Tidur Bersama Hewan Peliharaan Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tidur Bersama Hewan Peliharaan Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Para pemilik hewan peliharaan pasti mengerti dilema ini: Tidur bersama hewan peliharaan atau jangan? Jika tidur bersama Si Bulu, Anda bisa membelainya dan itu sangat menyenangkan. Tapi, hewan terbiasa bangun pagi-pagi sekali untuk minta makan saat Anda masih nyenyak terlelap.

Sebuah studi kecil yang dilakukan Mayo Clinic di Amerika Serikat akan membantu Anda mengambil keputusan. Studi tersebut mengatakan, semua kerewelan dari Si Bulu, layak Anda jalankan. Pasalnya, tidur bersama mereka dapat membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman. Walhasil, tidur Anda jadi lebih nyenyak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebagai bagian dari survei, para peneliti bertanya ke 150 orang mengenai kebiasaan tidur mereka dan menemukan bahwa 49 persen responden memiliki hewan peliharaan. Di luar dari kelompok itu, lebih dari setengah hewan peliharaan tidur dengan pemiliknya.

"Banyak pemilik melihat hewan peliharaan sebagai anggota keluarga dan mereka ingin melibatkan hewan  ke dalam banyak aspek kehidupan, termasuk di dalam ruang tidur mereka" jelas para peneliti.

Menurut hasil survei mereka, ada 20 persen pemilik  mengatakan bahwa tidur bersama hewan peliharaan mengganggu tidur mereka, 41 persen menyatakan bahwa hal itu benar-benar bermanfaat, atau setidaknya tidak berdampak terhadap waktu istirahat mereka.

Salah satu peserta, seorang wanita lajang berusia 64 tahun, mengatakan bahwa dia merasa lebih gembira ketika anjing kecilnya tidur di dekat kakinya, dan seorang wanita 50 tahun mengatakan  kucing yang tidur di dadanya adalah hal yang menenangkan.

Dari 20 persen yang mengaku terganggu jika tidur dengan hewan peliharaan bercerita bahwa hewan mereka kerap berkeliaran di dalam kamar atau mendengkur di tengah malam."Seorang wanita berusia 51 tahun bercerita burung beonya terus berbunyi pada waktu subuh," jelas para peneliti.

Penelitian ini dipicu setelah 10 persen dari pemilik hewan peliharaan yang muncul ke pusat tidur Mayo Clinic di 2013 menyalahkan masalah tidur mereka pada hewan peliharaan. 
Namun, studi ini  ada beberapa keterbatasan. Pertama, ukuran sampel kecil -  hanya 74 pemilik hewan peliharaan yang disurvei. Kedua, studi ini berdasarkan pada  pelaporan responden bukan pengamatan yang dilakukan   oleh peneliti langsung. 

Sebagai contoh, beberapa orang merasa mereka tidur dengan baik, tetapi sebenarnya fase tidur dalam mereka terganggu  sepanjang malam. 

Ada juga  banyak variabel yang belum diperhitungkan,  seperti apakah peserta memiliki gangguan tidur  sebelumnya, atau masalah kesehatan lainnya.
Mengingat bahwa kebiasaan tidur bersama hewan peliharaan di kamar tidur semakin menjadi hal yang umum, maka penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dogs and Cats Sleeping in Your Bed -- Is It Healthy?. WebMD Pet Health Center. (https://pets.webmd.com/features/pets-in-your-bed#1)
Dogs: Should They Sleep with You at Night?. Healthline. (https://www.healthline.com/health-news/should-you-let-dog-sleep-with-you-at-night)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app