Psychomotor Agitation: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Mar 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 922.946 orang

Apakah Psychomotor Agitation itu?

Psychomotor Agitation adalah gejala yang disebabkan oleh perasaan gelisah atau berbagai gangguan mood lainnya dan merupakan respons yang dilakukan ketika mengalami kecemasan atau ketegangan.

Seseorang yang mengalami Psychomotor Agitation akan melakukan gerakan yang tidak disengaja tanpa tujuan tertentu secara berulang. Misalnya berjalan bolak-balik, mengetukkan kaki ke lantai, atau melakukan gerakan lainnya karena mereka tidak bisa tidak bergerak atau diam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Mengenai Psychomotor Agitation

Penyebab Psychomotor Agitation

Ciri-ciri yang bisa dikenali ketika seseorang mengalami Psychomotor Agitation adalah dilakukannya gerakan atau perilaku yang tak terkendali, tanpa tujuan, dilakukan secara berulang dan sangat cepat.

Psychomotor Agitation juga biasa terjadi pada seseorang yang memiliki gangguan bipolar atau mereka dengan kondisi kesehatan mental atau fungsi neurologis seperti berikut; gangguan stres pasca-trauma (PTSD), serangan panik, gangguan kecemasan, depresi, skizofrenia, demensia, cedera otak traumatis (TBI), claustrophobia, hingga penyakit Parkinson.

Psychomotor Agitation yang juga merupakan gejala umum dari gangguan bipolar dapat mengalami tiga jenis episode depresi, yaitu:

  • Episode manik: Pada episode ini, penderita Psychomotor Agitation akan merasakan pikirannya terus bergerak cepat. Karena merasa terpacu dapat menyebabkan seseorang bergerak tanpa tujuan, seperti berbicara dan bergerak dengan cepat.
  • Episode afektif campuran: Pada episode ini, penderita Psychomotor Agitation akan merasakan campuran gejala manik dan depresi yang membuat mereka merasa stress, mudah gelisah, mudah tersinggung, mudah kesal, dan mudah marah.
  • Episode depresi: Pada episode ini, penderita Psychomotor Agitation mudah merasa putus asa dan mudah menangis.

Gejala Psychomotor Agitation

Gejala atau tanda-tanda seseorang mengalami Psychomotor Agitation adalah:

  • Memiliki tekanan emosional yang tinggi
  • Mudah gelisah
  • Sulit menemukan posisi nyaman
  • Merasa tubuh kaku jika tidak bergerak
  • Merasa memiliki pikiran yang penuh sesak dan terus berpacu
  • Berbicara dengan sangat cepat

Seseorang dengan gejala Psychomotor Agitation biasanya melakukan beberapa hal berikut:

  • Berjalan bolak-balik
  • Mengetukkan jari tangan ke permukaan yang ada
  • Mengetukkan kaki ke lantai
  • Meremas-remas tangan
  • Memindahkan benda yang ada di sekitar
  • Melepas pakaian lalu mengenakan kembali

Seseorang yang mengalami Psychomotor Agitation terkadang tidak memperdulikan diri mereka sendiri sehingga dapat menyebabkan gerakan yang membahayakan, seperti menggigit, merobek, hingga menarik kulit dekat bibir, kuku atau bagian tubuh lainnya hingga berdarah. Gerakan atau perilaku tersebut dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Pencegahan Psychomotor Agitation

Hingga saat ini, Psychomotor Agitation belum dapat dicegah. Tetapi perubahan gaya hidup dan melakukan beberapa aktivitas fisik juga dapat membantu penderita Psychomotor Agitation mengurangi dan mengatasi kecemasan yang dialami. 

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan antara lain: melakukan olahraga rutin, berlatih yoga dan meditasi, serta melakukan latihan pernafasan dalam.

Pengobatan Psychomotor Agitation

Pengobatan yang dilakukan akan bergantung pada penyebab dan gejala yang dialami, tetapi sebagian besar pengobatan gangguuan kesehatan mental akan diobati melalui terapi obat.

Jika Psychomotor Agitation disebabkan oleh reaksi terhadap obat tertentu, maka dokter akan mengganti dan meresepkan obat alternatif lainnya.

Jika Psychomotor Agitation disebabkan karena gangguan bipolar yang berhubungan dengan episode manik atau depresi, pengobatan yang diberikan termasuk obat anti-psikotik dan penstabil suasana hati.

Berdasarkan penelitian tahun 2013 lalu, Psychomotor Agitation yang disebabkan oleh psikosis dapat dibantu dengan jenis obat yang disebut benzodiazepin. Psikosis dapat mempengaruhi seseorang dengan didiagnosis bipolar atau skizofrenia.

Sebelum melakukan terapi obat, penderita Psychomotor Agitation harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan memberitahukan riwayat kesehatan Anda secara lengkap. Terkadang Anda juga diharuskan menjalani beberapa tes dan pemeriksaan fisik untuk mendapatkan diagnosis dan rencana pengobatan yang tepat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit