Tak Seperti Benang Jahit Biasa, Berikut Bahan-Bahan Pembuat Benang Operasi

Dipublish tanggal: Agu 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tak Seperti Benang Jahit Biasa, Berikut Bahan-Bahan Pembuat Benang Operasi

Jahitan digunakan oleh dokter Anda untuk menutup luka pada kulit atau jaringan lain. Ketika dokter menjahit luka, mereka akan menggunakan jarum yang melekat pada "benang" untuk menjahit luka.

Berbeda dengan benang dan jarum yang digunakan untuk menjahit pakaian, ada berbagai bahan yang tersedia yang dapat digunakan dokter untuk menjahit kulit atau jaringan tubuh lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dokter akan memilih bahan yang sesuai dengan luka atau prosedur yang digunakan. Untuk lebih lengkapnya mari disimak artikel yang satu ini.

Jenis jenis Benang Jahit

Benang jahit yang digunakan untuk kebutuhan medis dapat diklasifikasikan dalam banyak cara. Pertama, jahitan dapat diklasifikasikan sebagai jahitan yang dapat diserap (absorbable) atau tidak dapat diserap. 

Jahitan yang dapat diserap tidak membutuhkan prosedur lanjutan oleh dokter untuk mengangkat benang yang telah dijahit. 

Ini karena benang tersebut memiliki bahan yang dapat  “dicerna” secara alami oleh jaringan tubuh Anda. Benang jahit yang dapat diserap biasanya diterapkan pada jaringan dibawah kulit seperti otot atau jaringan lunak dibawah kulit. 

Sedangkan jahitan yang tidak dapat diserap perlu diangkat atau dalam beberapa kasus mungkin benang akan dibiarkan secara permanen.

Kedua, jahitan dapat diklasifikasikan berdasarkan bahan dari benang yang digunakan sesuai dengan materialnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Benang jahit monofilament terdiri dari satu utas benang. Benang ini digunakan untuk lebih mudah melewati jaringan. 

Sedangkan benang jahit braided terdiri dari beberapa utas benang kecil yang dikepang bersama. Benang ini memiliki keamanan yang lebih baik, tetapi memiliki potensi infeksi yang lebih tinggi.

Ketiga, jahitan dapat diklasifikasikan sebagai dibuat dari bahan alami atau sintetis. Namun, karena semua jahitan bahan disterilkan, perbedaan ini tidak terlalu berarti.

Jenis jahitan yang dapat diserap

  • Benang cat gut 
    Jahitan monofilamen alami ini digunakan untuk memperbaiki luka atau laserasi jaringan lunak pada bagian dalam tubuh. Benang cat gut tidak boleh digunakan untuk prosedur kardiovaskular atau neurologis. Tubuh memiliki reaksi kuat terhadap benang ini dan umumnya benang ini hanya sering digunakan pada prosedur ginekologi.
  • Polydioxanone (PDS)
    Jahitan monofilamen sintetik ini dapat digunakan untuk berbagai jenis perbaikan luka jaringan lunak serta untuk prosedur jantung anak.
  • Poliglecaprone (MONOCRYL)
    Jahitan monofilamen sintetik ini digunakan untuk penggunaan umum dalam perbaikan jaringan lunak. Bahan ini tidak boleh digunakan untuk prosedur kardiovaskular atau neurologis. Jahitan ini paling sering digunakan untuk menutup kulit dengan cara yang tidak terlihat.
  • Poliglaktin (Vicryl)
    Jahitan jalinan sintetis ini baik untuk memperbaiki laserasi tangan atau wajah. Seharusnya tidak digunakan untuk prosedur kardiovaskular atau neurologis.

Jenis jahitan yang tidak dapat diserap

Beberapa contoh benang jahit yang tidak dapat diserap dapat ditemukan di bawah ini. Jenis benang jahit seperti di bawah ini dapat digunakan untuk memperbaiki jaringan lunak, termasuk untuk prosedur kardiovaskular dan neurologis.

  • Nilon
    Jahitan monofilamen alami.
  • Polypropylene (Prolene)
    Jahitan monofilamen sintetik.
  • Silk
    Jahitan alami yang dikepang.
  • Poliester (Ethibond)
    Jahitan jalinan sintetis.

Memilih Benang Jahit yang tepat

Bahan jahitan dinilai sesuai dengan diameter untaian jahitan. Sistem penilaian menggunakan huruf "O" yang diawali dengan angka untuk menunjukkan diameter material. Semakin tinggi angkanya, semakin kecil diameter untaian jahitan.

Saat ini kebanyakan jarum jahit sudah melekat pada benang jahit. Jarum dapat memiliki banyak fitur berbeda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Perbedaan fitur ini bisa dilihat dari berbagai ukuran dan apakah jarum tersebut memiliki tepi yang bulat atau dengan tepi yang tajam. 

Jarum yang lebih besar dapat menutup lebih banyak jaringan dengan setiap tusukan, sementara jarum yang lebih kecil cenderung digunakan pada daerah-daerah seperti wajah untuk mengurangi kemungkinan pembentukan bekas luka.

Benang jahit digunakan oleh dokter untuk menjahit luka atau luka lecet. Ada banyak jenis bahan jahitan yang tersedia. 

Selain itu, ada banyak teknik jahitan yang dapat digunakan. Dokter Anda akan memilih bahan jahitan dan teknik  yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kondisi Anda. 

Tanyakan dengan dokter Anda mengenai pertanyaan apapun yang ingin Anda tanyakan mengenai prosedur menjahit atau teknik menjahit sebelum menjalani prosedur tersebut.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app