Salvia Divinorum: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Tinjau pada Jun 17, 2019 Waktu baca: 2 menit

Salvia divinorum merupakan ramuan herbal yang masih masuk dalam kategori mint. Salvia divinorum seringkali digunakan dalam upacara keagamaan oleh orang Indian Mazatec, penduduk asli yang tinggal di Oaxaca, Meksiko.

Salvia divinorum seringkali disalahgunakan karena memiliki kegunaan sebagai obat rekreasi yang menyebabkan halusinasi ketika dihirup, ketika dikunyah, ataupun ketika diletakkan di bawah lidah. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan yang terdapat di dalam Salvia divinorum, yakni salvinorin A.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Secara umum, Salvia divinorum dapat digunakan sebagai obat diare, sakit kepala, nyeri sendi (rematik), perut buncit, dan sebagai obat tonik. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengatur buang air kecil dan buang air besar.

Salvia divinorum tidak membuat ketagihan, tetapi penggunaan Salvia divinorum secara teratur tidak disarankan dan tetap perlu diperhatikan. Salvia divinorum sendiri memiliki efek neuorologis, gastrointestinal, dan kardiovaskular.

Mengenai Salvia divinorum

Golongan

Ramuan herbal

Kemasan

Ekstrak, daun kering

Kandungan

Salvinorin A

Manfaat Salvia divinorum

Penggunaan Salvia divinorum umumnya dikarenakan rasa ingin tahu, memiliki efek spiritual, serta relaksasi dan menginginkan suasana hati yang lebih baik. Selain itu, Salvia divinorum paling sering digunakan untuk meningkatkan suasana hati yang menimbulkan halusinasi dan sensasi seperti mimpi sehingga tidak dapat membedakan antara hal yang benar-benar ada dan tidak.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Efek samping Salvia divinorum

Meskipun Salvia divinorum cukup aman untuk dikonsumsi dan diperbolehkan di beberapa negara, tetapi Salvia divinorum tetap memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan. Bahan aktif Salvia divinorum dapat mempenaruhi otak, Salvia divinorum dipercaya memiliki implikasi terhadap perkembangan terapi untuk demensia dan penyakit Alzheimer.

Salvia divinorum juga dapat menyebabkan efek samping yang cukup serius, antara lain mual, pusing, kebingungan, kecemasan, paranoia, detak jantung tidak teratur, hilang kendalai atas fungsi motorik, gangguan penglihatan dan visual, serta halusinasi.

Dosis Salvia divinorum

Hingga saat ini belum ada informasi dosis penggunaan Salvia divinorum, tetapi dosis Salvia divinorum yang tepat akan bergantung pada beberapa faktor seperti usia, riwayat kesehatan dan beberapa kondisi lain.

Tetapi menurut National Drug Intelligence Center (NDIC) di Amerika Serikat, dosis penggunaan Salvia divinorum tidak melebihi 0,0005 gram. Karena dosis yang lebih tinggi dapat menimbulkan efek halusinogen.

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan penyesuaian dosis penting dilakukan. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan dan lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Salvia divinorum.

Interaksi Salvia divinorum

Hingga saat ini belum ditemukan adanya interaksi Salvia divinorum dengan obat lain karena Salvia divinorum dianggap tidak memiliki kegunaan medis. Tetapi penggunaannya tetap harus diperhatikan dan didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi.

Perhatian

  • Hindari penggunaan Salvia divinorum bagi ibu hamil dan menyusui karena belum diketahui keamanan penggunaannya selama kehamilan dan menyusui
  • Hindari penggunaan Salvia divinorum ketika akan mengemudi atau mengoperasikan kendaraan atau mesin
  • Penderita gangguan mental dilarang mengonsumsi Salvia divinorum

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Salvia Divinorum: Myths, Effects, Risks, and How to Get Help. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/salvia-divinorum-a-legal-trip-3200920)
Munro, Thomas. (2006). The Chemistry of Salvia divinorum.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/36712707_The_Chemistry_of_Salvia_divinorum)
Salvia: Extent of use, effects, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/309735)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app