Kata Siapa Puasa Ga Boleh Cantik? Yuk Baca Tipsnya!

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Apr 16, 2021 Tinjau pada Jun 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
Kata Siapa Puasa Ga Boleh Cantik? Yuk Baca Tipsnya!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Selain menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam, merasa lemas, kulit kering, dan lesu mungkin menjadi masalah yang sering ditemui selama berpuasa
  • Namun ibadah puasa yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap tampil sehat dan cantik
  • Cukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam sehari dengan menyesuaikan waktu tidur serta memanfaatkan waktu istirahat tidur siang sekitar 15 menit
  • Tingkatkan asupan gizi dan nutrisi dengan makan sayur dan buah yang kaya serat saat sahur dan berbuka puasa serta minum air putih yang cukup
  • Gunakan pelembap, lip balm, sunscreen, dan face mist yang akan membantu menjaga kesehatan kulit termasuk mengurangi efek kulit kering selama berpuasa 
  • Konsumsi vitamin dan suplemen yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta membuat tubuh tetap fit selama bulan puasa
  • Klik untuk membeli suplemen multivitamin untuk menjaga kesehatan yang dikirim ke rumah Anda melalui HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD
  • Temukan dan booking paket perawatan kecantikan dan paket kesehatan lainnya dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall

Selama berpuasa, Anda akan menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam dan tentunya ini akan mempengaruhi kondisi tubuh sehingga harus ada penyesuaian menyesuaikan kebiasaan dan kondisi tubuh agar tetap tampil prima selama Ramadan.

Jika tidak, Anda mungkin akan merasa lemas, kulit menjadi lebih mudah kering, bahkan penampilan akan cenderung terlihat lesu dan kurang menarik. Padahal, puasa memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh dan puasa seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap tampil sehat dan cantik, kan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Yuk simak tips berikut ini untuk tetap tampil cantik selama puasa dan menjelang Idul Fitri nanti!

8 Tips Tampil Cantik Selama Puasa

1. Cukup tidur

Ketika puasa, jam tidur mungkin akan berubah di mana bangun subuh karena harus sholat dan sahur menjadi rutinitas baru yang akan dijalani selama sebulan ke depan. Namun bukan berarti waktu tidur jadi berkurang. Anda bisa mengatur waktu tidur Anda agar tetap tercukupi selama 7-8 jam, yakni dengan tidur lebih awal atau tidur kembali setelah sahur. 

Jika selama ini Anda tidak terbiasa melakukan upaya tidur siang, mungkin metode ini dapat dipertimbangkan kembali. Jam makan siang walau dipersingkat dapat dimanfaatkan untuk tidur sejenak sekitar 15 menit guna mencukupi waktu tidur yang hilang karena sahur.

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

2. Minum air putih 

Untuk menghindari dehidrasi dan membantu menjaga kelembapan kulit selama berpuasa, Anda dapat mengatur asupan cairan dengan minum air putih pada saat sahur sebanyak 2-3 gelas dan ketika waktu berbuka puasa Anda dapat minum air putih minimal 4 gelas yang dapat diselingi dengan berbagai aktivitas sebelum kembali tidur.

Selain minum air putih, kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapatkan dari air kelapa, teh manis, jus buah, hingga madu yang bermanfaat dalam menjaga stamina dan energi tubuh agar tidak mudah lemas. Namun, batasi asupan minuman tersebut agar tidak berlebihan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Perbanyak makan sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah yang memiliki serat tinggi tentu sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh. 

Berbagai pilihan buah dan sayur seperti bayam, lobak, wortel, brokoli, semangka, pepaya, pisang, dan alpukat yang mengandung vitamin juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Hindari asupan karbohidrat secara berlebih dan kurangi makanan yang berlemak atau gorengan agar Anda tidak mudah merasa haus dan menghindari sakit tenggorokan. Apalagi asupan air putih yang berkurang selama berpuasa. Tambahkan pula lauk berupa telur, daging, ikan, dan kacang-kacangan dalam menu sahur ataupun menu buka puasa untuk membantu menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut.

4. Jangan lupa pakai pelembap

Gunakan pelembab pada wajah dan kulit selama puasa, termasuk penggunaan lip balm pada bibir. Karena pelembap akan membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan tidak kusam serta mencegah bibir kering. Pilihlah pelembap yang memiliki kadar air tinggi dan kandungan alami yang baik bagi kulit serta membuat kulit tetap terlihat cerah.

Baca juga: Tips Menggunakan Pelembab Wajah untuk Hasil Maksimal

5. Oleskan sunblock 

Bagi Anda yang masih beraktivitas di luar rumah atau terkena paparan sinar matahari selama bulan puasa, jangan lupa untuk tetap mengoleskan sunblock di seluruh bagian luar tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penggunaan sunblock atau sunscreen ini sangat baik untuk memastikan kulit tubuh tetap terlindungi dari radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko munculnya tanda penuaan dini seperti keriput, bintik hitam, ataupun perubahan warna kulit. Anda juga boleh menggunakan riasan make up tipis pada wajah agar tetap tampil cantik selama puasa, tetapi hindari make up tebal untuk memberikan udara pada kulit.

6. Face mist

Kulit kering selama puasa mungkin cukup banyak dialami. Bagaimana tidak, kebiasaan minum air putih akan berkurang sehingga tubuh menjadi lebih cepat mengalami dehidrasi. Akibatnya, kesehatan kulit pun bisa bermasalah. 

Untuk membantu mengatasinya, tak hanya dari dalam saja, tetapi pemakaian pelembap serta face mist bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Jika Anda merasa lelah, mengantuk, serta ingin menjaga kulit wajah agar tetap lembap dan segar, Anda dapat menyemprotkan face mist pada wajah. Sensasi sejuknya dapat membuat Anda merasa segar kembali sekaligus efek kering pada kulit.

7. Tetap aktif bergerak

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti bermalas-malasan dan menjadi alasan untuk tidak bergerak. Coba untuk membiasakan tubuh agar tetap aktif bergerak dan beraktivitas, mungkin intensitasnya bisa dikurangi dan dimulai secara perlahan. Namun, jika Anda mengikuti rasa malas dan ngantuk, maka tubuh pun akan menjadi lemas dan tidak bertenaga. 

Untuk menjaga ketahanan dan stamina tubuh, Anda dapat melakukan olahraga ringan sesaat sebelum atau setelah berbuka puasa berpuasa. Beberapa aktivitas olahraga yang bisa dilakukan antara lain jalan kaki, bersepeda, lari, atau melakukan yoga di rumah. Cukup dengan 30 menit selama 2-3 kali seminggu maka itu akan membantu tubuh tetap sehat dan bugar selama puasa. 

8. Konsumsi vitamin

Selain mengonsumsi makanan bergizi, minum suplemen atau vitamin tambahan juga dapat membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Vitamin dan suplemen juga dapat meningkatkan stamina agar tetap fit, tetapi ada baiknya untuk memperhatikan pula waktu konsumsinya, apakah saat sahur atau buka puasa. 

Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K dapat dikonsumsi sesudah buka puasa. Sementara vitamin larut dalam air seperti vitamin B dan vitamin C dapat diminum saat sahur karena penyerapan vitamin akan lebih efektif ketika perut kosong. Suplemen omega 3 dan vitamin E juga sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit karena dapat mempengaruhi kelembapan kulit. 

Baca juga: Minum Vitamin Saat Puasa, Ini Hal yang Harus Diperhatikan 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
7 ways to do intermittent fasting: Best methods and quick tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322293)
Fasting Diets: Facts on Health Effects and Weight Loss. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/fasting_diets/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app