Perawatan Rambut

Rambut Rontok? Begini Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 26, 2019 Waktu baca: 3 menit
Rambut Rontok? Begini Cara Mengatasinya

Siapa yang tidak pernah memiliki masalah rambut rontok? Semua orang pasti pernah. Pada titik tertentu,seseorang pasti pernah merasa terlalu banyak mengalami kerontokan rambut. 

Meskipun sebagian besar kerontokan tersebut hanya merupakan kondisi normal dari rambut dalam meregenerasi rambut. Tapi apa yang bisa menyebabkan kerontokan rambut yang permanen?

Jika Anda pernah mengalami kerontokan rambut, dan mengetahui bahwa proses kerontokan tersebut bukan merupakan proses kerontokan yang sewajarnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah tersebut,Konsultasikan dengan dokter apakah hal kerontokan yang terjadi adalah wajar atau mengarah kepada kebotakan.

Kerontokan rambut terjadi karena berbagai alasan, dan tidak semuanya berkaitan dengan penuaan. Untungnya, ada berbagai cara untuk mencegah kerontokan rambut dengan cara alami hingga menggunakan produk- produk yang mahal.

Mencegah rambut rontok dengan cara alami

Minyak Kelapa

Bahan ini memiliki beberapa manfaat untuk rambut Anda. Tidak hanya meningkatkan pertumbuhan rambut, tetapi juga menciptakan kondisi yang baik untuk rambut tumbuh lebih baik.

Minyak kelapa memiliki lemak esensial, mineral dan protein yang mengurangi kerusakan rambut dan juga kaya potasium dan zat besi. Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau susu untuk mencegah rambut rontok.

Bawang Merah

Bawang kaya akan belerang yang membantu dalam pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi kolagen. Menggunakan bawang merah yang dihaluskan pada kulit kepala dapat membantu mengendalikan rambut rontok.

Bawang putih

Seperti bawang, bawang putih juga memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Ini adalah alasan mengapa digunakan dalam obat-obatan pertumbuhan kembali rambut tradisional. Anda akan terkejut mengetahui manfaat kecantikan bawang putih ini.

Bunga Pacar

Henna banyak digunakan sebagai warna rambut alami atau kondisioner tetapi pacar memiliki sifat yang dapat memperkuat rambut Anda dari akarnya. Jika Anda memadukannya dengan bahan-bahan lain, pacar bisa membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

Telur

Telur memiliki beberapa bahan yang dapat mencegah atau mengendalikan rambut rontok. Telur adalah sumber yang kaya sulfur dan fosfor, selenium, yodium, seng dan protein. Semua ini meningkatkan pertumbuhan rambut.

Olahraga dan latihan pemusatan pikiran

Pada pria, kebotakan umumnya tejadi karena stres. Stres meningkatkan produksi hormone kortisol yang bisa memacu rambut rontok. Oleh karena itu penting untuk menjaga pikiran tetap tenang dengan berolahraga ataupun bermeditasi.

Mencegah dan mengobati rambut rontok dengan obat-obatan

Jika tidak ada perbaikan yang berarti setelah Anda mencoba penanganan rambut rontok dengan cara-cara alami, Anda dapat mencoba pengobatan yang lebih dengan menggunakan obat-obatan atau pergi ke dokter spesialis untuk mengatasi masalah ini. 

Berikut adalah beberapa pengobatan yang dapat dilakukan.

Minoxidil

Minoxidil (Rogaine) mungkin tidak akan mengembalikan rambut yang telah hilang, tetapi penggunaan Minoxidil dapat membantu Anda mempertahankan rambut yang tersisa dan bahkan bisa membantu Anda menumbuhkan kembali sedikit rambut rontok Anda. 

Obat topikal minoxidil dapat meningkatkan aliran darah serta oksigen dan pengiriman nutrisi ke folikel, sehingga dapat membantu pertumbuhan rambut.

Perangkat Laser

Satu teori yang digunakan dalam pengobatan ini adalah bahwa laser memiliki efek antioksidan pada folikel rambut, sehingga dapat memungkinkan tumbuhnya rambut pada daerah kepala yang mengalami kebotakan

Tetapi sebelum Anda bergegas membeli sisir,untuk rambut baru Anda, perlu dipahami bahwa "pertumbuhan rambut" tidak selalu berarti "rambut Anda dapat terlihat oleh orang lain." Artinya rambut yang tumbuh tidak akan selebat seperti sebelum Anda mengalami kerontokan.

Ketoconazole Shampoo

Ketoconazole adalah anti-androgen, Anti-androgen memblokir konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron, hormon ini berfungsi mengecilkan folikel rambut. Dengan dibloknya hormon ini, maka kerontokan rambut bisa dikurangi.

Vitamin D

Sebuah studi British Journal of Dermatology melaporkan bahwa orang-orang dengan alopecia areata, gangguan autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut, tiga kali lebih mungkin disebabkan oleh defisiensi vitamin D dibandingnkan mereka yang memiliki rambut sehat. “Vitamin D membantu rambut mengatur ulang fase pertumbuhan rambut.

Penggunaan Platelet-Rich-Plasma dalam meregenerasi rambut

PRP atau yang disebut Platelet-Rich-Plasma adalah serum yang diambil dari darah Anda melalui proses sentrifugasi( proses untuk memisahkan sel darah dan plasma). 

PRP sudah banyak digunakan untuk penyembuhan luka karena mengandung growth factor dan stem cell, yaitu suatu sel yang dapat berubah menjadi jaringan apa saja termasuk akar rambut. Penggunaan PRP dapat meregenerasi kembali rambut rontok walaupun akar rambut sudah rusak ataupun hilang.

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Phillips T, et al. Hair loss: Common causes and treatment. American Family Physician. 2017;96:371.
Safety announcement. U.S. Food and Drug Administration. http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm258314.htm.
McMichael A. Female pattern hair loss (androgenetic alopecia in women): Pathogenesis, clinical features and diagnosis. https://www.uptodate.com/contents/search.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app