Sensitif Kritik - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Aug 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.115.416 orang

Dalam proses menjalani hidup, memenuhi harapan yang Anda miliki untuk diri sendiri tidak selalu datang dengan mudah. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi menetapkan harapan yang tinggi (dan terkadang tidak mungkin) bisa menyebabkan Anda stres. 

Dampak besar yang mungkin muncul  adalah ketidakpuasan terhadap situasi Anda saat ini, mengkritik diri sendiri, dan hilangnya kedamaian mental, kebahagiaan, dan kesehatan.

Iklan dari HonestDocs
Tanya Dokter Online via HonestDocs

Punya pertanyaan seputar gejala, penyakit, dan obat? Klik di sini untuk memulai konsultasi dengan tim medis HonestDocs!

Tanya dokter

Bersyukurlah atas kebaikan dalam hidup Anda.

Salah satu prinsip kesuksesan yang paling mendasar adalah belajar bagaimana bersyukur atas semua hal baik dalam hidup Anda. Hidup itu tidak sempurna, dan tidak akan pernah terjadi. 

Dalam memahami kondisi ini akan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal positif. Dengan berfokus pada apa yang Anda miliki, Anda akan mengembangkan pribadi bahagia dan tenang yang akan memungkinkan impian Anda menjadi kenyataan.

Mengurangi keinginan

Sangat mudah untuk terjebak dalam membandingkan diri sendiri dan apa yang Anda miliki dengan orang lain. Anda mungkin menemukan bahwa begitu Anda mendapatkan hal yang Anda inginkan, Anda tidak lagi menginginkannya atau sesuatu yang baru dan lebih baik datang dan keinginan terus berlanjut.

Jika Anda terjebak dalam lingkaran tersebut, Anda tidak akan pernah puas sepenuhnya dengan diri sendiri atau hidup Anda. Periksa kembali prioritas Anda. 

Apakah kesuksesan, kemakmuran, atau kebahagiaan adalah tujuan utama Anda? Tetapkan tujuan yang jelas namun dapat dikelola dan tetap gigih dalam upaya Anda untuk mencapainya.

Seimbangkan diri Anda.

Mencapai keseimbangan holistik dalam semua aspek kehidupan Anda baik secara profesional, pribadi, keluarga, dan sosial sangat penting untuk kesehatan, kesejahteraan, dan kesuksesan yang optimal. 

Iklan dari HonestDocs
Tanya Dokter Online via HonestDocs

Punya pertanyaan seputar gejala, penyakit, dan obat? Klik di sini untuk memulai konsultasi dengan tim medis HonestDocs!

Tanya dokter

Optimiskan diri Anda untuk mempertahankan sikap positif. Teknik yang dapat membantu dalam hal ini adalah sugesti, menggunakan afirmasi positif secara teratur untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan perilaku atau emosi negatif seperti kritik diri, ketakutan, dan keraguan, dan membangun rasa percaya diri dan perasaan tenang dan bahagia.

Maafkan diri

Untuk mengalami kesuksesan jangka panjang, ingatlah untuk tidak menganggap diri Anda terlalu serius atau merasa bersalah atau menyesal ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana Anda. 

Menghindari emosi negatif dan bergerak maju. Alih-alih merenungkan apa yang salah, cari solusi untuk masalah Anda dan terapkan pelajaran di waktu berikutnya. Khawatir atau terpaku pada kegagalan dan kemunduran Anda hanya akan membuang waktu Anda dan membahayakan masa depan Anda.

Kelola stres Anda.

Sangat penting untuk belajar bagaimana mengelola stres kehidupan sehari-hari. Olahraga dikombinasikan dengan diet sehat adalah cara terbaik untuk menjaga tingkat stres Anda minimal. 

Meditasi, pernapasan dalam, dan berbicara secara terbuka dengan anggota keluarga atau teman dekat dapat membantu Anda menemukan perspektif yang tepat. 

Iklan dari HonestDocs
Tanya Dokter Online via HonestDocs

Punya pertanyaan seputar gejala, penyakit, dan obat? Klik di sini untuk memulai konsultasi dengan tim medis HonestDocs!

Tanya dokter

Motivasi diri Anda secara teratur dengan sikap positif dan lima langkah sederhana ini akan membuka pintu menuju kesuksesan ketika Anda mendefinisikannya.

Kondisi yang menimbulkan sensitivitas terhadap kritik

Gangguan Kepribadian Narkistik

Gangguan kepribadian narsisistik (NPD) adalah gangguan kepribadian di mana orang memiliki pendapat yang meningkat tentang diri mereka sendiri. Mereka juga sangat membutuhkan kekaguman dan perhatian orang lain. 

Orang dengan NPD mungkin secara umum tidak bahagia dan kecewa ketika mereka tidak diberi pujian atau bantuan khusus yang mereka yakini pantas mereka dapatkan. Orang lain mungkin melihat mereka sombong dan sombong, dan mungkin tidak menikmati berada di sekitar mereka.

Gangguan Kepribadian Dependen

Gangguan kepribadian dependen adalah gangguan kepribadian cemas yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk melakukan hal secara sendiri. Orang dengan kondisi ini mengembangkan gejala kecemasan ketika mereka tidak berada di sekitar orang lain. 

Mereka mengandalkan orang lain untuk kenyamanan, kepastian, nasihat, dan dukungan.

Gangguan Kepribadian Histrionik

Gangguan Kepribadian histrionik  adalah bagian dari kelompok gangguan psikologis yang lebih besar, yang disebut gangguan kepribadian "Cluster B". Gangguan dalam kategori ini umumnya dikategorikan sebagai dramatis, emosional, atau tidak menentu.

Orang dengan gangguan kepribadian ini  memiliki citra mental yang menyimpang dari diri mereka sendiri. Mereka sering mendasarkan harga diri mereka pada persetujuan orang lain. 

Ini menciptakan kebutuhan untuk diperhatikan. Karena itu, orang dengan gangguan kepribadian histrionik mungkin menggunakan kejenakaan dramatis.

Wanita didiagnosis gangguan tersebut lebih sering daripada pria. Itu mungkin karena pria melaporkan gejala mereka lebih jarang daripada wanita

Gangguan Kepribadian Menghindar

Orang-orang dengan gangguan kepribadian menghindar memiliki pola rasa malu yang ekstrem seumur hidup. Mereka juga merasa tidak mampu dan hipersensitif terhadap penolakan. 


Gangguan Kepribadian Menghindar dapat menyebabkan gejala kejiwaan yang menciptakan masalah serius dengan hubungan dan pekerjaan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit