulan, bisa jadi berbulan-bulan sehingga Anda harus bersabar.

Dengan begitu, Anda akan lupa pada kebiasaan merokok dengan sendirinya dan tidak perlu untuk mencari bahan pengalih lain untuk membantu melepaskan Anda dari nikotin yang sebelumnya telah membuat Anda menjadi kecanduan.

4. Kenali pemicu merokok

Keadaan seperti apa yang membuat Anda merokok? Anda harus mengetahui pemicunya terlebih dulu. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengontrol keinginan untuk kembali menyentuh rokok. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Misalnya jika Anda merokok untuk menghilangkan stres, catatlah hal tersebut dan perkirakan bagaimana caranya untuk mengatasi stres Anda tanpa harus merokok.

Anda bisa mengganti makanan Anda yang biasanya didominasi oleh daging menjadi lebih banyak sayur dan buah, hal tersebut dapat mengurangi keinginan Anda untuk merokok. Selain itu, Anda mungkin dapat mengubah kebiasaan Anda setelah makan. 

Jika Anda terbiasa langsung merokok, Anda dapat mencuci piring dan membereskan meja.

Cara berhenti merokok seefektif apa pun tidak akan manjur jika Anda tidak memiliki motivasi yang kuat untuk berhenti merokok. Tumbuhkan motivasi dan terapkan cara berhenti merokok yang efektif agar Anda dapat terhindar dari kebiasaan merokok ini. 

Jangan lupa, sharing dengan orang-orang terdekat atau teman-teman terbaik.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What happens after you quit smoking? A timeline. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317956)
Five ways to quit smoking. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319460)
Quitting smoking: 10 ways to resist tobacco cravings. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/quit-smoking/in-depth/nicotine-craving/art-20045454)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app