Perawatan Tubuh

Suntik Putih, Salah Satu Pilihan Untuk Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Dipublish tanggal: Mei 6, 2020 Update terakhir: Mei 21, 2020 Waktu baca: 3 menit
Suntik Putih, Salah Satu Pilihan Untuk Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Selain menggunakan masker wajah ataupun krim pemutih wajah, salah satu pilihan lain untuk mencerahkan dan memutihkan kulit adalah dengan menjalani perawatan kecantikan suntik putih (whitening injection)
  • Tak hanya untuk bagian wajah, tetapi suntik putih (whitening injection) juga bisa memutihkan dan mencerahkan kulit secara menyeluruh karena cairan pemutih dialirkan melalui pembuluh darah dan bergerak ke seluruh jaringan kulit. 
  • Kandungan yang terdapat dalam suntik putih (whitening injection) biasanya berupa vitamin C, plasenta, glutathione (GSH), kolagen, serta beberapa zat vitamin lain yang juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dan stamina tubuh, menjaga kadar kolagen kulit, serta menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh
  • Selain manfaatnya yang luar biasa bagi kulit, penggunaan suntik putih atau suntik vitamin C ini juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan kandungan dalam suntik putih ini dapat menimbulkan efek samping jika disuntikkan dengan dosis berlebih
  • Beberapa efek samping dari suntik putih bisa berupa kerusakan organ ginjal dan jantung, munculnya alergi seperti ruam kemerahan dan gatal, serta ketidakseimbangan hormon dalam tubuh

Memiliki kulit putih dan cerah tentu menjadi idaman setiap orang. Untuk mendapatkannya, sebagian orang perlu berusaha dengan melakukan serangkaian cara memutihkan wajah. Beberapa cara memutihkan wajah yang dilakukan di antaranya menggunakan masker wajah, krim pemutih wajah, atau menjalani treatment perawatan kecantikan ke dokter kulit melalui suntik putih (whitening injection).

Dengan melakukan perawatan kecantikan suntik putih (whitening injection), maka kulit bersih, putih, dan cerah bukan tidak mungkin meningkatkan rasa percaya diri Anda. Jika Anda ingin perawatan wajah yang cepat dan praktis, suntik putih (whitening injection) bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Cari perawatan suntik putih di sini: Perawatan Kecantikan untuk Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Apa itu suntik putih (whitening injection)?

Whitening injection atau suntik putih adalah suatu cara memutihkan wajah dan kulit serta mencerahkan kulit secara keseluruhan. Titik suntik whitening injection ini biasanya dilakukan di area siku lengan, pergelangan tangan, atau pada punggung tangan. Waktu yang dibutuhkan untuk menjalani perawatan suntik putih (whitening injection) biasanya tidak terlalu lama, hanya sekitar 15-30 menit saja. 

Perawatan kecantikan dengan suntik putih (whitening injection) ini sendiri berbeda dengan krim pemutih wajah. Jika krim pemutih wajah hanya dioleskan ke kulit, maka manfaat utama suntik putih (whitening injection) ini akan terasa hingga ke seluruh jaringan kulit secara merata karena cairan zat yang disuntik akan mengalir di dalam pembuluh darah.

Cara kerja suntik putih pada wajah dan tubuh

Suntik putih (whitening injection) adalah suatu cara memutihkan dan mencerahkan kulit melalui suntikan infus yang mengandung bahan vitamin tertentu yang dimasukkan ke dalam lapisan kulit tepatnya pada pembuluh darah dengan tujuan agar kulit tampak lebih putih dan cerah. Beberapa bahan vitamin yang dimasukkan ke dalam suntikan/injeksi umumnya mengandung vitamin C, plasenta, glutathione (GSH), kolagen, atau beberapa zat vitamin lainnya.

Umumnya suntik putih (whitening injection) dikenal juga dengan istilah suntik vitamin C karena hampir semua bahan zat suntik mengandung vitamin C di dalamnya. Vitamin C dan glutathione (GSH) adalah zat antioksidan tinggi yang berfungsi untuk melindungi kulit dari efek penuaan terutama seiring bertambahnya usia. 

Suntik putih ini tak hanya dapat membantu memutihkan kulit wajah saja, tetapi juga memutihkan kulit tubuh secara menyeluruh. Baik pria maupun wanita juga dapat menjalani perawatan suntik putih ini, kecuali ibu hamil ataupun ibu menyusui. Perawatan suntik putih (whitening injection) ini juga cocok bagi Anda yang mungkin terganggu dengan timbulnya flek, garis halus (keriput), serta pori-pori kulit yang besar di kulit wajah. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Seputar suntik putih (whitening injection)

Selain membantu mencerahkan, menghaluskan, dan memutihkan kulit, whitening injection dengan suntik vitamin C juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dan stamina tubuh dalam melawan infeksi, menjaga kadar kolagen pada kulit, serta menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. 

Hasil akhir dari perawatan suntik putih ini pun bisa berbeda antar pasien dan bergantung pada kondisi kulit, besaran dosis dalam injeksi, serta penyesuaian terhadap warna kulit yang diinginkan. Untuk demi hasil yang maksimal, dokter juga mungkin akan menambahkan beberapa sesi perawatan yang harus dijalani.

Dosis yang terkandung dalam suntik putih

Umumnya dalam dosis sekali suntik kandungan vitamin C yang terkandung berkisar antara 1.000-1.800 mg dalam 1 ampul. Jumlah itu tentu jauh lebih besar daripada dosis vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh yakni hanya sekitar 40 mg per hari. Maka dari itu untuk penerapan suntik putih tidak boleh dilakukan secara sembarangan, harus dilakukan oleh ahli kesehatan profesional seperti dokter kecantikan. Karena suntik putih (whitening injection) yang dilakukan dengan dosis tinggi atau berlebihan maka dapat mempengaruhi fungsi kesehatan lain seperti kesehatan ginjal.

Efek samping suntik putih

Selain gangguan pada ginjal, efek samping lain dari treatment suntik putih yang tidak tepat juga dapat menimbulkan kerusakan organ tubuh lain seperti munculnya alergi seperti ruam kulit dan gatal, nyeri otot dan nyeri sendi, gangguan jantung (aritmia), gangguan pencernaan (sembelit), hingga ketidakseimbangan hormon tubuh. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani perawatan kecantikan suntik putih (whitening injection) untuk menghindari dan mencegah risiko efek samping yang mungkin timbul.

Baca juga: Antara Manfaat dan Bahaya Suntik Putih

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA. Injectable Skin Lightening and Skin Bleaching Products May Be Unsafe. (https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/injectable-skin-lightening-and-skin-bleaching-products-may-be-unsafe)
Healthline. Glutathione Benefits for Your Health and Body. (https://www.healthline.com/health/glutathione-benefits)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app