Terapi Berhenti Merokok Dengan Metode Akupuntur, Efektifkah?

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 19, 2019 Waktu baca: 2 menit
Terapi Berhenti Merokok Dengan Metode Akupuntur, Efektifkah?

Banyak metode yang biasa dilakukan perokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Contoh yang sekarang ini paling sering digunakan adalah menggunakan metode akupuntur. 

Fakta membuktikan bahwa metode ini ternyata digunakan untuk pengobatan bagi orang yang memiliki kecanduan akan obat-obatan. Mengingat metode ini mampu mengurangi rasa keinginan dan gejala sakau nikotin seperti gelisah, kesulitan untuk konsentrasi hingga marah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dalam dunia kedokteran, metode akupuntur memang sudah sukses membantu perokok untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Pengobatan ini mengatasi gejala yang bertujuan untuk menyeimbangkan energi tubuh agar bisa optimal untuk kesehatan. 

Metodenya sendiri berfokus di rasa gelisah, lelah, dan juga murah marah. Gejala ini memang wajar dialami oleh mereka yang ingin berhenti merokok. Akupuntur juga efektif untuk membantu merelaksasikan dan juga detoksifikasi

Cara Kerja Akupuntur Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok

Studi yang dilakukan oleh University of Oslo, Norway, akupuntur bisa mengurangi keinginan untuk merokok secara signifikan. Biasanya keinginan ini akan berlangsung sampai 5 tahun setelah pengobatan awalnya. Studi juga telah membuktikan bahwa rasa rokok akan semakin memburuk bagi perokok dibanding sebelum melakukan pengobatan ini. 

Jarum akupuntur sendiri biasanya memiliki ukuran sebesar rambut. Jarum tersebut akan dimasukkan ke bagian titik telinga dan tubuh agar membantu menghentikan kebiasaan merokok seseorang.

Di sela-sela pengobatan, pellet kecil tadi akan dipasang di titik akupuntur dibagian telinga. Ketika keinginan untuk rokok masih muncul, tekan saja pellet tersebut untuk menstimulasi titik akupuntur agar bisa menenangkan pikiran dan juga menghilangkan rasa ingin merokok. 

Meskipun akupuntur cukup sukses menghentikan kebiasaan merokok seseorang, tetap saja pengobatan ini bukan seperti hal ajaib yang langsung bereaksi untuk perokok. Jika Anda sudah siap untuk berhenti merokok, hubungi saja ahli akupuntur yang ada di sekitar Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Titik Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok Menggunakan Metode Akupuntur

Metode akupuntur ini dilakukan sesuai metodenya masing-masing. Maksudnya, diagnosis yang dilakukan memang berbeda untuk setiap pasiennya. Umumnya kombinasi antara titik akupuntur dibagian tubuh dan juga telinga dipercaya lebih efektif karena bisa mempengaruhi bagian organ dan juga saluran energi yang berkaitan dengan rokok. 

Pengobatan ini biasanya akan selesai antara 5 hingga 30 menit dan bisa dilakukan sebanyak 1 kali atau 2 kali dalam seminggu.

Sesudah jarumnya diangkat, pellet biasanya dipasang agar bisa menstimulasi titik diantara pengobatan untuk mengurangi rasa ingin merokok tersebut. Gejala pengobatannya biasanya ditentukan rasio kebiasaan merokok Anda. 

Semakin sering merokok tentunya waktu yang diperlukan juga agak lama. Namun jika kebiasaan merokok masih sangat kecil, bisa dipastikan di pengobatan pertama sudah ada hasil nyatanya.

Program pengobatan berhenti merokok ini biasanya memerlukan 3 sampai 6 pengobatan awal untuk beberapa minggu pertama. Pengobatan juga akan dilakukan selama bulanan, bisa sampai 4 hingga 6 bulan. 

Selama pengobatan ini dilakukan, tentu saja ada beberapa gaya hidup yang perlu diubah. Pertama, Anda harus mulai membiasakan diri untuk olahraga. Bergerak adalah cara terbaik untuk mengingatkan Anda agar tidak boleh merokok lagi.

Selanjutnya adalah dengan ,mengkonsumsi rokok dan juga sayuran segar agar menetralkan bagian darah di asam nikotin. Hindari juga makanan yang siap saji, gula dan juga kopi yang umumnya bisa mengganggu kadar gula dalam darah. 

Disarankan juga untuk memperbanyak minum air putih sepanjang hari. Tidak lupa melakukan latihan pernafasan untuk meningkatkan oksigen didalam tubuh agar pikiran tenang.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
White, Adrian & Rampes, Hagen & Liu, Jianping & Stead, Lindsay & Campbell, John. (2011). Acupuncture and related interventions for smoking cessation. Cochrane database of systematic reviews (Online). 1. CD000009. 10.1002/14651858.CD000009.pub3. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/49769353_Acupuncture_and_related_interventions_for_smoking_cessation)
Want to Quit Smoking? Acupuncture Can Help You With Cravings. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/want-to-quit-smoking-acupuncture-can-help-you-with-cravings/)
Acupuncture for smoking cessation: A systematic review and meta-analysis of 24 randomized controlled trials. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6662782/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app