GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Ulthera, Perawatan Kecantikan Wajah Tanpa Operasi

Dipublish tanggal: Jan 28, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 19, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ulthera, Perawatan Kecantikan Wajah Tanpa Operasi

Saat ini teknologi perawatan kecantikan wajah terus berkembang dan sudah sangat bervariasi. Teknologi tersebut dapat membantu mempercantik wajah tanpa harus merasakan sakit dalam menjalankan treatment kecantikan. Beberapa perawatan kecantikan yang mungkin sudah familiar, di antaranya botox, filler, facial fitness, tarik benang, mikrodermabrasi, hingga setrika wajah. Selain itu, ada teknologi perawatan kecantikan lain yang dapat dilakukan tanpa melalui pembedahan, yaitu ulthera.

Ulthera atau ultherapy adalah teknologi perawatan kecantikan wajah yang digunakan untuk mengecangkan kulit dengan memproduksi kolagen alami dan menggunakan teknologi gelombang suara (ultrasound) yang berfokus untuk mengangkat dan mengencangkan kulit bagian wajah, leher, dan dada, serta menghangatkan lapisan dalam kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 16

Ulthera yang juga merupakan alternatif perawatan wajah non-bedah (non-invasif) tanpa jahitan ataupun suntikan ini dapat membantu mengencangkan kulit yang kendur, menghilangkan double chin atau membentuk wajah V-shape, serta mengurangi kerutan akibat faktor penuaan. Prosedur ultherapy hanya membantu memperkuat jaringan di bawah kulit, tetapi tidak menghilangkan lemak di bagian wajah.

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

Prosedur dan efek samping ultherapy

Proses pengencangan kulit melalui ultherapy tidak memerlukan persiapan apapun. Tetapi patut diperhatikan untuk tidak menggunakan produk perawatan wajah apapun pada area perawatan ultherapy. Selain itu, sebelum memulai prosedur ultherapy, wajah Anda akan dibersihkan kembali dengan menggunakan gel ultrasonik agar minyak atau residu yang menempel pada wajah dapat terangkat.

Umumnya ulthera akan berlangsung selama 30-90 menit tanpa dilakukan operasi atau sayatan apapun dan tidak memerlukan anestesi. Ultherapy akan memfokuskan area di bawah kulit melalui gelombang ultrasonik (ultrasound) yang diatur dengan suhu yang tepat (sekitar 60-70 derajat celcius) dalam mendukung regenerasi pembentukan kolagen alami. Tindakan ultherapy yang masuk ke lapisan kulit terbagi menjadi 3 kedalaman, yaitu 1,5 mm, 3,0 mm, dan 4,5 mm.

Energi panas yang terbentuk akan mempengaruhi lapisan kulit, otot, dan kerutan yang sudah mulai terbentuk dengan merangsang pembentukan kolagen dan jaringan elastis sehingga kulit yang tadinya sudah mengendur dapat menjadi lebih kencang. Area yang paling umum untuk dilakukan ultherapy adalah bagian wajah (alis dan dagu), leher, dan dada.

Baca juga: Manfaat Kolagen dan Cara Meningkatkan Kolagen Secara Alami

Iklan dari HonestDocs
Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 16

Setelah ultherapy selesai dilakukan mungkin akan menimbulkan sensasi panas dan kesemutan yang akan segera mereda seiring selesainya proses perawatan. Tetapi beberapa efek samping lain yang mungkin muncul dalam jangka pendek setelah selesainya ultherapy antara lain kesemutan, mati rasa, memar, dan munculnya warna kemerahan di sekitar area tindakan.

Tetap lakukan kebiasaan sehari-hari secara rutin, termasuk berolahraga, minum air putih yang cukup, dan penuhi kebutuhan tidur pada sebelum dan sesudah prosedur ultherapy dilakukan. Hasil ultherapy biasanya baru mulai terlihat secara perlahan setelah beberapa hari  perawatan hingga 2-3 bulan ke depan, tergantung dari kemampuan tubuh dalam memproduksi kolagen baru dan melawan proses penuaan alami. Karena ultherapy bekerja untuk meningkatkan produksi kolagen secara bertahap sehingga dapat menjaga kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan hasil maksimal terutama untuk memiliki kulit lebih awet muda, prosedur ultherapy bisa dilakukan secara rutin setahun sekali. Perawatan ultherapy juga bisa dikombinasikan dengan perawatan wajah lainnya, termasuk laser, botox, dan filler secara aman, tetapi pastikan untuk berkonsultasi terlebih lebih dahulu dengan dokter kecantikan Anda agar tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari yang justru dapat merusak kesehatan kulit wajah.

Baca juga: Perawatan Wajah oleh Dokter Kecantikan

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. Ultherapy: Nonsurgical Alternative to Facelift. (https://www.healthline.com/health/ultherapy). 11 Mei 2017

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apakah Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) Ampuh Atasi Jerawat?
Apakah Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) Ampuh Atasi Jerawat?

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa setelah 2 minggu pasien yang melakukan perawatan IPL, jumlah komedo, jerawat yang meradang, dan bekas luka mengalami penurunan sekitar 51,8% sampai 64,7%.

Buka di app