Pijat Pada Bayi Amankah?

Dipublish tanggal: Feb 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Pijat Pada Bayi Amankah?

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan pijatan yang menenangkan. Bayi juga merasakan rasa rileks saat berbaring di timangan, bahkan merasa terapeutik. 

Rasa rileks dan terapeutik disebabkan oleh kelima indra, sentuhan adalah salah satu indra yang sudah berkembang sejak lahir dan riset yang menyatakan bahwa pijat pada bayi memiliki manfaat yang besar dalam tumbuh kembang bayi.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Bagaimana pijatan pada bayi membawa manfaat? Pijatan pada bayigt;dapat meredakan masalah perut bayi dan rasa nyeri akibat tumbuh gigi, memacu perkembangan otot, menenangkan bayi saat ia merasa gelisah, dan menenangkan bayi agar dapat tidur. 

Tidak hanya itu, tekanan dan sentuhan membuat Anda lebih dekat dengan bayi. Selain itu, memberi pijatan pada bayi dapat membantu Anda menemukan Zen terdalam Anda. Berikut adalah macam-macam manfaat pijatan pada bayi:

Manfaat psiko-sosial pijatan bayi

Sentuhan merupakan komunikasi yang diterima oleh bayi. Sentuhan melalui pijatan juga merupakan “makanan” psikologis untuk bayi. Pijatan adalah bentuk terbaik terapi sentuhan untuk bayi. Manfaat pijatan bagi psiko-sosial bayi antara lain:

  • Percaya diri yang lebih baik
  • Komunikasi yang lebih baik
  • Pengembangan hubungan positif antara tubuh, pikiran dan jiwa
  • Rasa hormat, cinta, kepercayaan dan penerimaan yang baik
  • Pengembangan kedekatan dan kerukunan dengan orang tua 

Selain bermanfaat bagi bayi, pijatan pada bayi yang diberikan oleh orang tua juga membawa manfaat antara lain:

  • Lebih percaya diri menjadi orang tua
  • Menyediakan waktu berkualitas dengan anak
  • Memperbaiki kemampuan untuk membaca keinginan anak
  • Memperbaiki kedekatan antara bayi dan orang tua
  • Memperbaiki komunikasi baik verbal maupun non-verbal

Manfaat fisik dari pijatan pada bayi

Pijatan adalah salah satu langkah terbaik untuk memperbaiki kesehatan bayi. Sama seperti manfaat pijat pada orang dewasa, berikut adalah manfaat penting dari pijatan yang diberikan ke bayi:

  • Tidur yang lebih baik: Pijatan pada bayi dapat meningkatkan kadar serotonin pada tubuh. Serotonin adalah neurotransmitter yang diketahui sebagai pengatur suasana hati. Kadar serotonin yang tinggi memberikan kebahagian. Sebagai hasilnya, tidur menjadi lebih nyenyak dan menyegarkan.
  • Memperbaiki perkembangan motorik: pijatan bayi dapat menstimulasi sistem saraf. Pijatan dapat membuat bayi mengetahui fungsi tubuh selama proses pemijatan, sehingga bayi dapat memperbaiki fleksibilitas, koordinasi dan kendali otot.
  • Meredakan kongesti: selain mempercepat sistem saraf dan meredakan masalah pencernaan, pijatan bayi dapat meredakan kongesti.
  • Mengurangi rasa stres dan perilaku yang rewel: Bayi menangis karena berbagai alasan, dan merupakan hal yang wajar. Alasan yang umum mengapa bayi menangis atau rewel antara lain merasa tidak nyaman, nyeri di kaki atau perut, rasa lelah atau tidur yang tidak sesuai. Pijat secara rutin dapat meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada bayi, yang memberikan kualitas tidur yang lebih baik, yang mengurangi tangisan dan kebiasaan rewel pada bayi.
  • Meredakan masalah pencernaan: pijatan dapat mempercepat penyaluran makanan di sepanjang saluran pencernaan. Pijatan terbukti dapat menghilangkan masalah seperti naiknya asam lambung dan sembelit.
  • Memperkuat sistem imun: layaknya memperbaiki proses fisiologis di tubuh, pijatan dapat memperbaiki sistem imun. Pijatan secara rutin dapat meningkatkan sistem imun secara cepat.
  • Menyembuhkan dari kembung: bayi serin mengalami nyeri perut akibat gas di usus. Pijatan pada perut bayi dapat meningkatkan kecepatan gas di usus untuk keliat dari tubuh. Dengan pijatan di perut, udara yang terjebak dapat terlepas dari tubuh.
  • Memperbaiki berat badan: beberapa bayi lahir dengan berat badan yang kurang. Pijatan dapat memperbaiki berat badan yang kurang secara siginifikan karena pijatan membantu menambah berat badan.

Tips memijat bayi

  • Pastikan Anda menggunakan minyak pijat yang aman untuk kulit bayi dan apakah masih aman bila terkena mulut bayi.
  • Saat memijat perut bayi secara memutar, putar searah jarum jam.
  • Jika anak menjadi rewel dan tertidur, hentikan pijtan.
  • Saat memijat lengan atau kaki anak, selalu sangga pergelangan tangan atau kakinya dengan satu tangan.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vickers A, et al. (2004). Massage for promoting growth and development of preterm and/or low birth‐weight infants. (https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD000390.pub2/abstract)
Mayo Clinic Staff. (2018). Infant massage: Understand this soothing therapy. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-massage/art-20047151)
Li X, et al. (2016). A meta-analysis of the efficacy and safety of using oil massage to promote infant growth. (http://daneshyari.com/article/preview/2668298.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app