Tips Mengatasi Stres yang Simpel

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Tips Mengatasi Stres yang Simpel

Apakah Anda pernah merasa tertekan, mudah marah, kesepian, sering berpikir negatif, dan frustasi? Itu merupakan tanda bahwa Anda sedang stres. Stres merupakan sesuatu yang wajar dan sering terjadi pada siapapun. 

Stres bisa disebabkan oleh suatu kondisi tertentu yang membuat Anda merasa tertekan. Stres bisa berdampak pada fisik, psikologis, atau bahkan dua-duanya. Sebagian stres dapat memberikan dampak yang baik untuk Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Semisal ketika Anda stres dikejar deadline maka Anda akan bekerja lebih cepat dibandingkan sebelumnya. 

Akan tetapi Anda juga perlu hati-hati, stres yang berkelanjutan bisa menimbulkan dampak yang kurang baik. Tidak sedikit orang stres sangat merasa tersiksa karena mereka tidak dapat menjalani hidup mereka dengan tenang. Bahkan stres dapat memicu timbulnya penyakit. 

Tips Mudah Mengatasi Stress

Nah lho, apakah Anda sedang stres? Stres memang wajar tapi tidak perlu terlalu lama berkutat dalam stres. Berikut beberap tips untuk mengatasi stres.

1. Temukan permasalahan 

Banyak sekali hal-hal yang dapat mengakibatkan stres (Stressor). Stressor  bisa berasal dari berbagai sumber. Bisa dari lingkungan sekitar rumah, lingkungan kerja, atau bisa juga karena kehilangan seseorang yang amat disayangi. 

Renungkan apa yang membuat Anda stres, karena dalam hal ini hanya Anda yang mengetahui akar dari permasalahan yang membuat Anda stres. Tuliskan hal-hal yang membuat Anda stres, sehingga akan lebih mudah bagi Anda mencari jalan keluarnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Aktif dalam kegiatan positif

Cobalah untuk melakukan senam kecil di rumah kurang lebih selama 10 menit. Selain mengalihkan fokus Anda cara ini juga mampu membuat Anda berkeringat dan dapat meningkatkan denyut jantung. Saat kondisi tubuh bugar, hormon endordin akan terlepas dan Anda akan merasa lebih bahagia. 

Pikiran negatif yang mangganggu juga akan menghilang. 

Bagaimana jika tidak menyukai senam? Anda bisa melakukan kegiatan yang lain seperti berjalan kaki, bersepeda keliling, atau Anda juga bisa melakukan yoga. Mengisi waktu Anda dengan melakukan kegiatan yang positif akan sangat efektif dalam menghilangkan stres.

3. Manajemen waktu dengan bijak

Anda memiliki jumlah waktu yang sama dengan yang lain. Jadi Anda tidak perlu cemas dengan segala sesuatu yang menuntut Anda untuk berkejaran dengan waktu. Buatlah schedule tentang hal-hal yang mesti Anda lakukan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dengan adanya manajemen waktu Anda bisa memutuskan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda dapat fokus dan menyelesaikan semuanya dengan mudah. 

Manajemen waktu yang baik akan membuat semua permasalahan yang berhubungan dengan waktu terarasi. Bonus yang akan dirasakan adalah Anda bahkan mempunyai banyak waktu luang yang bisa Anda gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat.

4. Istirahat yang cukup dan berkualitas

Saat mengalami stres mungkin akan sulit tidur bagi Anda. Pikiran Anda terus berputar dan memikirkan permasalahan yang membuat Anda stres. Meskipun hal itu yang terjadi usahakanlah untuk tidur dengan waktu yang cukup. 

Tidur merupakan kebutuhan utama, saat Anda tidur Anda memberikan pikiran waktu untuk beristirahat  pikiran yang tenang juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik serta mental. 

Sebelum berangkat tidur cobalah untuk berendam dengan air hangat karena ini dapat menenangkan pikiran. Bacalah cerita atau buku yang Anda senangi sebagai pengantar tidur. Jika perlu putarlah musik dengan irama lembut sehingga membuat Anda lebih rileks. 

Tidak disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi obat yang bisa membuat Anda tertidur.

5. Belajar ikhlas menerima setiap keadaan 

Berprasangka baiklah atas semua yang telah terjadi pada diri Anda. Tidak semua hal uang Anda inginkan dapat diraih. Cobalah berdamai dengan keadaan. Jika memang diperlukan belajarlah untuk ikhlas, melepas semua yang belum bisa Anda miliki. 

Karena dengan mengikhlaskan akan membuat perasaan lebih tenang. 

Belajar untuk menerima semuanya justru akan membuat Anda lebih mudah memaafkan. Semua peristiwa akan berlalu dengan sendirinya terbawa oleh waktu. Jadi tidak perlu menyiksa diri Anda untuk hal-hal yang merugikan diri. 

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tips to manage anxiety and stress. (n.d.). Retrieved from (http://www.adaa.org/tips-manage-anxiety-and-stress)
Mayo Clinic Staff. (2014, April 8). Stress management. Retrieved from (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/basics/stress-basics/hlv-20049495)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app