Tips Berhenti Merokok di Lingkungan Perokok Aktif

Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 10, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tips Berhenti Merokok di Lingkungan Perokok Aktif

Kebiasaan merokok dari waktu ke waktu membuat banyak orang semakin sulit untuk bisa melepaskannya. Apalagi bagi mereka yang setiap harinya berada di lingkungan yang dipenuhi oleh para perokok aktif

Kondisi ini pastinya akan semakin menyulitkan untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok. Namun ternyata ada beberapa kiat yang bisa dicoba berikut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tetapkan Motivasi yang Kuat

Kiat pertama yang bisa Anda lakukan untuk mulai menghentikan kebiasan merokok di antara perokok lainnya adalah dengan memiliki motivasi yang kuat. Motivasi kuat ini sendiri bisa dibilang adalah modal awal sekaligus modal sekaligus paling kuat. 

Banyak orang yang berhasil maupun yang gagal berhenti dari kebiasaan merokok diawali dengan motivasi ini terlebih dulu.

Motivasi ini sendiri juga bisa berasal dari berbagai sumber dalam hidup Anda. Mulai dari pasangan, keluarga, saudara maupun tuntutan pekerjaan. Pastikan bahwa apapun motivasi yang dipilih, motivasi tersebut tergolong kuat. 

Soalnya tidak bisa dipungkiri bahwa godaan untuk merokok akan sangat kuat  ketika dikelilingi perokok aktif jadi dibutuhkan motivasi yang kuat.

Batasi Lingkungan dari Perokok Aktif

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa salah satu alasan yang membuat banyak orang gagal berhenti merokok adalah lingkungan yang terus mempengaruhinya. Apalagi bagi Anda yang setiap harinya hampir pasti bergaul dengan lingkungan yang penuh perokok aktif. 

Sudah dapat dipastikan bahwa keinginan untuk berhenti merokok pastinya akan sulit dalam lingkungan itu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Solusi untuk masalah yang satu ini adalah dengan membatasi Anda dari lingkungan yang perokok aktif tersebut. Tentunya pengertian membatasi ini tidak sama dengan menjauhi semua teman Anda yang berstatus sebagai perokok aktif. 

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberi tahu sekaligus membuat mereka mengerti akan keinginan kuat Anda berhenti merokok.

Mulai Membuat Lingkaran Pertemanan Non Perokok

Setelah Anda mampu membatasi diri dari lingkungan perokok aktif maka langkah berikutnya yang mesti dilakukan adalah membuat lingkaran pertemanan baru. Tentunya lingkaran pertemanan baru ini usahakan adalah mereka yang tergolong sebagai non perokok. Soalnya dengan melakukan hal ini maka akan lebih memudahkan Anda untuk berhenti merokok.

Bahkan tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengucapkan niat dari awal ketika ingin membuat lingkaran pertemanan tersebut. Jelaskan dengan gamblang bahwa Anda membutuhkan lingkungan yang mampu mendukung keinginan kuat Anda untuk berhenti merokok. Pastikan bahwa lingkungan tersebut nantinya akan mampu memberikan dukungan kepada Anda.

Lebih Pilih Mengunyah Permen Karet

Salah satu hal yang paling sulit dilakukan bagi orang yang sudah terbiasa merokok dan kemudian berhenti adalah keinginan untuk memasukan sesuatu ke dalam mulut. 

Kebiasaan ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan memasukan batang rokok ke dalam mulut. Namun tentunya, Anda mesti bisa mengalahkan kebiasaan ini dengan kebiasaan baik lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Salah satu caranya adalah dengan lebih memilih mengunyah permen karet ketimbang memasukan rokok ke dalam mulut. Biasanya sensasi dari permen karet ini sedikit mampu mengurangi ketagihan nikotin dari rokok seperti biasanya.

Bertahan Sekuat Tenaga di Dua Minggu Pertama

Perlu Anda ketahui bahwa dua minggu pertama dari orang yang ingin berhenti merokok adalah masa paling menyiksa sekaligus paling menggoda. Soalnya pada dua minggu pertama tersebut adalah masa yang paling sulit karena bisa dibilang tubuh Anda akan merasa sangat terkejut. 

Namun begitu Anda berhasil melewatinya maka segalanya akan menjadi lebih mudah lagi.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda semakin mantap untuk bisa berhenti dari kebiasaan merokok. Walau tentunya tidak bisa dipungkiri bahwa bukan perkara yang mudah untuk melakukan itu. 

Ditambah bagi Anda yang terbiasa berkumpul di lingkungan perokok aktif. Namun bukan berarti sama sekali mustahil untuk diwujudkan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Make a Decision to Quit - Quit Guide - Quit Smoking - Tips From Former Smokers. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/tobacco/campaign/tips/quit-smoking/guide/why-quitting-is-hard.html)
Smoking patterns, quit behaviors, and smoking environment of workers in small manufacturing companies. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5228179/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app