Perawatan Tubuh

Tips Memilih Sabun Untuk Kulit Sensitif

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Memilih Sabun Untuk Kulit Sensitif

Untuk memiliki kulit yang bersih dan segar, Anda disarankan untuk membersihkan tubuh atau mandi dua kali sehari. Oleh karena itu, pemillihan dan pemakaian sabun mandi sangatlah penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan sabun mandi yang tepat, salah satunya dengan mengetahui jenis kulit beserta kandungan sabun mandi yang akan digunakan.

Tidak hanya karena wanginya yang menyegarkan, tetapi pemilihan sabun secara sembarangan dapat meningkatkan risiko kulit iritasi, alergi, gatal, bahkan kemerahan. Hal ini juga tentunya dapat berdampak pada munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tips memilih sabun untuk kulit sensitif

Sabun merupakan salah satu bahan pembersih kulit yang terbuat dari berbagai campuran alami dan kimia yang biasanya terbagi untuk berbagai jenis kulit, termasuk jenis kulit sensitif. Selain karena banyaknya produk dan jenis sabun mandi yang beredar di pasaran, setiap orang memiliki pilihan sendiri dalam menentukan sabun mandi yang ingin digunakan. Berikut ini beberapa tips memilih sabun untuk kulit sensitif:

1. Cermati komposisi yang terkandung dalam sabun

Dalam memilih sabun mandi sebaiknya Anda memperhatikan komposisi bahan atau kandungan yang terdapat dalam sabun tersebut. Pertimbangkan untuk memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda, terutama jika kulit Anda termasuk kulit sensitif.

Untuk mencegah timbulnya iritasi pada kulit sensitif sebaiknya gunakan sabun dengan sedikit atau tanpa parfum. Selain itu, pastikan juga sabun mandi yang Anda pilih memiliki tingkat PH yang seimbang (pH balanced) dan hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan antibakteri dan deodorant.

Karena bahan antibakteri dan deodorant mengandung zat iritatif yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Selain itu, untuk membersihkan sekaligus merawat kulit sensitif, gunakan sabun mandi yang memiliki kandungan alami dan memiliki manfaat untuk menenangkan kulit, seperti kandungan lidah buaya, cocoa butter, vitamin E, atau chamomile.

2. Pilih jenis sabun yang cocok dengan kebutuhan kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, maka Anda membutuhkan sabun mandi yang berbeda dengan orang yang memiliki jenis kulit berminyak atau kulit kering. Kulit sensitif sendiri biasanya ditandai dengan kulit mudah merah, gatal, dan iritasi terutama bila sering terpapar bahan kimia. Oleh sebab itu, pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk memilih sabun mandi yang bersifat ringan, hipoalergenik, dan mengandung pelembap, seperti sabun bayi atau sabun bebas deterjen yang diciptakan khusus untuk kulit sensitif. 

Pertimbangkan pula untuk menggunakan jenis sabun yang paling cocok dengan kebutuhan kulit Anda, termasuk jika Anda menggunakan sabun batang. Anda perlu memastikan bahwa sabun batang tersebut tidak mengandung alkali (zat basa) tinggi yang dapat menyebabkan iritasi dan ada baiknya untuk menggunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sabun batang sendiri biasanya lebih lembut dan tidak mengandung pewangi yang tinggi dibandingkan sabun cair. Tetapi jika Anda terbiasa menggunakan sabun cair, pilihlah sabun cair yang mengandung pelembap seperti petrolatum yang mempunyai kegunaan untuk menjaga kulit agar tetap lembut dan hindari memilih sabun shower gel.

Meskipun bentuk sabun shower gel terlihat sama dengan sabun cair pada umumnya, tetapi tekstur shower gel lebih kental dan biasanya mengandung lebih banyak pewangi yang sebaiknya dihindari oleh penderita kulit sensitif. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi. Tetapi jika Anda bingung mengenai pemilihan sabun yang cocok untuk Anda, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat untuk jenis kulit Anda.

Baca juga: Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit

3. Perhatikan tanggal kadaluwarsa

Saat akan membeli sabun mandi, jangan lupa untuk melihat tanggal kadaluwarsanya. Karena jika telah melebihi masa kadaluwarsa maka dikhawatirkan komposisi bahan yang terkandung pada sabun sudah terkontaminasi dan menyebabkan iritasi jika dipakai terutama pada kulit sensitif.

Selain itu, perhatikan pula kemasan sabun. Jika terdapat sobekan atau kemasan terlihat sudah rusak maka hindari membeli produk tersebut karena tidak aman untuk digunakan. Anda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai pemilihan sabun yang tepat untuk menghindari alergi pada kulit ataupun kerusakan kulit. 

Baca juga: Cara Melindungi Kulit Dari Kerusakan

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What is eczema? (n.d.). (https://nationaleczema.org/eczema/)
van Zuuren EJ, et al. (2017). Emollients and moisturisers for eczema. DOI: (https://doi.org/10.1002/14651858.CD012119.pub2)
Oakley A. (2015). Dry skin. (https://www.dermnetnz.org/topics/dry-skin/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app