Makanan dan Diet Sehat

Beragam Manfaat dan Informasi Penting Dari Sassafras

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Sep 26, 2019 Waktu baca: 2 menit
Beragam Manfaat dan Informasi Penting Dari Sassafras

Mengenai Sassafras

Golongan: jual bebas

Kemasan: botol kaca, kapsul, plastic zip lock (root bark)

Kandungan: safrole, sassarandainole

Manfaat Sassafras

Sassafras dapat digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kencing, hidung dan tenggorokan bengkak, sifilis, bronkitis, tekanan darah tinggi, radang sendi, encok,masalah kulit, kanker, dan menjernihkan darah.

Beberapa orang juga mengoleskan Sassafras ke kulitnya secara langsung untuk mengatasi permasalahan kulit, reumatik, mata bengkak, gigitan serangga, terkilir, serta untuk membunuh kuman dan membasmi kutu rambut.

Di produk permen dan minuman, dulu Sassafras digunakan untuk memberikan rasa dan aroma pada root beer. Kadang juga digunakan sebagai bahan membuat the. Namun, teh dari Sassafras mengandung banyak safrole, yaitu senyawa kimia yang beracun pada Sassafras. 

Dalam 2,5 gram Sassafras, mengandung 200 mg safrole. Dalam 1x dosis minum, terdapat paling tidak 3 mg safrole dalam 1 kg berat tubuh. Angka ini sudah 4,5 kali lebih besar daripada batas aman Sassafras. Maka dari itu, Sassafras sudah tidak boleh dilah menjadi teh lagi oleh FDA.

Efek samping Sassafras

Sassafras dapat menimbulkan efek samping, seperti kanker dan kerusakan organ hati. Jangan mengonsumsi Sassafras ataupun mengoleskannya ke kulit. Mengonsumsi hanya sebanyak 5 ml minyak Sassafras dapat menyebabkan kematian. 

Sassafras juga dapat menyebabkan keringat berlebihan dan hot flashes. Penggunaan Sassafras dalam jumlah besar dapat menyebabkan muntah –muntah, tekanan darah tinggi, halusinasi, dan ruam kemerahan bila dioleskan ke kulit.

Dosis Sassafras

Dosis penggunaan Sassafras dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lainnya. 

Belum ada petunjuk dosis yang tepat untuk mengonsumsi Sassafras, maka sebaiknya Anda mengikuti saran dan resep dari dokter atau apoteker mengenai penggunaan tanaman herbal ini mengingat produk herbal tidak sepenuhnya aman dan tetap memiliki efek samping bila berlebihan.

Interaksi Sassafras

Sassafras dapat berinteraksi dengan obat sedative atau obat penenang. Sassfras dapat menyebabkan kantuk, sama dengan efek obat penenang atau sedative. Konsumsi Sassafras bersamaan dengan konsumsi obat penenang dapat menyebabkan kantuk yang berlebihan. 

Maka, jangan mengonsumsi Sassfras bersamaan dengan obat penenang. Contoh obat penenang (sedative) antara lain : Clonazepam (Klonopin), Lorazepam (Ativan), Zolpidem (Ambien), Phenobarbital (Donnatal), dan sebagainya.

Perhatian

Bagi ibu hamil dan menyusui, jangan mengonsumsi Sassafras. Ada beberapa bukti yang menyatakan bahwa minyak Sassafras dapat menyebabkan keguguran.

Anak – anak juga dilarang mengonsumsi Sassafras, karena beberapa tetes minyak Sassafras saja dapat menyebabkan kematian.

Bagi pasien yang akan menjalani operasi, sebaiknya tidak mengonsumsi Sassafras minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi berlangsung. Sassafras dapat memperlambat sistem saraf pusat sehingga dapat menyebabkan kantuk. 

Ketika Sassafras dikombinasikan dengan anesthesia dan obat – obatan lain, dapat menyebabkan pelambatan sistem saraf pusat yang berlebihan. Maka, jangan mengonsumsi  Sassafras lebih dari jarak 2 minggu sebelum operasi. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app