Sassafras: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Jun 18, 2019 Waktu baca: 2 menit

Sassafras adalah tanaman yang umumnya berasal dari Amerika Utara dan Asia Timur, di mana kulit akarnya dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati gangguan saluran kemih, pembengkakan pada hidung dan tenggorokan, sifilis, bronkhitis, tekanan darah tinggi, asam urat, radang sendi, masalah kulit, serta kanker. Sassafras juga digunakan sebagai tonik dan pembersih darah.

Selain itu, penggunaan Sassafras juga dapat digunakan langsung pada kulit untuk mengobati masalah kulit, sakit sendi (rematik), mata bengkak, keseleo, ataupun gigitan serangga. Minyak Sassafras yang dioleskan pada kulit juga dapat membunuh kuman dan kutu rambut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sassafras juga sempat dijadikan sebagai teh dan menjadi minuman yang cukup disukai karena memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Tetapi karena memiliki kandungan safrol yang dianggap beracun maka Sassafras tidak dijual dalam bentuk teh dan Sassafras juga dianggap lebih banyak memiliki efek berbahaya dibandingkan manfaatnya.

Mengenai Sassafras

Golongan

Ramuan herbal

Kemasan

Bubuk kering

Kandungan

Safrol, sassarandainol

Manfaat Sassafras

Mengurangi peradangan

Kegunaan Sassafras dianggap dapat membantu mengurangi peradangan karena memiliki efek antiinflamasi dan kandungan senyawa sassarandainol yang memblokir aktivitas enzim dalam memicu peradangan.

Bertindak sebagai diuretik

Sassafras juga dapat bertindak sebagai diuretik yang dapat meningkatkan produksi urin dan membantu mengeluarkan air dan garam dari dalam tubuh untuk menghindari kembung. Selain itu, Sassafras dapat mengobati masalah tekanan darah tinggi dan retensi cairan terutama bagi penderita ginjal kronis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menghindari infeksi parasit

Kandungan dalam Sassafras dapat mengobati gigitan lalat pasir yang dapat menyebabkan leishmaniasis penyebab infeksi parasit yang umumnya terjadi di daerah tropis, subtropics dan daerah tertentu di Eropa Selatan.

Efek samping Sassafras

Kandungan safrol yang terdapat dalam kulit akar dan minyak Sassafras dapat membuat Sassafras tidak aman untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan kanker dan kerusakan hati.

Efek samping lain dari Sassafras dapat menyebabkan keluarnya keringat dan hot flashes. Bahkan mengonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan muntah, tekanan darah tinggi, halusinasi, dan timbulnya ruam pada kulit, serta efek samping yang lebih serius.

Dosis Sassafras

Walau hingga saat ini belum ada dosis penggunaan Sassafras secara tepat tetapi dosis penggunaan Sassafras harus dibatasi. Mengonsumsi 5 ml minyak Sassafras dapat menyebabkan kematian.

Dosis penggunaan Sassafras akan bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, riwayat kesehatan, serta beberapa kondisi lainnya. Tetapi perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penyesuaian dosis penting dilakukan. Ikuti petunjuk pada label kemasan dan konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi Sassafras.

Interaksi Sassafras

Sassafras dapat berinteraksi dengan obat penenang (depresan SSP)

Obat penenang umumnya dapat menyebabkan kantuk, begitupun penggunaan Sassafras. Jika Sassafras digunakan bersamaan dengan obat penenang maka dapat menyebabkan kantuk berlebihan. Beberapa obat penenang (depresan SSP) di antaranya clonazepam (Klonopin), lorazepam (Ativan), phenobarbital (Donnatal), dan zolpidem (Ambien).

Perhatian

  • Sassafras dilarang digunakan oleh ibu hamil dan menyusui karena minyak Sassafras dapat menyebabkan keguguran
  • Penderita penyakit saluran kemih tidak diperbolehkan menggunakan Sassafras karena dapat memperburuk kondisi
  • Sassafras tidak aman digunakan untuk anak-anak karena beberapa tetes minyak Sassafras dapat menyebabkan kematian
  • Hentikan penggunaan Sassafras setidaknya 2 minggu sebelum operasi atau pembedahan karena Sassafras dapat memperlambat sistem saraf pusat yang menyebabkan kantuk

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sassafras Oil: Risks, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-lowdown-on-sassafras-oil-88801)
Sassafras Uses, Benefits & Side Effects Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/sassafras.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app