Solusi Untuk Menghilangkan ‘Bolong’ atau Bopeng Bekas Jerawat di Wajah

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Mei 7, 2021 Tinjau pada Jul 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Solusi Untuk Menghilangkan ‘Bolong’ atau Bopeng Bekas Jerawat di Wajah

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Memiliki noda bekas jerawat yang membentuk bopeng atau bolong pada bagian wajah bisa dihilangkan dengan cara alami maupun perawatan kecantikan;
  • Bekas jerawat di wajah umumnya terjadi akibat kebiasaan memegang atau memencet jerawat yang sedang muncul dan menyebabkan bopeng pada wajah;
  • Cara alami menghilangkan 'bolong' di wajah adalah dengan masker wajah yang terbuat dari jeruk nipis dan madu ataupun tomat dan mentimun;
  • Untuk menghilangkan bekas jerawat juga bisa dilakukan dengan perawatan kecantikan di klinik seperti mesotheraphy, laser wajah, dan mikrodermabrasi;
  • Pilih berbagai jenis perawatan kecantikan dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman di klinik kecantikan terdekat melalui HDMall;
  • Temukan dan booking paket mikrodermabrasi dan laser wajah yang Anda butuhkan hanya di HDMall. Pesan secara online sekarang juga!

Apakah Anda pernah mengalami cekungan di wajahmu seperti seolah-olah sebagian area di wajahmu seperti bolong dan tidak enak dipandang mata? Bila iya, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kejadian ini sangat umum dan sering sekali dialami, baik pada pria maupun kaum wanita. 

Kebanyakan kasus dari wajah ‘bolong’ ini disebabkan oleh tangan yang gemar memegang dan memencet jerawat yang sedang muncul di wajah tanpa sabaran menunggu jerawat tersebut kempes dengan sendirinya. Alhasil timbullah bolong pada wajah atau bopeng akibat bekas jerawat tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

Nah bila wajah Anda sudah terlanjur ada ‘bolong-bolong’ maka tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips alami dan solusi perawatan kecantikan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Tips alami menghilangkan ‘bolong’ di wajah

Nah bila Anda ingin menghilangkan 'bolong' atau bopeng pada wajah secara alami, Anda bisa memilih tips berikut yang minim efek samping dan tentunya lebih murah meriah, hanya saja membutuhkan waktu lebih lama dalam mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jeruk Nipis dan Madu

Dua bahan alami ini merupakan bahan yang sangat ampuh dalam mengobati bolong atau bopeng di wajah. Selain itu jeruk nipis dan madu juga dapat merawat kulit dari berbagai jenis masalah kulit lainnya. 

Cara penggunaannya juga mudah. Hanya perlu mencampurkan satu sendok makan madu dan satu sendok perasan air jeruk nipis. Lalu oleskan pada seluruh wajah Anda yang telah dicuci bersih, oleskan lebih tebal pada bagian kulit wajah yang memiliki bekas jerawat dan noda hitam pada kult. Diamkan olesan dua bahan alami ini selama kurang lebih 20-30 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan alami ini secara rutin beberapa kali dalam seminggu dan niscaya bolong di wajahmu akan semakin samar dan menghilang dalam beberapa minggu.

Tomat dan Mentimun

Tomat dan mentimun merupakan buah yang dikenal memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit. Selain dapat dikonsumsi, buah ini pun dapat dijadikan masker wajah. Caranya pun sangatlah mudah, cukup haluskan buah tomat dan timun secara bersamaan, lalu oleskan pada kulit wajah yang sudah dicuci bersih secara merata dan diamkan selama 20 – 30 menitan. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan juga perawatan ini rutin selama tiga kali dalam seminggu sehingga dapat mendapatkan hasil maksimal.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Laser Wajah via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket laser wajah hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b06 laser wajah

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Jerawat dengan Bahan Alami

Perawatan kecantikan untuk menghilangkan ‘Bolong’ bekas jerawat di wajah

Mesotheraphy

Treatment mesotheraphy merupakan solusi modern berupa perawatan wajah dengan teknik memasukkan obat bahan alami dan vitamin ke dalam kulit seseorang dengan menggunakan jarum khusus yang ukurannya sangat kecil.

Untuk Anda yang penasaran akan treatment ini bisa langsung mengunjungi klinik kecantikan terdekat yang dilakukan oleh dokter kulit. Anda dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu kondisi kulit sebelum melakukan treatment mesotheraphy. Biaya perawatan mesotheraphy mungkin berbeda-beda tergantung klink kecantikan mana yang Anda tuju serta seberapa parah kondisi kulit yang dimiliki. Umumnya kisaran harga untuk treatment mesotheraphy ini sekitar Rp 1.500.000.

Laser wajah

Treatment satu ini juga merupakan solusi modern dan cepat dalam mengatasi bolong pada wajah. Perawatan laser wajah ini dikerjakan menggunakan teknik laser fractonal CO2 dan laser fotona dengan gelombang sinar yang dipancarkan ke kulit sampai menjangkau ke lapisan bawah kulit sehingga secara perlahan ‘bolong-bolong’ yang ada di wajah dapat kembali mengecil dan dapat rata kembali.

Sama seperti treatment mesotheraphy, treatment laser ini sekarang sudah banyak bisa ditemui di berbagai tempat facial maupun klinik kecantikan. Namun perlu diingat agar memilih klinik kecantikan yang menyediakan jasa konsultasi dengan dokter kulit sehingga Anda bisa mengetahui kondisi kulitmu terlebih dahulu dan paham betul treatment apa yang cocok untuk dilakukan. Untuk treatment laser ini biasanya dipatok di kisaran harga Rp 3.000.000 untuk sekali treatment, tetapi Anda bisa mendapatkan harga khusus melalui HDmall.

Mikrodermabrasi

Treatment atau perawatan mikrodermabrasi juga ditujukan untuk mengembalikan kulit wajahmu kembali rata dan normal seperti keadaan sebelum kulitmu bolong-bolong. Di treatment ini kulitmu akan dirawat sedemikian rupa sehingga dapat kembali beregenarasi dan membentuk jaringan kulit baru. Untuk treatment mikrodermabrasi, Anda mungkin harus menggelontorkan budget sekitar Rp. 2.000.000 untuk sekali perawatan. 

Baca juga: Mikrodermabrasi Wajah, Ini yang Harus Anda Ketahui

Sebelum melakukan perawatan kecantikan apapun, pastikan untuk mencari klinik kecantikan beserta dokter kulit yang memang sudah berpengalaman dan terbiasa melakukan treatment tersebut. Konsultasikan dulu keadaan kulitmu ke dokter kulit sebelum memutuskan mau melakukan suatu treatment karena kondisi kulit tiap orang belum tentu sama.

26 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA drug safety communication: FDA warns of rare but serious hypersensitivity reactions with certain over-the-counter topical acne products. U.S. Food and Drug Administration. http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm400923.htm.
Emmy Graber. Treatment of acne vulgaris. https://www.uptodate.com/contents/search.
Thiboutot D, et al. Pathogenesis, clinical manifestations and diagnosis of acne vulgaris. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app