Perhatikan 4 Hal ini Ketika Membersihkan Rumah

Dipublish tanggal: Jul 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Perhatikan 4 Hal ini Ketika Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah secara berkala memang diperlukan agar setiap penghuni rumah bisa merasa nyaman ketika tinggal di rumah tersebut. Tak hanya itu, dengan menjaga kebersihan rumah, maka Anda juga menghindari beberapa kemungkinan terjangkitnya suatu penyakit akibat bakteri atau kuman berbahaya.

Baca juga: 3 Langkah Menciptakan Udara Bersih di Rumah

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Demi menjaga kesehatan anggota keluarga, maka Anda perlu melakukan pembersihan rumah secara teratur, termasuk menyapu, mengepel, mengganti sprei dan sarung bantal, mengelap kaca, hingga mencuci piring maupun cuci baju. Meski terasa capek dan melelahkan, tetapi hal ini dapat membantu Anda mencegah kuman penyebab penyakit.

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Rumah

Saat membersihkan rumah, sebaiknya Anda tidak melakukannya secara asal-asalan. Perhatikan juga 4 hal berikut ini saat membersihkan rumah:

Bak Mandi

Setelah melakukan sejumlah aktivitas, baik di dalam ataupun luar ruangan, biasanya akan ada banyak kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh. Untuk mengatasinya, Anda perlu segera membersihkan tubuh atau mandi setelah sampai di rumah. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah kuman dan bakteri agar ikut tersapu oleh air dan sabun mandi yang Anda gunakan.

Tetapi hal tersebut juga membuka kemungkinan lain yang membuat kuman dan bakteri tersebut menempel pada bak mandi, saluran pembuangan, lantai, serta dinding kamar mandi. Apalagi jika kamar mandi Anda lembap, maka kuman dan bakteri akan lebih mudah berkembang dengan cepat. 

Untuk itu, Anda perlu membersihkan bak mandi Anda dengan menggunakan cairan disinfektan, termasuk bagian lain dari kamar mandi Anda. Setelah itu, lakukan pembilasan sampai permukaan lantai, bak mandi, dan dinding kamar mandi Anda benar-benar bersih. Lalu biarkan kering dengan sendirinya atau Anda juga mengelapnya dengan menggunakan kain lap.

Dishwasher

Saat membersihkan berbagai sudut rumah, jangan lupa untuk membersihkan dishwasher karena dishwasher atau tempat cuci piring seringkali menjadi sumber berkembangnya bakteri dan kuman yang menempel pada sisa-sisa makanan dan minuman Anda. Jika piring dan gelas kotor tidak segera dicuci, maka kuman dan bakteri akan berkembangbiak dengan cepat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Tak hanya pada tempat cuci piring, tetapi Anda juga perlu melakukan pembersihan pada keran, saluran pembuangan, dan area permukaan dishwasher. Biasanya beberapa area tersebut seringkali lolos dari aktivitas bersih-bersih padahal di sana juga dapat menjadi sarang kuman dan penyakit.

Gunakan cairan pembersih antibakteri untuk membersihkannya, kemudian keringkan dengan lap kain. Dianjurkan untuk menggunakan air hangat agar lebih bersih dan alat makan Anda terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Mesin Cuci

Selain bak mandi dan dishwasher, Anda juga perlu membersihkan mesin cuci di rumah. Kuman dan bakteri yang menempel pada baju bisa menjadi sumber penyakit yang berbahaya untuk anggota keluarga, terutama baju dan celana yang kotor tidak langsung dicuci.

Hal ini juga akan memberikan waktu pada kuman untuk berkembangbiak dan menempel pada dinding mesin cuci. Lakukanlah pembersihan setelah Anda menggunakan mesin cuci. Jangan biarkan dinding mesin cuci tetap basah setelah digunakan. Keringkan dengan lap kain agar kondisi mesin cuci tetap steril dan tidak lembap.

Pegangan Pintu dan Saklar Lampu

Gagang pintu dan saklar lampu merupakan benda bagian rumah yang paling sering mendapat sentuhan tangan, padahal tangan Anda tidak selalu bersih. Oleh karena itu, kuman dan bakteri akan lebih sering menempel pada kedua benda tersebut. Banyaknya kuman dan bakteri yang menempel pada saklar lampu maupun gagang pintu juga membuat lebih mudahnya kuman berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain. Bersihkan saklar dan gagang pintu ini dengan kain basah atau tissue yang telah disemprot dengan cairan disinfektan. 

Lakukan pembersihan gagang pintu dan saklar lampu setidaknya seminggu sekali. Hal ini dilakukan agar kuman tidak mudah berkembang dan meminimalisir penularan penyakit yang bisa berbahaya bagi anggota keluarga akibat efek kuman tersebut. Jangan lupa pula untuk selalu mencuci tangan dengan sabun agar kondisi tangan Anda selalu steril dan bersih pada saat akan makan dan minum. 

Baca juga: 7 Penyakit Akibat Malas Cuci Tangan


26 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app