Spectinomycin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Jun 22, 2019 Waktu baca: 2 menit

spektinomisina (spectinomycin) adalah antibiotik yang termasuk  aminosiklitol yang terkait sangat dekat dengan antibiotik golongan Aminoglikosida. Antibiotik ini diberikan dalam bentuk garamnya yaitu dalam bentuk spectinomycin hydrochloride (spectinomycin - HCl), yang bekerja dengan cara mengikat ribosom 30s pada bakteri yang menyebabkan kegagalan pembacaan mRNA sehingga bakteri tidak mampu mensintesa protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya.

Indikasi spectinomycin

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • kegunaan obat spektinomisina (spectinomycin) adalah untuk pengobatan penyakit infeksi seperti uretritis dan proctitis gonokokus akut pada pria dan servistis dan proktitis akut pada wanita disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, terutama untuk pasien - pasien yang mempunyai riwayat alergi terhadap antibiotik golongan penicillin
  • di USA obat dengan kandungan zat aktif ini sudah tidak tersedia lagi karena adanya laporan resistensi bakteri terhadap antibiotik ini

Kontra indikasi

 Jangan memberikan antibiotika ini untuk pasien - pasien yang memiliki riwayat mengalami reaksi hipersensitivas terhadap  spektinomisina (spectinomycin) dan antibiotik lain yang termasuk golongan aminoglikosida

Efek Samping

  • efek samping spektinomisina (spectinomycin) berupa nyeri di tempat suntikan, urtikaria, pusing, mual, sakit perut, gatal, menggigil, demam, ruam merah dan insomnia.
  • efek samping lain yang pernah dilaporkan antara lain penurunan hemoglobin, hematokrit dan kreatinin
  • tercatat juga menyebabkan elevasi alkali fosfatase, BUN dan SGPT
  • efek samping yang serius seperti shock anafilaktic pernah dilaporkan terjadi, oleh karena itu jika tanda - tanda reaksi alergi terhadap spektinomisina (spectinomycin) terlihat, pemakaian obat ini harus segera dihentikan

Perhatian

Spectinomycin hidroklorida sebaiknya tidak digunakan untuk pengobatan syphilis. Jika dalam terapi singkat untuk mengobati gonnore antibiotik ini digunakan dalam dosis tinggi, dapat menutupi atau menunda gejala inkubasi syphilis. Akibatnya pasien sering tidak menyadari jika mereka terinfeksi syphilis. Karena dalam pengobatan penyakit syphilis diperlukan terapi jangka panjang dengan antibiotik yang efektif, pasien – pasien yang menjalani terapi untuk pengobatan gonnore harus melakukan tes serologi untuk syphilis pada saat diagnosis. Pasien – pasien yang mendapatkan terapi menggunakan spectinomycin hidroklorida harus menjalani tes serologi tingkat lanjut setelah tiga bulan, untuk memastikan apakah mereka mengidap syphilis atau tidak.

Toleransi terhadap kehamilan

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

KATEGORI B. studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk , tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin pada usia kehamilan trimester berapapun.

Interaksi obat

Dapat berakibat toksisitas lithium. Meningkatkan efek obat anastesi atracurium sehingga memanjangkan kinerjanya untuk menghambat neuromuskular.

Dosis

spektinomisin (spectinomycin) diberikan dengan dosis :

  • dewasa : (pria dan wanita) suntik 5 ml larutan yang mengandung 2 g  (spectinomycin - HCl)  maksimal 4 mg secara intra muskuler pada dua lokasi yang berbeda.

Terkait

  • Merk-merk obat dengan kandungan spektinomisina (spectinomycin)
  • merk-merk obat yang termasuk antibiotik aminoglikosida, derivat

 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Trobicin (Spectinomycin): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/trobicin-drug.htm)
Spectinomycin Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/spectinomycin.html)
Spectinomycin - C14H24N2O7. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Spectinomycin)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app