Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD)

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2020 Tinjau pada Mei 11, 2019 Waktu baca: 1 menit

Penyakit tangan, kaki, dan mulut atau sering dikenal dengan hand, foot and mouth disease (HFMD) dan tak jarang juga disebut sebagai Flu Singapura karena sering juga gejalanya disertai dengan flu.

Penyakit tangan, kaki, dan mulut / HFMD / Flu singapura merupakan penyakit infeksi oleh virus yang dapat menular. Virus yang biasanya menjadi penyebab yaitu virus coxsackie A  and enterovirus 71 (EV-71).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️ Privasi Terjamin ✔️

Default internal ads sept20

Gejala Penyakit tangan, kaki, dan mulut / HFMD / Flu singapura

Penyakit tangan, kaki, dan mulut ditandai dengan 

  • -gejala demam ringan
  • -nafsu makan menurun
  • -Radang tenggorokan atau tenggorokan terasa tidak nyaman
  • -Kelemahan pada anak (malaise)

Ketika demam timbul satu atau dua hari berikutnya mulai muncul bintik-bintik merah kecil berisi cairan yang nyeri (herpangima) . Pada awalnya, bintik merah tidak berisi cairan, namun dalam 24-48 jam akan makin membesar seperti bisul . bintik-bintik merah juga muncul di telapak tangan, telapak kaki, bahkan bokong bisa gatal bisa juga tidak.

Gejala-gejala tersebut tidak selalu muncul semua dalam setiap kasus, karena sebagian penderita bisa saja hanya memiliki ruam dan sebagian lainnya merasakan sakit dan luka-luka seperti sariawan pada mulut.

Cara mengobati Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (HFMD).

Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Pengobatan yang diberikan berupa diberikan perawatan untuk meredakan gejala-gejala yang muncul seperti demam, dan nyeri. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus maka upaya yang dapat dilakukan yaitu berusaha meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan menonsumsi vitamin C. Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut ini dapat sembuh dengan sendirinya (self limited disease). Pemberian antiyeri dan antidemam seperti paracetamol dan ibuprofen dipertimbangkan. Asupan minum menjadi penting dalam mencegah dehidrasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Imboost merupakan suplemen yang digunakan untuk terapi suportif agar daya tahan tubuh meningkat dan memulihkan kondisi setelah sakit. Imboost mengandung Echinaceae dan Zinc Picolinate.

Imboost force tablet 4

Cara mencegah Flu singapura (HFMD).

Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Cara mencegah Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut yaitu selalu melakukan gaya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan terutama kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ketika sesudah melakukan aktivitas dan sebelum makan.

Mencegah kontak langsung seperti mencium, memeluk atau menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita.

 


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Harkin, M. Wu, B. Healthline (2016). Throat Swab Culture. (https://www.healthline.com/health/throat-swab-culture)
Boskey, E. Marissa, S. Healthline (2016). Hand, Foot, and Mouth Disease. (https://www.healthline.com/health/hand-foot-mouth-disease)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app