Vaksin Pranikah : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Feb 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.118.589 orang

Kita pasti sudah mengenali tentang vaksin. Vaksin sangat dibutuhkan pada kehidupan kita. Vaksin bekerja memberikan proteksi bagi tubuh kita dari masuknya infeksi. 

Vaksin sangat dianjurkan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pada orang dewasa, vakin ternyata juga sangat penting terlebih pada pasangan yang ingin menjalankan pernikahan. Apa saja vaksin pranikah yang perlu diberikan dan seberapa pentingnya?

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Apa itu Vaksin

Vaksin merupakan produk antigen yang diberikan melalui sarana kesehatan sebagai proteksi dalam menjaga kekebalan tubuh. Pemberian vaksin sangatah beragam, mulai dari oral, suntikan, serta semprot sesuai dengan jenis vaksinya.

Terkait dengan masa pernikahan, banyak persiapan yang perlu dilakukan mulai dari tempat, dekorasi gedung, sajian makanan, upacara keagamaan, dan lainnya demi kelancaran pernikahan. 

Namun ada salah satu kebutuhan yang tidak boleh dilupakan terkait kesehatan pasangan dan keluarga nanti, yaitu vaksin pranikah.

Jenis-jenis Vaksin

Selain perbedaan dari cara pemberian vaksin, jenis vaksin pun juga beragam bergantung pada sifatnya dalam melawan infeksi virus dan bakteri yang dapat memungkinkan untuk masuk ke dalam tubuh. Jenis vaksin yang perlu dikenal antara lain:

  • Vaksin Hidup
    Vaksin yang dapat bertahan seumur hidup dan memberikan respon imun tubuh hanya dengan suntik bertahap ( satu hingga dua kali suntik bergantung pada tipe vaksinnya). Vaksin jenis ini diperlukan saran penyimpanan di lemari pendingin unttuk menjaga kualitas vaksin agar tetap hidup. Beberapa contoh vaksin hidup antara lain vaksin BCG , MR (campak dan rubella), influenza, dan vakin cacar.
  • Vaksin Mati
    Vaksin DPT (difteri, pertusis, dan tetanus), serat vaksin polio merupakan contoh vaksin mati. Vaksin booster juga termasuk di dalamnya.
  • Vaksin Toksoid
    Vaksin ini bertujuan untuk membunuh racun yang dihasilkan oleh bakteri yang menginfeksikan dan mengganggu sitem kekebalan tubuh. Salah satu contoh vaksin teserbut yaitu tetanus toksoid.
  • Vaksin Biosintetik
    Vaksin jenis ini memiliki strutur protein yang dapat menghasilkan kekebalan tubuh. Beberapa bahan lainnya sepeerti formalin, antibiotik, serta gelatin juga bermanfaat dalam pembentukan vaksin. Vaksin jenis itu cukup kuat dalam mempertahankan diri dari suhu hangat dan cahaya. Vaksin Hib merupakan salah satu contoh vaksin biosintetik.

Vaksin yang diberikan pada masa Pranikah

Vaksin pranikah sangat penting bagi calon pengantin. Meskipun tidak wajib dilakukan, ternyata vaksin ini dapat membantu mengurangi presentasi kecacatan dan infeksi bayi saat lahir. Vaksin sendiri dapat menjaga ibu dari infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh terutama pada masa kehamilan.

Berikut adalah beberapa contoh vakin yang penting diberikan saat masa pra nikah.

  • Vaksin Tetanus
    Tetatus merupakan vaksin yang sangatlah penting dan dibutuhkan pada seluruh calon pengantin sebelum membuat berkas di KUA (Kantor Urusan Beragama). Vaksin tetanus merupakan jenis vaksin toksoid yang bertujuan untuk mencegah infeksi tetanus pada masa kehamilan. Waktu pemberian adalah 1 bulan sebelum menikah.
  • Vaksin MR
    Vaksin MR (campak dan rubella). Vaksin ini bertujuan untuk mencegah kecacatan pada bayi yang dilahirkan seperti buta kongenital, rubella kongenital, dan tuli, kelainan jantung kongenital, dan gangguan saraf dari lahir. Dokter akan menanyakan riwayat vaksin MR, apabila belum dilakukan maka vaksin dapat diberikan sebelum nikah.
  • Vaksin Hepatitis
    Hepatitis menjadi penyakit yang mudah menular akibat infeksi dari jenis virus hepatitis yang berbeda. Yang menjadi tujuan utama vaksin hepatitis adalah untuk terhindar dari virus hepatitis B yang dapat menular dari hubungan seksual dan cairan tubuh. Vaksin hepatitis dapat menghindari kita dari penyakit kuning dan gangguan organ hati.
  • Vaksin Varicella
    Vaksin Varicella Zoster atau cacar air sangat penting terutama untuk mencegah kecacatan bayi lahir. Bayi yang lahir dengan infeksi cacar air dapat beresiko menderita gangguan mata, bentuk kepala yang abnormal, dan gangguan mental.
  • Vaksin Kanker Serviks
    Kanker serviks menjadi penyakit yang marak dibicarakan banyak orang, Berbagai iklan mulai dari media televisi dan di sarana kesehatan sangat menganjurkan semua wanita untuk melakukan vaksin kanker serviks. Vaksin HPV ( Human Papiloma Virus) dapat diberikan mulai pada usia 10 tahun dan diberikan bertahap sebanyak 3 kali.             

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp