Trik Berhenti Merokok Meski Tinggal di Lingkungan Perokok

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 28, 2019 Waktu baca: 2 menit
Trik Berhenti Merokok Meski Tinggal di Lingkungan Perokok

Berhenti merokok menjadi cara terberat yang sering kali membuat para perokok merasa keberatan untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Terlebih lagi bagi Anda yang sering kali dikelilingi orang yang perokok juga, tentunya hal ini menjadi cobaan bagi Anda.

Untuk benar-benar terlepas dari kebiasaan merokok meskipun di sekitar Anda perokok semua, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. karena masih ada trik yang dapat Anda lakukan agar rencana Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok dapat terwujud dan tidak kembali kambuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada banyak trik yang bisa untuk Anda lakukan agar kebiasaan merokok Anda bisa hilang secara permanen. Untuk mengetahui apa saja trik nya, Anda bisa mengetahuinya melalui ulasan berikut ini:

Matangkan tekad dan niat Anda

Jika Anda benar-benar ingin menghentikan kebiasaan merokok, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda mampu melakukannya. Apabila rasa ingin merokok kembali muncul, maka tekankan pada diri Anda sendiri apa alasan Anda ingin berhenti merokok. 

Dengan alasan inilah yang akan membuat Anda sadar dengan niat baik Anda.

Dengan tekad dan niat yang bulat inilah yang akan membantu Anda untuk tidak mudah goyah meskipun Anda sedang berada di sekeliling orang yang merokok juga. Akan tetapi jika Anda tidak memiliki niat dan tekad yang kuat, maka akan memudahkan Anda terpengaruh dan kembali merokok.

Jika tidak ingin merasa tersiksa, lakukan secara perlahan

Anda bisa menghentikan kebiasaan merokok secara perlahan. Jika menghentikan kebiasaan merokok sekaligus dapat menyiksa Anda, maka Anda dapat melakukannya secara perlahan dengan mengurangi jumlah rokok setiap harinya. Lakukan cara ini secara efektif.

Kebanyakan perokok aktif akan merasa pahit dan asam pada mulutnya ketika beberapa jam tidak merokok. Bagi orang yang baru belajar menghentikan kebiasaan merokok mungkin akan merasa tersiksa. Namun dengan mengurangi jumlah rokok secara efektif, maka cara ini tidak akan menyiksa Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Perlahan jauhi orang-orang yang perokok

Apabila Anda benar-benar tidak tahan jika berkumpul dengan orang-orang yang merokok, sebaiknya Anda menghindar untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan agar Anda benar-benar bisa hidup tanpa rokok. Jika Anda sudah bisa, Anda boleh saja kembali bergabung dengan perokok.

Bagi orang yang masih belajar merokok namun seringkali berkumpul dengan para perokok, maka hal ini bisa membuat Anda tergoda ingin merokok lagi. Jika hal ini terjadi, maka sia-sia kedua cara di atas yang sudah Anda lakukan tersebut.

Jangan membiarkan diri tanpa aktivitas

Bersantai memang menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Namun sayangnya, membiarkan diri tanpa melakukan aktivitas akan mengingatkan diri Anda terhadap kenikmatan merokok. 

Oleh karena itu, jika Anda baru belajar untuk berhenti merokok, maka sibukan diri Anda dengan aktivitas lain, seperti olahraga, bercengkrama dengan keluarga, mengobrol atau yang lainnya.

Gantilah rokok dengan makanan lain

Jika ke 4 cara di atas tetap membuat Anda merasa kurang nyaman karena kondisi mulut yang pahit dan asam, maka Anda bisa menggantikan rokok dengan makanan yang lain, misalnya mengunyah permen karet, mengemil atau yang lainnya. Pastikan bahwa rasa pahit tersebut tidak Anda rasakan lagi.

Memang bukan menjadi hal yang mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok, terutama bagi Anda yang sering kali menghabiskan rokok 1 bungkus lebih setiap harinya. Karena memang menghilangkan rutinitas yang sering kali Anda lakukan setiap harinya membutuhkan adaptasi yang cukup  lama.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Smoking patterns, quit behaviors, and smoking environment of workers in small manufacturing companies. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5228179/)
Factors Associated With Successful Smoking Cessation in the United States, 2000. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1931453/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app