Varenicline: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 18, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 30, 2019 Waktu baca: 3 menit

Merokok adalah salah satu kebiasaan yang sangat sulit diubah. Walaupun, pada iklan rokok sekalipun telah tertulis “merokok dapat membunuhmu”, peningkatan perokok baru setiap tahunnya tetap saja tinggi. 

Sebenarnya bagi perokok lama, merokok bukan lagi suatu keinginan, tetapi merokok sudah menjadi suatu kebutuhan yang mana jika mereka tidak merokok dalam waktu 1 jam saja, mereka akan langsung merasakan efeknya seperti timbul rasa cemas, berkeringat, gelisah, irama jantung yang tidak normal dan gejala-gejala penarikan lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Oleh karena itu, jika seseorang yang telah merokok selama puluhan tahun, dukungan moril dan semangat tidaklah cukup. Mereka membutuhkan obat-obatan yang dapat melawan efek penarikan yang membuat mereka sulit untuk lepas dari kebiasaan tersebut.

Varenicline adalah obat yang digunakan untuk mengobati kecanduan nikotin. Obat ini mengurangi keinginan dan efek menyenangkan dari rokok dan produk tembakau lainnya. Obat ini adalah obat yang paling baru disetujui dan cukup efektif digunakan untuk berhenti merokok.

Mengenai Varenicline

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

-

Kandungan:

Obat pelawan nikotin

Bagaimana obat Varenicline bekerja?

Untuk menciptakan efek yang menyenangkan dari rokok, nicotine merangsang reseptor α4β2 sehingga mengeluarkan dopamin. Dopamin adalah suatu zat kimia di otak yang bertanggung jawab untuk menciptakan suasana hati yang baik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Walaupun berbeda dengan nicotin yang merangsang reseptor α4β2, Varenicline yang hanya merangsang reseptor α4β2 sebagian, menghasilkan lebih sedikit efek pelepasan dopamin daripada reseptor nikotin. Tetapi penggunaan obat ini diyakini dapat mengurangi keperluan penggunaan nikotin, karena Vareniclin dapat menggantikan sebagian fungsi dari nikotin itu sendiri.

Perlu diingat, obat ini tidak bisa digunakan hanya sebagai satu-satunya senjata untuk melawan kebiasaan merokok. Anda tetap membutuhkan konseling dari ahli dan dukungan dari keluarga, rekan teman dan yang paling penting Anda membutuhkan keinginan yang sangat kuat untuk dapat berhenti merokok.

Bagaimana cara penggunaan obat Varenicline?

Varenicline tersedia dalam bentuk tablet dengan sediaan 0.5 mg dan 1 mg. Pasien harus menjalani pengobatan menggunakan Varenicline selama 12 minggu. Penggunaan Varenicline adalah 1 mg perhari selama 12 minggu, tetapi pada minggu pertama terapi, dosisnya perlu dinaikan bertahap dari 0.5mg kemudian dinaikan menjadi 1 mg pada minggu kedua.

Untuk pasien yang telah berhasil berhenti merokok pada akhir 12 minggu, pengobatan tambahan 12 minggu dengan Varenicline 1 mg dua kali sehari dapat dipertimbangkan untuk mempertahankan efeknya.

Pendekatan bertahap untuk berhenti merokok dengan menggunakan Varenicline harus dipertimbangkan untuk pasien yang tidak mampu atau mau berhenti secara tiba-tiba. Pasien harus mengurangi merokok selama 12 minggu pertama pengobatan dan berhenti pada akhir periode perawatan itu. Pasien kemudian harus melanjutkan mengambil Varenicline selama 12 minggu tambahan untuk total 24 minggu perawatan.

Pasien yang telah menggunakan Varenicline namun tidak mendapatkan hasil yang diinginkan atau pasien yang sudah sembuh tetapi kambuh, dapat memulai strategi baru dalam menggunakan Varenicline. Konsultasi dengan dokter mungkin diperlukan untuk melakukan penyesuaian dosis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pasien yang tidak dapat mentolerir efek samping dari Varenicline dapat menurunkan dosis sementara atau permanen menjadi 0,5 mg dua kali sehari.

Dalam terapi berhenti merokok, risiko kambuh merokok dapat meningkat pada periode segera setelah akhir pengobatan. Pada pasien dengan risiko tinggi kambuh, peningkatan dosis dapat dipertimbangkan.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan bersamaan dengan penggunaan Varenicline?

Rasa mual ringan adalah efek samping yang paling umum (terjadi pada sekitar 30% orang. Efek samping lain yang kurang umum termasuk:

  • sakit kepala
  • sulit tidur
  • mimpi buruk

Efek samping yang mungkin terjadi lainnya termasuk perubahan cita rasa, muntah, sakit perut, perut kembung, dan sembelit.

Interaksi Varenicline dengan produk obat lain dan bentuk interaksi lainnya

Berdasarkan karakteristik Varenicline dan pengalaman klinis hingga saat ini, penggunaan obat ini tidak memiliki interaksi obat yang bermakna secara klinis. Namun selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang menjalani pengobatan dengan obat-obatan lain.

Walaupun tidak ada laporan atau data penelitian mengenai efek samping serius yang bisa timbul bersamaan dengan penggunaan Varenicline pada ibu hamil dan menyusui, Penggunaan Varenicline pada ibu hamil tetap harus dilakukan di bawah pengawasan tenaga medis profesional.


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Varenicline for Smoking Cessation. American Academy of Family Physicians (AAFP). (https://www.aafp.org/afp/2017/0901/od1.html)
Desai RJ, Good MM, San-Juan-Rodriguez A, et al. Varenicline and Nicotine Replacement Use Associated With US Food and Drug Administration Drug Safety Communications. JAMA Netw Open. 2019;2(9):e1910626. doi:10.1001/jamanetworkopen.2019.10626. JAMA Network. (https://jamanetwork.com/journals/jamanetworkopen/fullarticle/2749237)
Chantix (varenicline) dose, indications, adverse effects, interactions. PDR.net. (https://www.pdr.net/drug-summary/Chantix-varenicline-466.8318)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app