Perawatan Wajah

Tips Mencegah Flek Wajah

Dipublish tanggal: Feb 23, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Tips Mencegah Flek Wajah

Wajah yang bersih dan cerah menjadi idaman baik pria atau wanita. Wajah kita mengandung pori- pori kecil dan kulit yang tipis sehingga rentan sekali mengalami kerusakan bagi akibat debu yang menutupi pori-pori, sinar ultraviolet, dan kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga. 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan wajah mulai dari pemakaian produk kesehatan hingga pengobatan oleh dokter kulit dengan teknik operasi.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Salah satu yang menjadi kendala di wajah pada beberapa negara beriklim tropis adalah munculnya flek di wajah. 

Flek dengan iklim yang panas sangat berpengaruh karena beberapa kasus ditemukan bahwa sinar matahari yang langsung mengenai wajah dapat menimbulkan kerusakan ringan hingga berat termasuk munculnya flek tersebut.

Selain cahaya matahari, terdapat banyak penyebab dari timbulnya bercak hitam di sekitar wajah yang sangat mengganggu. Beberapa penyebab dari munculnya flek di wajah antara lain:

  • Hiperpigmentasi kulit
    Kondisi kulit yang berubah-ubah sesuai keadaan hormon dan faktor luar dapat menimbulkan peningkatan melanin di kulit sehingga permukaan kulit akan tampak lebih gelap dan mengeluarkan pigmen hitam.
  • Faktor genetik
    Munculnya flek di wajah juga dapat dikaitkan dengan faktor genetik terutama pada keluarga yang memiliki riwayat yang sama.
  • Perawatan wajah yang tidak cocok
    Banyak sekali produk perawatan wajah yang memiliki fungsi seperti mencerahkan atau mengurangi jerawat. Tapi beberapa produk dengan dosis yang terlalu tinggi atau yang tidak cocok dengan tiper kulit anda beresiko menyebabkan kerusakan kulit.
  • Bekas Jerawat
    Bekas jerawat yang tidak dibersihkan secara maksimal meninggalkan flek hitam yang sulit dihilangkan sehingga dapat mengganggu kebersihan wajah.
  • Adanya penyakit kulit
    Beberapa jenis flek hitam dicurigai merupakan suatu penyakit kulit karena memiliki kemiripan dalam bentuk dan strukturnya. Sehingga perlu diperhatikan apabila adanya bercak hitam dengan gejala lainnya. Beberapa penyakit yang memiliki kemirirpan dengan fflek hitam yaitu melanoma.

Bagaimana cara mencegah Flek Hitam

Flek hitam memang perlu dihindari karena selain merupakan kerusakan kulit, flek hitam dapat mengganggu kecerahan wajah anda. Perlu cara yang tepat untuk mencegah flek hitam bermunculan di wajah anda. Berikut tips untuk mencegah flek hitam yang perlu anda kenali.

  • Penggunaan SPF
    SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor atau tabir surya yang merupakan produk perawatan kulit untuk mencegah cahaya matahari menyerang permukaan kulit dan menyebabkan kerusakan kulit seperti flek hitam hingga kulit terbakar. SPF yang sering digunakan yaitu dengan kadar 25 hingga 48.
  • Banyak minum air
    Hampir 90% dari komposisi tubuh kita terdiri dari air. Kulit merupakan bagian tubuh yang memerlukan kadar air untuk mencegah kekeringan yang dapat merusak wajah anda. Selalu jaga tubuh anda agar terhindar dari dehidrasi dengan minum air putih sebanyak minimal 8 gelas perhari pada orang dewasa.
  • Memakai pelindung
    Pelindung wajah seperti menggunakan topi atau payung dapat membantu mencegah wajah anda terpapar dari sinar matahari yang berbahaya bagi kulit.
  • Kurangi aktivitas luar pada siang hari
    Sinar matahari pada siang hari dapat mudah sekali merusak kulit wajah anda. Disarankan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan pada siang hari.
  • Jangan sembarangan membersihkan jerawat
    Jerawat tentu sangat mengganggu penampilan. Tetapi apabila anda semabarangan menekan jerawat tidak hingga bersih atau dengan tangan atau bahan yang tidak steril, ini akan beresiko menyebabkan kerusakan pada wajah anda berupa flek akibat luka penekanan pada jerawat.
  • Perawatan dengan masker
    Masker merupakan produk wajah yang berguna untuk membersihkan dan mencerahkan wajah. Ini juga dapat membantu mencegah flek wajah yang dapat muncul kapan saja. Masker wajah dapat membantu memanjakan kulit karena kandungan vitamin, ineral, dan zat alami lainnya untuk merawat wajah anda.
  • Konsumsi Vitamin
    Vitamin dapat membantu menjaga kesehatan kulit anda. Konsumsi vitamin alami dapat ditemukan dari konsumsi jus buah-buahan atau mengonsumsi suplemen vitamin seperti vitamin C dan E. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah flek hitam pada wajah. 

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Williams LB, et al. (2008). Chemical and mineralogical characteristics of French green clays used for healing. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2600539/)
Pappas A. (2009). The relationship of diet and acne: A review. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836431/)
The National Standard Research Collaboration. (2013). Tea tree oil (Melaleuca alternifolia). (http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tea-tree-oil/evidence/HRB-20060086)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app