Makanan dan Diet Sehat

Sarapan Pagi

Dipublish tanggal: Mar 15, 2019 Update terakhir: Mar 4, 2020 Tinjau pada Apr 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Sarapan Pagi

Apakah Anda termasuk sebagian orang yang malas sarapan pagi dikarenakan terlalu sibuk atau takut gemuk? Ternyata itu merupakan pemikiran yang salah. Sarapan adalah jam makan terpenting sepanjang hari. 

Manfaat sarapan pagi bukan hanya untuk memberikan energi memulai hari baru, tetapi memiliki banyak manfaat lain termasuk meningkatkan performa fisik, merangsang proses metabolisme tubuh lebih awal ,dan mengendalikan berat badan.

Sebuah penelitian pada 20.000 pria yang diteliti selama 16 tahun, didapatkan bahwa 27% peserta yang melewatkan sarapan setiap paginya berisiko terkena penyakit jantung koroner.

Pentingnya sarapan pagi dapat mengisi kembali keperluan nutrisi yang habis setelah Anda tidur semalaman. Selama tidur, otak akan mengonsumsi cadangan glukosa serta glikogen yang tersimpan untuk bekerja mengontrol organ-organ lain.

Pentingnya Sarapan Pagi

Nah, ini dia segudang alasan mengapa sarapan pagi itu sangatlah baik bagi tubuh.

1. Meningkatkan Konsentrasi

Sudah pasti perut yang kosong dan lapar akan mengganggu konsentrasi berpikir. Melewatkan sarapan pagi menyebabkan penurunan konsentrasi dan otak tidak dapat fokus. 

Sarapan dapat membantu konsentrasi  dengan lebih baik, memecahkan masalah dan mendapatkan tambahan energi. Selain itu pada anak-anak,  bagus untuk membantu perkembangan pada anak yang sedang belajar, sehingga bisa membantu menyerap pelajaran di sekolah.

2. Sebagai Sarana Diet Dan Menurunkan Berat Badan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan sarapan akan memiliki berat badan yang menurun dan lebih stabil. Hal ini disebabkan karena sarapan pagi dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, sehingga asupan kalori yang masuk pun tidak sebanyak jika Anda tidak sarapan. 

Selain itu, sarapan membantu sistem metabolisme bekerja secara stabil. Sehingga pembakaran lemak akan berjalan dengan maksimal dan berat badan pun mampu menurun.  

Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, itu sama saja halnya seperti berpuasa selama 15-20 jam, sehingga tubuh tidak memproduksi enzim untuk proses metabolisme lemak. Akibatnya, lemak akan menumpuk sehingga berat badan akan sulit turun.

3. Mencegah Penyakit Maag

Makan pagi bermanfaat untuk mencegah terjadinya sakit maag dan kambuh maag. Dengan makan pagi, makanan akan mengisi lambung sehingga dapat menetralisir asam lambung. 

Bagi yang sering melewatkan makan pagi ini, lambung menjadi terlalu lama kosong dan mengakibatkan rasa perih yang berpotensi menyebabkan sakit maag.

4. Sumber Nutrisi Utama

Memang benar bahwa sarapan pagi adalah sumber nutrisi utama untuk aktivitas tubuh. Namun sarapan pagi yang dimaksud bukanlah donut, goreng-gorengan atau makanan cepat saji melainkan makanan bernutrisi dan bergizi. 

Banyak juga mitos yang mengatakan bahwa sarapan pagi dapat menggantikan peran makan siang dan malam. Hal itu tidak benar karena sebaik apapun nutrisi yang dikonsumsi saat sarapan, makan siang dan makanmalam tetap membutuhkan asupan nutrisi baru walaupun tidak sebanyak yang dibutuhkan saat sarapan.

5. Mood Booster

Selain menjadi sumber nutrisi utama, sarapan pagi juga mampu menjadi mood booster dan meningkatkan mood untuk beraktifitas seharian dengan lebih bersemangat dan berenergi.

Berdasarkan hasil penelitian, sarapan pagi memberikan dampak positif yang menunjukkan bahwa orang yang melakukan sarapan pagi memiliki suasana hati yang berbeda dengan orang yang melewatkan sarapan.

Berbagai Menu Sarapan Pagi

Menu sarapan pagi bernutrisi yang dapat anda coba, antara lain : 

1. Telur

Telur memiliki protein yang sangat tinggi yang sangat berguna untuk tubuh.  Selain itu, mengkonsumsi telur tidak hanya akan menyediakan rasa kenyang yang lebih tahan lama, namun juga menjaga massa otot yang baik dari waktu ke waktu.

2. Selai Kacang

Anda dapat memilih roti gandum dan selai kacang agar makan pagi Anda lebih bervariasi. Kandungan protein nabati serta lemak tak jenuh yang terdapat dalam roti gandum dan selai kacang sangat bagus untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

3. Yoghurt

Yogurt adalah hasil fermentasi susu dengan bakteri asam laktat.  Kandungan kaya nutrisi yang terdapat pada yogurt, seperti vitamin, mineral, kalsium, zinc, dan asam betahidroksi sangatlah bermanfaat. Tak hanya itu, yogurt juga lebih mudah dicerna sehingga pencernaan menjadi lancar.

4. Smoothie

Smoothie merupakan campuran dari berbagai jenis buah maupun sayuran. Anda juga dapat menambahkan lemak sehat, dalam bentuk alpukat, biji chia, atau mentega almond.

Sekarang kita sudah tahu 5 alasan mengapa sarapan itu penting. Apakah Anda sarapan pagi ini?.

 

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app