Kesehatan Fisik

Pusing Saat Memakai Kacamata

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
 Pusing Saat Memakai Kacamata

Kacamata, tentunya bukan hal asing lagi untuk kamu semua dimana pemakaian kacamata sekarang ini memang sudah menjadi hal umum dan wajar baik untuk alasan kesehatan maupun sebagai alasan estetika atau kecantikan. 

Model kacamatapun di jaman sekarang sudah banyak mengalami perubahan baik model lensa, bingkai, warna lensa dan semacamnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kacamata juga bukan lagi hanya dipakai oleh para orang yang sudah tua atau seseorang yang matanya mengalami minus atau plus tapi juga sudah banyak dipakai oleh kaum muda sampai anak-anak sebagai salah satu benda fashion yang akan bersifat wajib digunakan ketika mereka merasa silau, pergi berlibur atau bersantai di pantai. 

Lalu apakah kamu pernah merasa pusing ketika memakai kacamata ? Yuk simak lebih lanjut artikel satu ini.

Pusing dan kacamata

Rasa pusing atau sakit kepala saat memakai kacamata memang biasa dirasakan oleh para pengguna baru kacamata yaitu orang yang menggunakan kacamata untuk pertama kalinya atau orang yang baru saja mengganti kacamatanya. 

Hal ini bisa terjadi dikarenakan masih dibutuhkan waktu adaptasi bagi para penggunaa kacamata baru dalam penggunaan pertama kali bagi seorang pemakai kacamata antara mata mereka dengan lensa kacamata baru yang masih bersifat baru dan belum dikenal oleh mata. 

Selain tu seorang dokter mata dar Schaumburg Illionis Amerika Serikat bernama Michael J Wocjiak OD juga mengatakan rasa pusing bisa saja terjadi karena kacamata baru umumnya dibuat lebih kuat daripada kacamata yang sebelumnya dipakai oleh si pengguna kacamata sehingga dibutuhkan waktu adaptasi lagi.

Sementara itu, berdasarkan peneletian dan uji klinis yang dilakukan oleh beberapa ahli mata di seluruh dunia menyatakan bahwa umumnya setiap individu manusia membutuhkan waktu sekitar 7 hari atau lebih untuk menyesuaikan mata mereka dengan kacamata baru yang dipakainya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun bila individu tersebut memiliki masalah seperti silinder dan minus pada mata, maka waktu yang dibutuhkan bergantung pada kenyamanan si pengguna. Bentuk lensa dan bahan lensa juga ikut mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk adaptasi mata si pengguna dengan kacamata barunya. 

Umumnya waktu adaptasi bagi para penderita mata silinder dan minus akan melebihi waktu 7 hari dan bisa sampai di kisaran waktu 2 mingguan.

Pusing masih termasuk hal yang wajar bagi para pengguna kacamata baru, maka pemakaian kacamata baru tetap disarankan agar mata makin cepat beradaptasi namun dengan syarat untuk sering mengistirahatkan mata seperti setelah pemakaian 1 jam maka lebih baik untuk melepas kacamata sekitar 15-20 menit baru memakainya kembali.

Namun bila pusing tetap terjadi setelah pemakaian diatas 2 minggu, maka sebaiknya kamu harus segera memerikskan dirimu ke dokter mata karena dikhawatirkan bahwa terdapat gangguan pada mata.  

Bisa saja kemungkinan lain, kacamata yang baru tersebut tidak cocok dengan kondisi kesehatan matamu yang mungkin silinder atau minus dan dibuatkan kacamata yang tidak cocok nilai minus dan silindernya sehingga membuat si pengguna ketika memakai kacamata terus menerus merasakan pusing yang tak kunjung reda. 

Hal ini selain membawa dampak negatif berupa rasa pusing yang tak menghilang, namun bisa juga membawa efek lebih buruk yakni bukannya penglihatan mu akan semakin jelas dan baik setelah memakai kacamata, pemakaina kacamata yang salah justru akan membuat penglihatanmu makin blur dan rusak.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Perlu kamu ingat bahwa dalam memakai kacamata, hal terpenting ialah rasa kenyamanan baik untuk matamu agar penglihatan tidak blur atau tidak jelas dan agar matamu juga tidak pusing. 

Rasa pusing juga tidak melulu disebabkan oleh pemakaian kacamata baru, kamu pun bisa merasa pusing bila kamu mengalami vertigo, migrain dan semacamnya. 

Selain itu pusing juga bisa terjadi bila kamu terlalu lama tidak mengganti kacamatamu karena minus dan silinder pada mata pun juga dapat berubah seiiring dengan kondisi kesehatan matamu. 

Sehingga perlu diketahui apabila kamu merasakan sakit atau pusing pada mata bisa saja terjadi akibat kamu terlalu lama belum mengganti kacamatamu sehingga tidak update dan sesuai dengan kondisi aktual matamu.

Ingat juga untuk selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A agar matamu pun mendapatkan nutrisi dari dalam tubuhmu. 

Jangan lupa untuk selalu mengistirahatkan matamu dengan tidur yang cukup karena seperti organ tubuh lainnya, mata kamu pun harus diistirahatkan setiap harinya agar mata tidak mudah lelah dan menyebabkan rasa pusing. Terus sayangi matamu.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Eye Muscle Strain as the Cause of Dizziness and Headaches. The Neuro Visual Center of New York. (https://www.nvcofny.com/research/information-on-bvd/eye-muscle-strain-as-the-cause-of-dizziness-and-headaches/)
First Time Wearing Glasses? There’s An Adjustment Period!. Hakim Optical. (https://hakimoptical.ca/first-time-wearing-glasses-adjustment-period/)
How Can I Adjust To My New Glasses?. Specsavers Australia. (https://www.specsavers.com.au/help-and-faqs/how-can-i-adjust-to-my-new-glasses)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app