3 Pose Yoga untuk Seks yang Lebih Bergairah

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Pose Yoga untuk Seks yang Lebih Bergairah

Yoga memiliki manfaat yang sangat beragam, mulai dari manfaat untuk kesehatan fisik, maupun manfaat untuk kesehatan psikis. Penelitian menunjukkan bahwa dengan berlatih yoga secara teratur, Anda dapat mengurangi tingkat stres dalam tubuh dengan cara menurunkan tingkat kortisol

Tentu kita tahu, stres yang berlebihan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh, terutama dapat berdampak pada kehidupan seksual. Stres dapat menurunkan hasrat seksual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Yoga, selain sebagai penghilang stres, penurun berat badan dan pelancar pencernaan, rupanya yoga memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan seks Anda. 

Terdapat beberapa gerakan dari olahraga yoga yang dapat mendorong Anda untuk membuat sesi bercinta menjadi lebih panas. Sebuah penelitian mengamati 40 wanita yang berlatih yoga selama 12 minggu. Hasil penelitian menunjukkan, 40 wanita tersebut memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

Manfaat lain dari yoga adalah yoga mampu membantu Anda mendengarkan tubuh Anda dan mengendalikan pikiran Anda. Untuk apakah hal ini? 

Tentu dengan mendengarkan tubuh dan mengendalikan pikiran, Anda akan tahu berbagai hal yang Anda suka dan yang tidak Anda suka. Ini akan mengarahkan Anda supaya Anda lebih terbuka untuk mengomunikasikan perasaan Anda terlebih pada pasangan Anda.

Berikut ini adalah 3 gerakan yoga yang dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual Anda dengan pasangan :

  • Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)
  • Cat Pose (Marjaryasana) dan Cow Pose (Bitilasana)
  • Happy Baby (Ananda Balasana)

Cara melakukan Bridge Pose :

  • Pose dimulai dengan posisi berbaring terlentang, kemudian tekuk kedua lutut Anda dan posisikan kaki Anda selebar pinggul dengan lutut sejajar dengan pergelangan kaki.
  • Letakkan tangan Anda di lantai dengan telapak tangan menempel di lantai, kemudian renggangkanlah jari-jari Anda
  • Angkat daerah panggul Anda, biarkan tubuh Anda mengikuti tapi pastikan bahu dan kepala Anda tetap di lantai
  • Tahan pose ini selama 5 detik, kemudian lepaskan

Pose ini akan membantu Anda untuk memperkuat dasar panggul, dengan menguatnya otot-otot ini, rasa sakit saat berhubungan seks dapat berkurang bahkan dapat membuat hubungan seksual Anda terasa lebih baik.

Cara melakukan Cat Pose dan Cow Pose :

  • Pose dimulai dengan posisi merangkak. Anda harus memastikan bahwa pergelangan tangan Anda berada di bawah bahu dan lutut Anda sejajar dengan pinggul. Jaga agar tulang punggung stabil dan berat badan Anda seimbang atau merata di seluruh tubuh
  • Saat melihat ke atas, tariklah nafas dan biarkan perut Anda melengkung ke lantai. Angkat mata, dagu dan dada saat Anda meregang
  • Buang napas Anda, masukan dagu ke dada Anda dan tarik pusar ke arah tulang belakang. Bulatkan tulang belakang Anda ke arah langit-langit.
  • Bergeraklah perlahan antara keduanya selama kurang lebih 1 menit

Pose ini akan membantu Anda menenagkan dan melonggarkan tulang belakang serta menurunkan tingkat stres tubuh secara keseluruhan hingga membuat suasanahati Anda menjadi lebih tenang.

Cara melakukan pose Happy Baby :

  • Pose dimulai dengan berbaring terlentang, kemudian tekuk lutut Anda ke arah perut dengan mengeluarkan napas
  • Tariklah napas dan ambil untuk meraih bagian luar kaki Anda
  • Lebarkan lutut Anda. Anda juga dapat menggunakan ikat pinggang atau handuk di atas kaki Anda untuk membuatnya lebih mudah
  • Lenturkan kaki Anda, dorong tumit ke atas saat Anda menarik ke bawah dengan tangan untuk meregangkan badan

Pose ini merupakan pose rileks untuk otot pantat dan punggung bagian bawah. Pose ini juga berfungsi sebagai variasi posisi misionaris. Anda dapat mencobanya di tempat tidur, mulailah dengan posisi misionaris dengan posisi pasangan Anda berada di atas, kemudian rentangkan kaki Anda dan lilitkan di sekitar tubuh pasangan Anda.

Demikian tiga dari banyak gerakan yoga yang mampu membuat hubungan seks menjadi lebih bergairah. Selain tiga pose di atas, ada juga gerakan-gerakan lain seperti One-Legged Pigeon (Eka Pada Rajakapotasana), Child’s pose (Balasana) dan Corpse Pose (Savasana) yang ketiganya membantu Anda untuk mengurangi stres dan membuat hubungan seksual menjadi lebih berkualitas. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Katuri K, et al. (2016). Association of yoga practice and serum cortisol levels in chronic periodontitis patients with stress-related anxiety and depression. DOI: (https://doi.org/10.4103/2231-0762.175404)
Dhikav V, et al. (2010). Yoga in female sexual functions. DOI: (https://doi.org/10.1111/j.1743-6109.2009.01580.x)
Sex Yoga: 6 Postures and Benefits for a Better Sex Life. Healthline. (https://www.healthline.com/health/sex-yoga)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app