Plus Minus Laser Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Apr 22, 2021 Waktu baca: 2 menit
Plus Minus Laser Hair Removal untuk Menghilangkan Rambut

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Rambut halus yang tumbuh di beberapa bagian tubuh tertentu terkadang membuat orang merasa risih dan memilih untuk menghilangkannya
  • Salah satu cara menghilangkan rambut halus yang umumnya dilakukan adalah perawatan elektrolisis atau laser hair removal
  • Selain laser hair removal, tindakan mencukur serta waxing juga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan rambut halus di tubuh
  • Laser hair removal merupakan metode yang bekerja dengan mengirim arus listrik ke dalam folikel rambut sehingga membuatnya rusak
  • Perawatan laser hair removal dapat dilakukan di area kewanitaan, kaki, ketiak, wajah, perut hingga punggung dan bertahan cukup lama
  • Untuk memberikan hasil perawatan yang optimal, laser hair removal perlu dilakukan dalam beberapa kali perawatan
  • Klik untuk membeli paket hair removal dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman secara online melalui HDmall

Keberadaan rambut yang tumbuh di beberapa bagian tubuh terkadang terasa mengganggu. Oleh karena itu, tak jarang kaum wanita ada yang memilih untuk menghilangkan rambut-rambut halus tersebut. Salah satu cara menghilangkan rambut halus yang umumnya dilakukan adalah elektrolisis atau laser hair removal. Cara ini sebenarnya memiliki beberapa keuntungan sekaligus kelemahan yang bisa dipertimbangkan dengan baik.

Beberapa Pilihan Metode Menghilangkan Rambut pada Bagian Tubuh

Cara tercepat untuk menghilangkan rambut-rambut halus yang muncul di beberapa bagian tubuh tertentu adalah dengan mencukurnya. Namun, cara mencukur ini tidak kurang efektif karena hanya menghilangkan rambut yang muncul saja. Rambut tidak tercabut sampai ke akar sehingga rambut mudah memanjang dalam hitungan hari. Untuk membantu mencukur biasanya dapat dibantu dengan penggunaan krim depilatory yang memiliki bau kurang nyaman.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Hair Removal via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket hair removal hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b10 hair removal

Metode lain yang bisa dipilih untuk menghilangkan rambut adalah waxing atau sugaring. Metode ini memiliki kelebihan yang mampu mencabut rambut hingga ke akar sehingga efeknya akan lebih tahan lama dan membuat rambut tidak akan tumbuh hingga beberapa minggu. Hanya saja, efek samping dari waxing adalah rasa gatal ketika rambut akan tumbuh serta rasa nyeri ketika sedang di-waxing.

Pilihan cara menghilangkan rambut semi permanen lainnya adalah elektrolisis atau juga dikenal sebagai laser hair removal. Metode ini bekerja dengan mengirim arus listrik ke dalam folikel rambut sehingga membuat folikel rambut menjadi rusak. Laser ini akan bekerja dengan memfokuskan melanin pada folikel rambut sehingga folikel rambut terbakar hingga ke akar. Proses laser hair removal memakan cukup banyak waktu hingga rambut benar-benar hilang atau tinggal rambut halusnya saja.

Baca selengkapnya: Metode Elektrolisis, Menghilangkan Rambut Atau Bulu Secara Permanen

Kelebihan Metode Laser Hair Removal

  • Bisa dilakukan di berbagai area tubuh

Hampir seluruh area pada tubuh dapat dilakukan perawatan laser hair removal untuk menghilangkan rambut halus yang tumbuh. Laser hair removal dapat diterapkan pada area kewanitaan, kaki, ketiak, wajah, perut hingga punggung.

  • Hasilnya tahan lama

Meski sifatnya semi permanen, namun laser hair removal terbukti dapat mengurangi jumlah pertumbuhan rambut secara drastis. Hasil dari laser hair removal juga dapat bertahan cukup lama sehingga tidak perlu mencukur rambut selama beberapa bulan ke depan.

  • Rasa sakit hanya sesaat

Rasa sakit dari perawatan laser hair removal memang tidak separah waxing, namun sejumlah penanganan mungkin dilakukan sebelum dan setelah perawatan. Penggunaan es batu akan membantu membuat kulit mati rasa serta numbing cream yang akan mengurangi rasa sakit.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Hair Removal via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket hair removal hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b10 hair removal

Baca juga: 9 Jenis Waxing yang Perlu Kamu Tahu

Kekurangan Metode Laser Hair Removal

  • Biaya tergolong mahal

Biaya perawatan untuk laser hair removal tergolong cukup mahal jika dibandingkan menggunakan metode lain seperti membeli alat cukur maupun metode waxing. Anda juga perlu melakukan sesi perawatan yang tidak cukup sekali agar mendapatkan hasil optimal.

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama

Dalam menjalani satu sesi perawatan laser hair removal memang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Namun, untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda perlu menjalani beberapa sesi perawatan yang diberi jeda sekitar beberapa minggu untuk melakukan sesi selanjutnya.

  • Jenis kulit dapat mempengaruhi hasil perawatan

Laser hair removal bekerja dengan membedakan antara pigmen dari folikel rambut dengan kulit sehingga metode laser hair removal akan bekerja lebih optimal pada kulit yang cerah dengan warna rambut gelap. Sementara pada kulit yang cenderung gelap, pigmen kulit akan bersaing dengan pigmen rambut sehingga mungkin akan menjadi kurang efektif.

Baca juga: 4 Kandidat Yang Tidak Boleh Menjalani Laser Hair Removal

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Brown AY. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Jan. 29, 2018.
Hession MT, et al. A review of hand-held, home-use cosmetic laser and light devices. Dermatologic Surgert. 2015;41:307.
Laser hair removal: Preparation. American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/cosmetic-treatments/laser-hair-removal#preparation.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app