Solusi Mencegah Kerusakan Gigi Menggunakan Flouride Varnish

Fluoride berperan dalam mencegah karies karena dapat meningkatkan mineralisasi gigi, mencegah bakteri menghasilkan asam yang dapat memicu terjadinya karies gigi.
Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Solusi Mencegah Kerusakan Gigi Menggunakan Flouride Varnish

Gigi berlubang atau sering disebut karies adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Karies gigi merupakan penyakit umum yang sering dialami pada masyarakat. 

Jumlah kasus karies gigi pada masyarakat sangat mempengaruhi tingkat kesehatan mulutpada umumnya. Oleh karena itu, perlu diadakan usaha pencegahan efektif dan efisien. Salah satunya adalah penggunaan flour.

Iklan dari HonestDocs
Penambalan Gigi (Tooth Filling) Simple 1 Gigi Dengan Light Cured Resin Composite di Airis Dental Clinic

Gigi berlubang, patah, dan terkikis dapat dirawat dengan penambalan gigi. Kami menggunakan bahan resin composite yang sewarna dengan gigi sehingga tampak estetis dan juga kuat. Penambalan langsung hanya dilakukan apabila lubang/patah tidak mencapai pulpa (syaraf gigi)

Penambalan gigi %28tooth filling%29 simple 1 gigi   dengan light cured resin composite   di airis dental clinic

Flouride sangat penting dalam mencegah munculnya karies dini. Fluoride berperan dalam mencegah karies karena dapat meningkatkan mineralisasi gigi, mencegah bakteri menghasilkan asam yang dapat memicu terjadinya karies gigi. 

Telah terbukti bahwa bahan-bahan yang mengandung fluoride dapat mencegah karies. Fluoride Varnish sangat jarang digunakan karena tidak dapat dilakukan sendiri melainkan harus datang ke dokter gigi. 

Fluoride varnish dapat diberikan pada semua umur. Varnish sangat mudah diberikan pada pasien, tidak memerlukan perlengkapan yang khusus sehingga pasien anak tidak takut bila dilakukan topikal dengan cara ini.

Indikasi flouride varnish

Fluoride varnish awalnya digunakan sebagai terapi untuk mencegah karies gigi pada anak dan orang dewasa yang memiliki risiko karies gigi yang sangat tinggi. 

Dewasa ini fluoride varnish banyak digunakan oleh dokter gigi untuk mencegah terjadinya gigi berlubang, baik pada anak maupun dewasa. Kriteria untuk penggunaan fluoride varnish diantaranya adalah :

  • Adanya plak di permukaan gigi
  • Terdapat karies gigi atau gigi berlubang
  • Lesi white spot / bintik putih
  • Riwayat keluarga yang mengalami gigi berlubang
  • Anak yang minum susu dengan botol lebih dari setahun
  • Bayi yang makan pada malam hari
  • Mengkonsumsi gula yang tinggi

Cara pengaplikasian fluoride varnish adalah sebagai berikut :

  • Sediakan alat dan bahan untuk aplikasi fluoride varnish
  • Bersihkan seluruh bagian gigi
  • Oleskan varnish ke seluruh bagian gigi dengan sikat sekali pakai. Akan terlihat perubahan warna menjadi menguning setelah dilakukan pemolesan varnish.
  • Setelah prosedur selesai maka diizinkan untuk minum tetapi dalam jumlah yang sedikit
  • Setelah dilakukan perawatan maka dokter akan memberikan beberapa instruksi, diantaranya adalah jangan menghilangkan lapisan flouride varnish sampai keesokan harinya, makanlah makanan yang mebut dan dingin selama satu hari, hindari minuman panas selama satu hari, setelah aplikasi flouride varnish jangan langsung berkumur dan makan, jangan menyikat gigi dan flossing selama minimal 4 jam.

Keuntungan flouride varnish

Fluoride Varnish memiliki banyak keuntungan dibandingkan topikal aplikasi lainnya. Ada beberapa keuntungan penggunaan Flouride Varnish diantaranya :

Iklan dari HonestDocs
Penambalan Gigi 1 Kali Di Host Dental Clinic

Merupakan prosedur non-bedah yang dilakukan secara konservatif untuk menghilangkan karies gigi dan mempertahankan fungsi gigi. Hanya berlaku untuk 1 gigi saja (jika lebih, maka akan ada penambahan biaya). Paket ini sudah termasuk konsultasi dokter.

Penambalan gigi 1 kali di host dental clinic
  • Teknik aplikasi mudah dan cepat
  • Flouride Varnish mudah digunakan dan memiliki rasa yang khas sehingga dapat diberikan pada perawatan anak-anak
  • Cepat kering
  • Fluoride varnish bila dicoba tidak memiliki rasa yang pahit
  • Tidak memerlukan waktu yang lama untuk menunggu makan dan minum setelah aplikasi

Flouride Varnish dapat diberikan pada segala usia dari bayi hingga dewasa, namun lebih ditujukan pada masa perkembangan dan pertumbuhan gigi geligi. 

Aplikasinya sangat mudah diberikan pada pasien sehingga pasien tidak takut bila diberikan. Flouride Varnish paling cepat dan mudah dibandingkan topikal aplikasi fluoride lainnya. 

Pemolesan varnish memerlukan waktu kurang dari 2 menit. Dibandingkan topikal aplikasi yang lain Flouride Varnish lebih ampuh dalam mencegah terjadinya plak. Cukup dengan menyikat gigi setelah aplikasi mampu mencegah timbulnya karies gigi.

Kerugian flouride varnish

Selain keuntungan juga terdapat beberapa kerugian dari penggunaan varnish, yaitu :

  • Dapat menyebabkan warna gigi berubah, namun perubahan ini hanya bersifat temporer.
  • Edematous dapat terjadi setelah melakukan perawatan. Peristiwa ini  terjadi karena reaksi alergi dari tubuh pasien terhadap bahan dasar Flouride Varnish.
  • Mengakibatkan nausea pada penderita yang mempunyai sensitif lambung.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan perawatan flouride varnish secara berkala. Pemberian flouride varnish dapat dilakukan 3-6 bulan sekali. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Benefits and Safety of Flouride Varnish. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-side-effects-and-safety-of-flouride-varnish-4767253)
Fluoride treatment: Benefits, side effects, and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327168)
Fluoride Varnish Effect on Preventing Dental Caries in a Sample of 3-6 Years Old Children. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4336657/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app