Tips Mencegah Berat Badan Naik Setelah Berhenti Merokok
Dipublish tanggal: Mei 29, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Anekdot yang ada di pasaran ini mungkin benar adanya, bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok cenderung memiliki tubuh yang kurus dibanding orang yang tidak memiliki kebiasaan merokok.

Oleh karena itu beberapa orang mengalami kenaikan berat badan signifikan setelah mereka memutuskan untuk berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Meski begitu, sebenarnya faktor utama yang membuat orang mengalami kenaikan berat badan setelah berhenti merokok bukan disebabkan oleh rokok tersebut. 

Ada beberapa faktor lain yang ikut berperan terhadap kenaikan berat badan Anda. Oleh karena itu lantas apa penyebab dari kenaikan berat badan signifikan setelah berhenti merokok? Berikut ulasannya:

Penyebab berat badan naik drastis setelah berhenti merokok

Beberapa faktor berikut yang menyebabkan Anda menjadi gemuk setelah berhenti merokok:

  • Tidak merokok artinya Anda tidak lagi mengkonsumsi nikotin. Nikotin di dalam tubuh membuat metabolisme tubuh semakin cepat. Sehingga ketika seseorang sudah tidak merokok, artinya kecepatan metabolisme tubuhnya akan kembali menjadi normal. Sehingga pada beberapa orang dapat menyebabkan berat badan menjadi naik.
  • Beberapa orang mengubah kebiasaan merokok tersebut dengan mengemil makanan yang umumnya tidak sehat.
  • Zat nikotin di dalam tubuh bertindak sebagai penekan nafsu makan pada beberapa orang. Karena itu banyak perokok yang memilih tidak makan asalkan tetap bisa merokok. Sehingga ketika Anda berhenti merokok membuat nafsu makan Anda kembali normal.

Tips menghindari badan menjadi gemuk Sstelah berhenti merokok

Memperbanyak aktivitas olahraga

Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap dalam kondisi ideal serta untuk pengalih perhatian dari keinginan merokok.

Mengkonsumsi Cemilan sehat

Meski cemilan tidak selalu salah, namun sebaiknya Anda tetap memperhatikan cemilan yang Anda konsumsi. Pilihlah cemilan yang sehat atau sering disebut real food. 

Kurangi konsumsi gorengan, kue, makanan manis, permen dan sebagainya sebagai cemilan. Gantilah cemilan tersebut dengan buah-buahan segar.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Tidak Perlu diet ketat

Diet berlebihan justru membuat kondisi tubuh tidak sehat. Beberapa orang bahkan memilih menghindari sarapan, padahal sarapan merupakan saat makan terbaik untuk memulai hari. Diet ketat justru akan membuat Anda kembali ingin merokok dan makan berlebihan saat waktu makan tiba.

Stok makanan sehat di dalam kulkas

Mengisi kulkas dengan stok makanan sehat bisa menjadi langkah awal Anda memulai hidup sehat. Isilah kulkas Anda dengan real food seperti buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran. 

Anda bisa membuat cemilan sehat dari makanan ini dengan mengolahnya dengan cara direbus, dikukus dan cobalah hindari penggorengan. Anda juga bisa langsung mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

Jangan isi kulkas Anda dengan makanan yang terlalu banyak mengalami pengolahan, maupun makanan yang tidak sehat. Kurangi porsi kue-kue manis, gorengan, keripik, biskuit, permen, minuman ringan dan berbagai makanan lainnya. 

Mengemil makanan sehat lebih baik dan lebih nyaman karena Anda sebenarnya dapat mengkonsumsinya kapan saja.

Mengalihkan uang rokok ke makanan sehat

Alihkan uang rokok untuk membeli makanan sehat.

Lantas, Bagaimana Jika Berat Badan Sudah Naik Setelah Berhenti Merokok?

Kenaikan berat badan setelah memutuskan berhenti merokok selama enam bulan sebenarnya normal dialami beberapa orang. Oleh karena itu Anda yang sudah terlanjur mengalami kenaikan berat badan ini tidak perlu khawatir berlebihan. 

Sebenarnya ketika tubuh Anda sudah terbiasa tanpa keberadaan rokok, maka berat tubuh Anda akan kembali normal. Selanjutnya, olahraga dan pola hidup sehat menjadi cara jitu untuk mengendalikan berat badan Anda tetap berada di kondisi ideal.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Weight gain after quitting smoking: What to do. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000811.htm)
How to Avoid Weight Gain When You Quit Smoking. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/how-to-avoid-weight-gain-when-you-quit-smoking-2825349)
The effect of tobacco cessation on weight gain, obesity and diabetes risk. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5004778/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app