Tips Menggunakan Hairdryer dan Catokan Agar Rambut Tetap Sehat

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit
Tips Menggunakan Hairdryer dan Catokan Agar Rambut Tetap Sehat

Berpenampilan menarik adalah kunci untuk menambah kepercayaan diri, tak jarang orang yang memiliki rambut ikal lebih percaya diri jika rambutnya lurus ataupun sebaliknya.

Disinilah peran hairdryer dan catokan masuk untuk melengkapi kemudahan mempercantik diri, maka hairdryer dan catokan menjadi alat wajib yang dimiliki oleh setiap orang baik wanita maupun pria.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Apakah Anda termasuk salah satunya? Sudahkah Anda mengetahui cara penggunaan hairdryer dan catokan yang benar agar tidak merusak rambut?

Berikut kami berikan tips yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan rambut ketika menggunakan hairdryer dan catokan:

1. Kenali jenis rambut

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan shampoo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut. Sekarang ini banyak sekali produk perawatan rambut yang mengeluarkan produk sesuai jenis-jenis rambut, misalnya rambut kering, rambut berminyak, rambut rontok, rambut berketombe, dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda, maka kemungkinan kerusakan rambut akan semakin berkurang.

2. Menggunakan vitamin rambut

Setelah menggunakan shampoo dan conditioner yang tepat, alangkah baiknya jika Anda juga menggunakan vitamin rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda, biasanya vitamin rambut berupa minyak yang dioleskan pada bagian rambut saja bukan di kulit kepala.

Penggunaan vitamin rambut paling baik adalah saat rambut setengah kering, Anda bisa menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut, lalu memberikan vitamin tersebut hingga ke seluruh bagian rambut, lalu melanjutkan pengeringan dengan hairdryer.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

3. Mengeringkan rambut hingga kering sempurna

Jika Anda bertujuan untuk menggunakan catokan, maka Anda harus memastikan rambut dalam keadaan kering dengan sempurna, karena rambut yang masih basah akan lebih cepat terbakar dengan alat catokan, dan bisa jadi tetesan air dari rambut akan masuk ke catokan dan menyebabkan konsleting listrik.

Pengeringan yang sempurna akan dihasilkan oleh hairdryer, sehingga tidak cukup hanya dengan menggunakan handuk saja. Namun, jika Anda tidak memiliki hairdryer, tunggulah hingga beberapa jam sampai rambut benar-benar kering.

Rambut yang kering sempurna akan menghasilkan bentuk rambut yang lebih indah, terlebih jika menggunakan catokan keriting atau ikal. Manfaat lain dari keadaan rambut yang kering sempurna adalah penataan rambut jadi lebih cepat dengan bentuk yang lebih sempurna.

4. Memberi jarak saat penggunaan hairdryer

Faktanya menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut memang jauh lebih cepat, namun perhatikan cara penggunaannya agar rambut tetap sehat. Berilah jarak dari hairdryer ke rambut sekitar 10-15cm.

Jangan menempelkan ujung hairdryer langsung ke rambut karena akan menyebabkan rambut Anda terbakar dan mengeluarkan bau hangus.

5. Menggunakan produk heat protection

Apakah Anda tahu mengenai produk heat protection? Heat protection biasanya berbentuk spray yang memiliki manfaat untuk menjaga rambut dari panasnya alat catokan yang digunakan, manfaat lainnya adalah memberikan hasil rambut yang berkilau dan mudah diatur setelah penggunaan catokan.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

6. Mengatur temperatur hairdryer dan catokan

Untuk mempertahankan rambut sehat, Anda harus lebih bersabar dalam penggunaan alat seperti hairdryer dan catokan.

Pada alat tersebut terdapat pengaturan temperatur yang cukup tinggi pada hairdryer atau catokan, namun sebaiknya Anda tidak memilih temperatur yang paling tinggi dan dapat mengatur hairdryer dengan temperatur sedang agar tidak merusak keindahan rambut.

Meskipun lebih cepat jika lebih panas, tetapi sebaiknya Anda juga mempertimbangkan kesehatan rambut.

7. Hindari pemakaian hairdryer dan catokan terlalu sering

Jika Anda tidak sedang terburu-buru, jangan menggunakan hairdryer terlalu sering, keringkanlah rambut dengan handuk, lalu biarkan mengering secara alami. Sama halnya dengan hairdryer, penggunaan catokan juga sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan.

Untuk itu kami berikan tips agar keriting atau ikal yang dihasilkan catokan bisa lebih tahan lama.

  1. Gunakan produk untuk mempertahankan bentuk rambut seperti hair spray.
  2. Gulung dan jepitkan rambut mengikuti bentuk rambut yang telah dicatok, lalu biarkan hingga rambut tidak lagi panas baru setelah itu lepaskan jepitan.
  3. Gunakan shower cap atau penutup rambut saat mandi agar tidak terkena air.

8. Lakukan perawatan rambut secara rutin

Luangkanlah waktu untuk melakukan perawatan rambut. Merawat rambut bisa dilakukan di salon kecantikan rambut atau bisa juga dilakukan di rumah.

Produk untuk perawatan rambut ini banyak jenis sesuai dengan jenis rambut Anda dan dapat ditemukan dengan mudah di supermarket maupun online shop. Lakukan perawatan ini paling sedikit 1 bulan sekali.

9. Bersihkan hairdryer dan catokan secara teratur

Hal ini mungkin belum Anda ketahui, membersihkan hairdryer dan catokan secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan rambut terutama dari segi kebersihan.

Bukan hanya untuk kebersihan rambut Anda, tetapi kebersihan alat juga akan memperpanjang umur alat tersebut. Bersihkan alat minimal 1 bulan sekali dalam keadaan suhu ruang.

10. Memilih hairdryer dan catokan yang berkualitas atau berteknologi modern

Jika memiliki budget lebih, Anda dapat membeli hairdryer dan catokan dengan teknologi modern, seperti catokan berbahan keramik dan juga memiliki kandungan keratin yang dapat menjaga rambut tetap sehat berkilau, adapun hairdryer yang mengandung ion untuk menjaga kelembaban rambut agar tidak kering dan kusam.

Mempercantik diri amatlah penting namun menjaga kesehatan rambut tidak kalah pentingnya, Jangan membatasi diri, namun lakukanlah dengan diimbangi perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda agar tetap sehat dan cantik

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lee, Yoonhee & Kim, Youn-Duk & Hyun, Hye-Jin & Pi, Long-Quan & Jin, Xinghai & Lee, Won-Soo. (2011). Hair Shaft Damage from Heat and Drying Time of Hair Dryer. Annals of dermatology. 23. 455-62. 10.5021/ad.2011.23.4.455. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/51858708_Hair_Shaft_Damage_from_Heat_and_Drying_Time_of_Hair_Dryer)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app