Seberapa Efektif Metode Akupuntur Menghilangkan Kebiasaan Merokok?

Dipublish tanggal: Mei 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Seberapa Efektif Metode Akupuntur Menghilangkan Kebiasaan Merokok?

Ada banyak cara digunakan untuk mengatasi kecanduan rokok, dan salah satu yang sering digunakan adalah metode akupuntur. Teknik ini kerap dipakai untuk menangani pasien ketergantungan narkoba dan juga nikotin. 

Kinerjanya dengan cara menekan keinginan untuk merokok dan menangani gejalanya seperti gelisah, mudah marah, dan kurang bisa berkonsentrasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lantas, seberapa efektifkah akupuntur mengobati kecanduan akan rokok dan berapa lama waktu yang diperlukan? Temukan jawabannya di bawah ini.

Bagaimana cara kerja akupuntur menyembuhkan kebiasaan merokok?

Pengobatan melalui akupuntur bertujuan untuk menyeimbangkan energi didalam tubuh agar kesehatan bisa tetap terjaga. Saat pecandu rokok memutuskan untuk berhenti, gejala yang timbul biasanya berupa rasa lelah, mudah marah, serta gelisah. 

Akupuntur berfungsi untuk merelaksasi agar proses untuk menghilangkan kecanduan bisa berjalan lancar. Selain itu teknik ini juga mengurangi keinginan merokok dan membuat rasa rokok menjadi tidak enak.

Jarum yang digunakan untuk pengobatan akupuntur sangat tipis seperti satu helai rambut. Jarum-jarum tersebut lantas dimasukkan ke beberapa titik pada tubuh dan telinga. Saat proses pengobatan, biasanya akan dimasukkan pellet kecil pada titik akupuntur di telinga. 

Fungsi pellet tersebut adalah untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan keinginan untuk merokok. Akupuntur bukanlah terapi yang bisa memberikan hasil secara instan. Namun cara tersebut bisa menghilangkan kecanduan terhadap rokok secara menyeluruh. Jadi keinginan untuk merokok tidak akan datang lagi.

Titik akupuntur yang digunakan untuk menyembuhkan kebiasaan merokok

Untuk mengobati kecanduan akan rokok, titik yang digunakan biasanya berupa kombinasi antara titik pada tubuh dan telinga. Kedua titik tersebut merupakan saluran energi yang berkaitan dengan rokok. Adapun titik yang berkaitan dengan proses penyembuhan akan kebiasaan merokok diantaranya adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Titik tubuh

Titik-titik pada tubuh yang digunakan meliputi tim mee, yaitu titik ekstra meridian yang ada di pergelangan tangan, titik diantara LU-7 dan LI-5. Titik tersebut merupakan titik spesifik untuk menghentikan kebiasaan merokok. 

Selain itu ada pula titik four gate points yang bertujuan untuk melancarkan sirkulasi energi dalam tubuh serta menenangkan sistem syaraf.

 Titik telinga

Titik-titik pada telinga yang dipakai pada pengobatan ini meliputi titik shenmen, ginjal, simpatetik, mulut, dan paru-paru bagian atas serta bawah.

Berapa lama proses pengobatan akupuntur dilakukan?

Masing-masing pasien memiliki diagnosa yang berbeda-beda. Biasanya akupuntur dilakukan selama 5 hingga 30 menit dengan frekuensi 1-2 kali seminggu. Untuk menghentikan kebiasaan merokok secara total, pengobatan dilakukan 4-6 kali pada minggu pertama. Selanjutnya dilakukan pengobatan bulanan selama 4-6 bulan.

Perubahan gaya hidup untuk menyembuhkan kebiasaan merokok

Agar bisa terbebas dari kecanduan rokok, kebiasaan baik dan gaya hidup sehat harus diterapkan. Beberapa diantaranya seperti:

  • Menjadwalkan terapi akupuntur secara rutin
  • Melakukan latihan pernapasan agar kadar oksigen dalam tubuh meningkat
  • Memperbanyak minum air putih
  • Mengkonsumsi teh hijau selama masa detoksifikasi
  • Menghindari kopi, gula, dan makanan siap saji agar kadar gula seimbang
  • Memperbanyak konsumsi wortel, seledri, salad, serta buah-buahan yang dapat meningkatkan alkalinitas dalam tubuh
  • Mengkonsumsi jus buah dan sayuran segar
  • Berolahraga secara teratur

Dengan melakukan pengobatan akupuntur secara rutin dan diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat, maka rasa kecanduan akan rokok berangsur-angsur akan hilang. Teknik akupuntur bisa memberikan hasil yang maksimal namun dibutuhkan proses yang tidak sebentar. 

Karena itu diperlukan konsistensi agar terapi dilakukan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
White, Adrian & Rampes, Hagen & Liu, Jianping & Stead, Lindsay & Campbell, John. (2011). Acupuncture and related interventions for smoking cessation. Cochrane database of systematic reviews (Online). 1. CD000009. 10.1002/14651858.CD000009.pub3. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/49769353_Acupuncture_and_related_interventions_for_smoking_cessation)
What are the types of nicotine replacement therapy? (2014, February 6) (http://www.cancer.org/Healthy/StayAwayfromTobacco/GuidetoQuittingSmoking/guide-to-quitting-smoking-types-of-nrt)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app