Vitamin Untuk Kulit Sehat Setiap Hari

Dipublish tanggal: Jul 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Vitamin Untuk Kulit Sehat Setiap Hari

Kulit sehat tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Warna yang cerah dan tekstur yang indah menjadi ciri khas utamanya. Memperoleh kulit yang cantik dan sehat bukanlah hal yang sulit, mengkonsumsi vitamin menjadi rahasia paling ampuh.

Vitamin terdapat dalam berbagai jenis makanan seperti sayur dan buah-buahan. Kenali vitamin yang terdapat di dalam makanan agar kebutuhan vitamin dalam tubuh tetap terjaga setiap hari. Masing-masing vitamin memiliki fungsi tersendiri bagi kulit, maka cukupi porsi setiap vitamin dengan seimbang.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Jenis Vitamin yang diperlukan setiap hari agar memperoleh kulit sehat

1. Vitamin E

Tubuh secara alami memproduksi vitamin E melalui sebum, yaitu minyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Fungsi sebum adalah membantu menjaga kulit dari kekeringan.

Namun, jika memiliki kulit yang sangat kering, solusi terbaik adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. 

Vitamin E terdapat pada makanan seperti bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun. Vitamin E juga dapat Anda temukan di dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Manfaat vitamin E sudah sangat dikenal untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini bisa diandalkan untuk:

  • Menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembut
  • Memulihkan kulit yang kasar dan kering
  • Menyamarkan bekas luka yang sulit hilangl
  • Mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV dari matahari
  • Mengatasi iritasi kulit

Menurut penelitian, rata-rata orang dewasa butuh vitamin E sebesar 15 mg dalam sehari. Jika makanan saja tidak cukup, sebaiknya konsumsi suplemen vitamin E. Namun sebelum membeli, konsultasikan ke dokter pribadi karena terlalu banyak vitamin E di dalam tubuh juga akan menyebabkan diare, perut kram, hingga sakit kepala.

2. Vitamin C

Vitamin C memiliki fungsi sebagai antioksidan. Vitamin C tidak hanya dapat membuat sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit infeksi, tapi juga baik bagi kesehatan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Dalam vitamin C juga mengandung kolagen, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit dari dalam. Karenanya vitamin C selalu menjadi salah satu bahan utama dalam produk perawatan kulit anti penuaan (anti aging).

Manfaat vitamin C untuk kulit diketahui untuk:

  • Membantu menyamarkan noda hitam di kulit
  • Mengurangi kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka
  • Mencegah penuaan dini atau kerutan di wajah
  • Mencegah dan mengatasi kulit kering
  • Melindungi kulit dari sinar matahari berbahaya

Vitamin C yang harus didapatkan orang dewasa dalam satu hari adalah sebanyak 90 miligram untuk laki-laki dan 75 miligram untuk wanita. Vitamin C bisa ditemukan pada beragam jenis buah dan sayuran seperti, jeruk, paprika, stroberi, kembang kol, dan sayuran hijau.

Jika diperlukan, terdapat banyak suplemen yang mengandung vitamin C, namun perlu diingat bahwa menggunakan suplemen atau suntik vitamin C harus dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter. Jika berlebihan, Anda akan mengalami gangguan seperti diare, mual, dan muntah.

3. Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun tahukah Anda, vitamin A juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. 

Banyak penelitian menyatakan bahwa vitamin A punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit seperti:

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1
  • Membantu mengendalikan jerawat
  • Mengurangi kerutan dan garis halus
  • Menghaluskan kulit
  • Mengatasi bercak kusam pada wajah
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan memelihara jaringan sehat

Asupan harian vitamin A bisa didapatkan melalui beragam jenis makanan, diantaranya ubi jalar, wortel, dan sayuran berdaun hijau tua. Orang dewasa membutuhkan vitamin A sebanyak 60 miligram setiap harinya. 

Vitamin A dapat ditemukan pada berbagai jenis perawatan kecantikan, seperti krim wajah atau krim untuk mata. 

Contohnya Retinoid, membantu mempercepat tingkat pergantian sel. Hal ini membuat tekstur dan warna kulit lebih cerah. Selain itu, retinoid dapat mengobati jerawat dengan efektif dan zat yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. 

Perhatikan jumlah konsumsi suplemen yang mengandung vitamin A, karena kelebihan vitamin A di dalam tubuh bisa menimbulkan efek samping seperti  menurunnya nafsu makan, gangguan kesehatan tulang, mual dan muntah, hingga penglihatan kabur.

4. Vitamin B Kompleks

Beberapa vitamin B kompleks dapat meningkatkan kesehatan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan dermatitis karena vitamin B dapat membantu tubuh memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. 

Vitamin B5 atau asam pantotenat membantu mengatasi jerawat dan penuaan kulit, sedangkan Vitamin B3 atau niacinamide banyak digunakan untuk membantu mengurangi munculnya bintik-bintik penuaan dan perubahan warna kulit. 

Vitamin B kompleks terdapat dalam berbagai jenis makanan, seperti oatmeal, beras, telur, dan pisang. Dalam Vitamin B kompleks terkandung biotin yang merupakan dasar pembentuk kuku, kulit, dan sel rambut.

Ada banyak krim perawatan kulit yang mengandung vitamin B kompleks. Biasanya, krim tersebut mudah diserap ke dalam sel kulit dan membuat kulit menjadi terlihat lebih bercahaya. 

Kelebihan vitamin B kompleks juga dapat menyebabkan keracunan dan berbagai gangguan fungsi tubuh, maka konsultasikan kepada dokter sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin B kompleks. 

5. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam meringankan peradangan pada kulit. Peradangan menyebabkan kulit mengalami iritasi hingga mengalami masalah seperti jerawat dan eksim.

Vitamin D tak hanya baik untuk membantu kulit memperbaiki diri dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Manfaat lainnya Vitamin D berfungsi untuk kekuatan tulang dan gigi. 

Vitamin D alami yang bagus untuk kesehatan kulit adalah Susu, sereal, salmon, tuna, kuning telur, dan hati sapi. 

Selain itu, sinar matahari pagi juga termasuk sumber vitamin D alami yang baik untuk kulit. Berjemur 10 hingga 15 menit untuk setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Bila merasa kekurangan Vitamin D, konsultasikan kepada dokter dan mintalah resep untuk suplemen Vitamin D.

6. Vitamin K

Vitamin K digunakan dalam komposisi dari krim steroid yang merupakan obat jerawat atau untuk masalah kulit. Mengoleskan krim yang mengandung Vitamin K bisa membantu memudarkan perubahan warna kulit dan mengurangi keriput. 

Vitamin K terbukti dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti:

  • Bekas luka
  • Bintik hitam
  • Lingkaran hitam di bawah mata
  • Stretch mark

Vitamin K yang dibutuhkan oleh orang dewasa dalam satu hari yaitu 65 mikrogram untuk laki-laki dan 55 mikrogram untuk wanita. Perbanyak asupan Vitamin K dengan mengkonsumsi beragam jenis makanan seperti sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi.

Terlalu banyak vitamin K bisa membuat darah menjadi menggumpal. Karenanya, konsultasikan pada dokter untuk takaran vitamin K yang baik untuk dikonsumsi sesuai kondisi tubuh.

Hindari asupan suplemen berlebih

Untuk mengecek kadar vitamin dalam tubuh, Anda bisa melakukan tes darah. Hasilnya akan menentukan apakah tubuh mengalami kekurangan vitamin tertentu atau tidak. Keuntungan lainnya, dokter juga akan memberikan rekomendasi suplemen apa yang diperlukan dan aman bagi tubuh.

Konsumsi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh sesuai usia dan jenis kelamin Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Female Reproductive Organ Anatomy: Overview, Gross Anatomy, Microscopic Anatomy. Medscape. (https://emedicine.medscape.com/article/1898919-overview)
Female Reproductive System: Diagram, Functions, Anatomy. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/female_reproductive_system/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app